Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Investasi Emas

Bagaimana Cara Investasi Emas

Bagaimana Cara Investasi EmasCara - cara untuk melakukan investasi ada banyak sekali ragamnya. 

Dalam artikel ini, Anda akan diajak untuk mengenal apa dan bagaimana investasi emas yang mungkin bagi sebagian orang masih belum dianggap familiar sehingga sampai saat ini investasi ini masih minim peminat jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya.

Mungkin apa yang ada dibenak Anda dan juga orang lain memiliki kesamaan persepsi, bahwa investasi emas merupakan sejenis investasi yang hanya ada dalam bentuk emas perhiasan dan emas batangan. Benarkah demikian?

Investasi Emas

Memang benar hingga saat ini mayoritas diri kita jika berbicara mengenai investasi emas, mindset kita langsung ditunjukkan pada menginvestasikan emas batangan dan atau emas dalam bentuk perhiasan.

Namun demikian, sebenarnya ada cara investasi lain yang juga menggunakan emas, diantaranya pilihan jenis investasi pada surat berharga seperti misalnya membeli saham perusahaan pertambangan emas atau produk turunan lainnya seperti membeli kontrak emas di bursa yang berjangka.

Intinya adalah, ada banyak sekali pilihan bagi Anda yang ingin terjun dalam jenis investasi emas ini, bukan hanya sekedar emas batangan atau emas perhiasan saja seperti yang selama ini memang banyak dikenal di kalangan masyarakat luas.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini akan dijelaskan mengenai investasi emas dalam bentuk lainnya (selain emas batangan dan emas perhiasan).

Jenis  Investasi Emas

Seperti dijelaskan diatas bahwa ada bermacam - macam cara investasi emas, seperti emas perhiasan, emas batangan, koin emas, sertifikat emas, saham di perusahaan pertambangan emas, kontrak emas berjangka.

Investasi Emas Perhiasan

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda terlebih dahulu harus menyadari bahwa ada banyak risiko yang ditimbulkan untuk investasi emas dalam bentuk perhiasan. Mengapa? Karena harga emas perhiasan yang dijual ketika Anda membelinya dari toko perhiasan sudah termauk biaya peleburan.

Namun ketika Anda menjual kembali, maka pihak toko emas biasanya tidak mau membeli harga emas yang dijual berikut biaya peleburannya menjadi perhiasan, sehingga biasanya seringkali harganya dipotong sekian persen dari harga pembelian semula.

Besaran potongan tersebut bisa bervariasi, namun standarnya antara Rp 5000-10.000/gram emas. Jadi, jika ditarik kesimpulan maka investasi emas dalam bentuk perhiasan bukan untuk mencari keuntungan, namun lebih kepada jaga-jaga saja.

Investasi dalam Bentuk Emas Batangan

Berbeda dengan investasi emas dalam bentuk perhiasan dimana ada biaya peleburannya, maka investasi emas batangan tidak memerlukan biaya peleburan tersebut dan juga cenderung mudah untuk dijual kembali.

Untuk mendapatkan keuntungan dari investasi emas batangan ini Anda perlu memperhatikan harga emas yang sangat fluktuatif, dimana ketika harganya tinggi Anda bisa langsung menjual emas Anda.

Investasi Koin Emas

Koin emas ONH (ongkos naik haji) dimaksudkan untuk mereka yang ingin berangkat naik haji, investasi ini bisa dijadikan sebagai alternatif selain menabung untuk biaya haji dengan mata uang.

Sertifikat Emas

Investasi ini dilakukan dengan cara pihak yang investasi menerima sertifikat sebagai bukti investasi emas di suatu bank. Sertifikat tersebut bisa dicairkan di bank tempat investasi tersebut sesuai dengan jangka waktu sesuai dengan kesepakatan.

Investasi dalam Saham Pertambangan Emas

Jenis investasi ini dilakukan dengan cara membeli saham di perusahaan pertambangan emas. Keuntungan bisa diperoleh ketika harga emas di pasaran sedang melonjak naik atau bullish, maka pergerakan harga saham akan bergerak lebih cepat naiknya daripada harga emas fisiknya.

Cara investasi emas ini bisa dijadikan alternatif bagi Anda selain investasi dalam bentuk yang lainnya.

Post a Comment for "Bagaimana Cara Investasi Emas"