Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Investasi Emas Yang Menguntungkan


Investasi Emas Yang Menguntungkan
image via freepik

Investasi Emas Yang Menguntungkan

Banyak sekali investor yang berinvestasi pada equities atau pasar pendapatan tetap. Dengan harga emas yang sangat bagus, maka banyak sekali investor yang menarik perhatian mereka pada emas.

Harga emas terus naik setiap tahunnya. Apa implikasi nya? Akankah emas terus naik di masa depan? Apakah sudah waktunya untuk berinvestasi emas sekarang? Bagaimana cara berinvestasi emas?

Kenaikan Harga emas terjadi karena sejumlah faktor. Beberapa dari faktor tersebut adalah seperti di bawah ini:

1. Ketegangan Internasional Dan Masa Buruk

Selama ketegangan Internasional dan perang masih terus terjadi, emas akan selalu menjaga nilai-nilainya. Uang dan inflasi akan menimbulkan kerugian pada perdagangan federal tinggi dan utang telah membuat investor membeli emas untuk heged terhadap pemotongan nilai mata uang.

Meskipun terkadang harga emas jatuh sedikit, percayalah bahwa emas adalah alat investasi yang baik untuk digunakan sebagai tempat yang aman dalam waktu krisis dan waktu yang buruk.

2. Persediaan Terbatas Dan Tuntutan Pasar Tinggi

Ketika harga emas naik, maka lebih banyak investor yang akan membeli emas. Karena persediaan dan produksi emas terbatas, maka tidak akan mampu mengimbangi dengan meningkatnya permintaan dari pasar. Hal ini akan membuat harga emas menjadi naik.

3. Pasar Saham Yang Jatuh

Emas selalu melakukan kebalikan dari pasar saham secara historis. Ketika pasar saham mulai buruk akhir-akhir ini, maka pasar emaspun menggeliat. Dengan kondisi ekonomi global yang tidak pasti dan tidak menentu, beberapa analis percaya bahwa emas akan lebih menghargai nilainya dan melanjutkan jangka panjangnya untuk waktu jangka panjang.

Tidak pernah ada kata terlambat untuk berinvestasi pada emas sekarang. Ada beberapa cara untuk berinvestasi emas seperti yang ditunjukkan di bawah ini, antara lain:

1. Perhiasan Emas

Perhiasan emas adalah cara yang sangat populer dalam investasi sebagai tabungan di negara-negara berkembang seperti India, Indonesia dan Timur Tengah.

2. Emas Batangan Dan Koin

Emas batangan adalah emas dalam ukuran 1 Kg. Sedangkan emas koin merupakan kecenderungan yang diterbitkan oleh negara. Biasanya dijual pada nilai premium kecil di atas harga emas saat ini. 

3. Sertifikat Emas Atau Rekening

Ini adalah hak owner untuk emas batangan yang diselenggarakan oleh instansi keuangan seperti bank pusat untuk menjaga agar tetap aman.

4. Saham Pertambangan Emas

Ini adalah saham pertambangan emas dan eksplorasi perusahaan. Ketika harga emas naik, beberapa saham pertambangan akan menawarkan dividen yang menarik ketika perusahaan mendapatkan keuntungan.

5. Emas Reksa Dana

Ini adalah dana yang memiliki emas dalam portofolio dan dikelola oleh Manajer dana profesional. Beberapa dana bersifat spesifik (seperti kita) atau disebar ke perusahaan tambang yang berbeda.

Tidak peduli jenis instrumen apa yang Anda pilih untuk berinvestasi, Anda harus mencampur portofolio Anda dengan proporsi yang tepat dengan equities Anda. Strategi untuk investasi pada emas adalah untuk memiliki keseimbangan portofolio dengan diversifikasi. 

Tujuannya adalah untuk menggunakan emas sebagai hedge fund (kemitraan investasi) terhadap fluktuasi yang terjadi di pasar saham. Strategi terbaik adalah untuk memulai dengan tingkat 10 % dari portofolio Anda untuk berinvestasi dalam emas dan perlahan bervariasi, Anda dapat meningkatkan persentase nilai  emas untuk meningkatkan stabilitas portofolio Anda.

Mengapa Anda Harus Berinvestasi Emas Hari Ini

Investasi Emas Yang Menguntungkan
image via pixabay

Emas adalah barang langka, indah, dan unik. Berharga sebagai toko yang bernilai selama ribuan tahun, emas adalah aset paling penting dan paling aman. Ini telah mempertahankan nilai jangka panjangnya, tidak secara langsung dipengaruhi oleh kebijakan ekonomi negara dan tidak tergantung pada sebuah "Janji untuk membayar".

Emas benar - benar bebas dari risiko kredit, meskipun menanggung risiko pasar emas selalu aman diari waktu ke waktu. Atribut "Safe heaven" dan menarik investor dengan bijak. Emas telah terbukti menjadi cara yang efektif untuk mengelola kekayaan.

Setidaknya 200 tahun lamanya harga emas terus melangkah dengan inflasi. Alasan penting lainnya untuk berinvestasi dalam emas adalah kiriman yang konsisten dalam portofolio aset. Penampilannya cenderung bergerak secara independen, investasi lain dan merupakan kunci dari indikator ekonomi. Bahkan menimbang sedikit emas dalam portfolio investasi dapat membantu Anda untuk mengurangi keseluruhan risiko yang Anda hadapi.

Kebanyakan portofolio investasi yang diinvestasikan dalam aset keuangan tradisional adalah saham dan obligasi. Alasan untuk memegang investasi beragam adalah untuk melindungi portofolio terhadap fluktuasi dalam nilai dari setiap kelas aset tunggal.

Portofolio yang berisi emas secara umum lebih kuat dan lebih baik bisa mengatasi stok pasar daripada yang tidak.

Penelitian telah menunjukkan bahwa pengalihan tradisional (seperti obligasi dan aset alternatif) sering gagal selama masa stres pasar atau ketidakstabilan yang sedang terjadi. Bahkan alokasi kecil emas telah terbukti untuk meningkatkan konsistensi portofolio kinerja selama periode keuangan stabil dan tidak stabil.

Emas meningkatkan stabilitas dan prediksi pemulihan. Hal ini tidak berkorelasi dengan aset lain karena harga emas tidak didorong oleh faktor yang sama yang mendorong kinerja aset lain. Emas juga tidak mudah menguap dibandingkan semua indeks ekuitas.

Nilai emas, dalam hal nyata barang dan layanan yang dapat untuk dibeli, tetap sangat stabil. Secara tradisional, akses ke pasar emas telah melalui investasi dalam emas fisik, biasanya sebagai koin emas atau batangan - batangan kecil.

Jadi bagi Anda, jangan pernah ragu untuk menginvestasikan uang Anda dalam bentuk emas, karena nilainya yang relatif stabil dan tidak terkena inflasi.

Post a Comment for "Investasi Emas Yang Menguntungkan"