Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Meraih Kebebasan Finansial (Financial Freedom)


Tips Meraih Kebebasan Finansial (Financial Freedom)
image via freepik

Tips Meraih Kebebasan Finansial (Financial Freedom)

Mengapa kebebasan finansial menjadi sebuah pertanyaan besar akhir - akhir ini? Jika Anda bertanya pada diri Anda sendiri tentang pertanyaan "Mengapa kebebasan finansial penting?".

Mungkin Anda telah mencoba melakukannya dan gagal mengambil kendali atas uang Anda. Mungkin Anda merasa frustrasi karena tidak memiliki perbaikan dalam hidup Anda dan kondisi finansial Anda yang tidak kunjung membaik.

Namun demikian Anda sekarang berada di sini dan membaca artikel ini. Dengan membaca artikel berikut ini, mari kita bersama - sama mengenal lebih banyak tentang apa itu kebebasan finansial.

Apa Itu Kebebasan Finansial?

Tergantung pada siapa Anda bertanya, kebebasan finansial bisa berarti tentang banyak hal. Ini bisa berarti tidak terikat untuk membayar utang, pinjaman, dan hipotek.

Kebebasan finansial adalah kemampuan untuk berhenti bekerja pada setiap titik tetapi kita masih mampu memnuhi gaya hidup yang Anda inginkan. Kecuali Anda dilahirkan sebagai seorang miliarder, maka kebebasan finansial bukanlah sesuatu yang akan mengkhawatirkan Anda, karena orang tua miliarder Anda mungkin akan melakukannya untuk Anda.

Kebebasan finansial bisa berarti memiliki kemandirian keuangan untuk hidup dengan nyaman tanpa bekerja terlalu keras. Bagi sebagian orang, hal itu mungkin berarti menerima apa adanya, dan bekerja dengan apa yang Anda miliki. Itu semua bermuara pada persepsi Anda sendiri tentang apa arti kebebasan finansial bagi Anda.

Bagaimana Cara Kita Bisa Bebas Secara Finansial?

Berdasarkan nasehat dari para ahli keuangan dan finansial, semua itu akan selalu dimulai dengan diri Anda sendiri dan sikap seseorang dalam memahami arti dari kebebasan finansial. Anda dapat menemukan di bawah ini beberapa tips tentang bagaimana hal ini harus dilakukan.

Jadilah inovatif. Artinya tahu bagaimana Anda dapat membuat uang Anda tumbuh daripada membelanjakan pada apa yang Anda inginkan tetapi Anda tidak benar-benar membutuhkannya.

Jalan menuju kebebasan finansial tidaklah mudah. Tidak ada dalam hidup ini yang benar-benar layak untuk memiliki hidup yang sederhana. Ini melibatkan proses pertumbuhan, perbaikan, dan memperoleh kekuatan spiritual dan emosional. Semua itu diperlukan untuk menjadi kuat, bahagia, dan sukses seperti yang Anda bisa.

Ingat, memiliki pekerjaan bukan satu-satunya cara untuk menemukan kebebasan finansial bagi Anda, hal itu hanyalah bagian dari usaha untuk mencapai kebebasan finansial. Bahkan jika Anda memenangkan lotre atau menjadi orang terkaya di dunia, itu tidak akan berarti bahwa Anda bebas secara finansial.

Anda harus tahu bagaimana membelanjakan uang Anda dengan bijak atau kebebasan finansial itu akan hilang pada akhirnya. Pelajari cara mengelola keuangan Anda dan tidak pernah lagi bertanya mengapa kebebasan finansial ini penting untuk hidup Anda. 

Berikut ini adalah tips mencapai kebebasan finansial untuk Anda, antara lain:

1. Pola Konsumsi

Anda dapat memilih untuk menghabiskan beberapa atau semua uang Anda pada" konsumsi " item (barang) termasuk makanan, hiburan, liburan, perumahan, mobil, motor, hobi, dan sebagainya.  Ini adalah hal-hal yang Anda butuhkan untuk hidup Anda sehari-hari.  Hal - hal tersebut juga terdiri dari  kebutuhan yang Anda inginkan dan meningkatkan gaya hidup.

2. Berinvestasi

Anda dapat memilih untuk menghabiskan beberapa atau semua uang Anda pada item investasi seperti pendapatan produksi real estate, rumah, tanah, saham, bunga deposito, serta bisnis lain yang menghasilkan pendapatan bagi Anda.

3. Konsumsi Atau Investasi

Dua faktor penting yang perlu dipahami tentang konsep sederhana tentang konsumsi dan investasi.

Faktor pertama adalah bahwa pengeluaran pada "barang konsumsi" hasilnya adalah mengurangi total nilai aset Anda (nilai bersih).  Sedangkan menghabiskan uang Anda pada barang-barang investasi bertujuan untuk meningkatkan keuntungan Anda dimasa depan. Faktor kedua adalah bahwa Anda memiliki pilihan tentang kedua konsep tersebut.  Anda dapat memilih antara pengeluaran pada konsumsi atau barang dan pengeluaran pada investasi.

Tentu saja, pola pengeluaran terbaik adalah yang bertujuan untuk mencapai keseimbangan antara pengeluaran untuk konsumsi dan barang-barang investasi. Namun terkadang kita tidak bisa melakukan keduanya secara bersamaan bukan? Itulah pentingnya membuat sebuah pilihan yang tepat bagi Anda.

4. Memilih Konsumsi Atau Investasi

Anda sekarang telah mengetahui apa perbedaan antara konsumsi dan pengeluaran investasi dan bahwa anda dapat memilih yang terbaik diantara keduanya.

Yang perlu Anda lakukan adalah berpikir sebelum Anda menghabiskan uang Anda.  Konsumsi dapat berkontribusi besar pada gaya hidup Anda (mengemudi mobil baru menyenangkan, bahkan jika dibeli dengan kredit dan telah menciptakan liabilitas dari tiga sampai lima tahun pembayaran).  Sementara pengeluaran pada investasi akan menyediakan pendapatan dan kekayaan bagi Anda di masa depan dan bukan sekarang.

5. Jangan Terjebak Pada Hal Yang Belum Jelas (Abu-Abu)

Tentu saja ada beberapa jenis pengeluaran yang tidak jelas kriterianya, apakah itu sebagai konsumsi atau investasi. Membeli rumah Anda sendiri dianggap oleh banyak orang sebagai investasi.  Tentu saja tidak!  Pembelian rumah tersebut biasanya dibiayai dengan kredit pinjaman dan pembayaran nya adalah sebuah kewajiban untuk Anda.

Disamping itu pemeliharaan rumah juga memerlukan biaya dalam bentuk uang.  Ada harga dan pajak yang harus dibayarkan oleh Anda.  Anda sama sekali tidak mendapatkan hasil atau pendapatan dari itu. Jika Anda berniat menjualnya dalam beberapa tahun kedepan, maka Anda batu akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari itu. Maka, itu bisa menjadi sebuah investasi. Namun jika Anda harus membeli rumah lain untuk tinggal disana setelah Anda menjual rumah Anda yang pertama, apakah itu adalah sebuah keputusan yang tepat?

Untuk membangun kekayaan, beberapa pengeluaran investasi memang sangat diperlukan.  Semakin banyak uang Anda yang masuk ke pengeluaran investasi, maka akan semakin besar dan lebih cepat kekayaan Anda akan tumbuh.  Namun, jika uang Anda terlalu banyak yang masuk ke pengeluaran investasi, dan tidak cukup kepada konsumsi, maka gaya hidup Anda mungkin akan biasa - biasa saja.  Tapi tidak mengapa, Anda bisa memilih sesuai dengan hati nurani Anda.

6. Akumulasi Waktu

Kebanyakan orang tidak dilahirkan sebagai orang kaya.  Tentu saja, ada beberapa orang yang dilahirkan dengan mewarisi kekayaan dari orang tuanya, tetapi akibatnya mungkin dia tidak menghargai hal itu.  Beberapa orang memiliki banyak harta, tetapi ironisnya, mungkin karena mereka belum pernah bekerja untuk meraih itu dengan kerja mereka sendiri, maka bisa saja harta kekayaan tersebut akan segera habis tak tersisa.

Semua orang, walau bagaimanapun tetap memiliki satu kesamaan.  Jumlah waktu yang sama setiap hari, satu minggu yang sama, satu bulan yang sama dan satu tahun yang sama.  Hal yang menjadi pembeda adalah bagaimana Anda memanfaatkan waktu tersebut karena itu sangatlah penting.

Bayangkan, jika  pada usia 21 tahun, Anda menginvestasikan 1 juta rupiah pada rata-rata tingkat tahunan pengembalian 10%, dan setiap bulan Anda menambahkan investasi sebesar 1 juta rupiah lagi ,maka pada saat Anda mencapai usia 65 tahun, Anda akan menjadi jutawan, tanpa melakukan hal lain.

Formula Untuk Meraih Kebebasan Finansial


Tips Meraih Kebebasan Finansial (Financial Freedom)
image via freepik

Apakah Anda memiliki konsep atau ide tentang bagaimana menjadi kaya? Bebas dari semua hutang, kelaparan, tagihan listrik, dan sebagainya? Intinya, uang adalah tentang segala sesuatu.

Apa yang orang inginkan adalah formula untuk mencapai kebebasan finansial sehingga kekayaan akan mulai tampak pada diri Anda.

Sebelum Anda memulai petualangan Anda untuk meraih kebebasan finansial, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

1. Apakah Anda sudah memiliki sikap yang tepat untuk keberhasilan finansial? Apakah Anda fokus, bertekad, percaya diri, bersemangat dan sepenuhnya dikhususkan untuk menjadi mandiri secara finansial?

2. Apakah Anda memiliki pekerjaan, karir, profesi, bisnis atau struktur investasi yang dapat menghasilkan income atau pendapatan bagi Anda?

3. Apakah Anda memiliki pengetahuan keuangan yang diperlukan untuk membuat keputusan keuangan yang baik?

Jika jawaban Anda adalah iya, untuk tiga pertanyaan diatas, maka Anda sedang dalam perjalanan menuju kesuksesan finansial. Jika Anda melihat ada yang kurang pada salah satu dari ketiga hal tersebut, maka Anda sekarang tahu di mana untuk menempatkan perhatian Anda.

Anda perlu mengatasi apa yang kurang sebelum Anda dapat melanjutkan. Ini adalah kunci tersembunyi untuk menciptakan kekayaan.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menemukan pekerjaan, maka Anda tidak sendirian. Banyak orang yang mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan karena banyaknya pelamar dan terbatasnya lowongan serta kesempatan kerja, tetapi Anda tidak boleh menyerah.

Semuanya memiliki alasan terus mencari apa yang membuat Anda bahagia dan setelah Anda mendapatkannya maka itu adalah waktu yang Anda katakan pada diri Anda sendiri yang membuatnya baik kali ini.

Apa pun yang Anda peroleh dari pekerjaan Anda akan mengurangi semua pengeluaran Anda untuk menjauhkan Anda dari hutang. Setelah Anda menemukan bahwa itu tidak cukup untuk memenuhi pengeluaran Anda, maka kemudian kurangilah pengeluaran Anda.

Ketika hari penggajian tiba, kemudian memisahkan sebagian uang untuk tabungan Anda. Anda akan heran bahwa gaya hidup Anda akan dikendalikan karena Anda sekarang tahu bagaimana untuk mengelola anggaran sisa penghasilan Anda untuk biaya hidup satu bulan kedepan.

Prioritaskan pengeluaran Anda dan tentukan di mana Anda harus menguranginya. Itu adalah rumus untuk kebebasan finansial.

Anda perlu fokus pada apa yang Anda inginkan ketika Anda memiliki masalah dengan uang, dan kekayaan yang Anda impikan akan ditentukan pada bagaimana Anda menggunakan uang Anda. Semua upaya dan pengorbanan Anda dalam mencari pekerjaan, dalam melakukan hak bisnis akan membawa Anda ke arah kebebasan finansial yang Anda impikan..

Berikut ini adalah salah satu cara untuk menjadi bijaksana secara finansial atau rumus untuk kebebasan finansial:

Buka  Rekening Bank 

Ini akan membantu Anda menghemat uang Anda dengan tidak menghabiskan semua yang Anda miliki, itu dapat dibatasi dengan hanya menarik cukup uang untuk membayar semua pengeluaran Anda. Setelah Anda mendapatkan daftar semua pengeluaran Anda, Anda akan dapat memprioritaskan apa yang penting dan dapat mengurangi penggunaan biaya yang tinggi.

Berinvestasi Sedikit

Saya tahu bahwa hal yang satu ini cukup sulit untuk dilakukan, Anda perlu mengecek harga emas untuk berinvestasi, tetapi setelah Anda memiliki uang dari tabungan Anda, mencoba untuk berinvestasi sedikit dan Anda akan terkejut bahwa uang Anda dan semua yang Anda simpan akan naik ke harga yang lebih tinggi.

Demikianlah uraian artikel singkat ini, Artikel ini adalah sebuah psikologi sederhana untuk berbagi dan membantu Anda menerapkan formula untuk meraih kebebasan finansial, mewujudkannya dan membuatnya  dapat dihitung dan direncanakan oleh Anda. Semoga bermanfaat dan berguna untuk Anda.

Post a Comment for "Tips Meraih Kebebasan Finansial (Financial Freedom)"