Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Plus Minus Investasi Emas Batangan

Plus Minus Investasi Emas Batangan

Emas batangan adalah salah satu logam mulia yang sering dan banyak dibicarakan orang. Kemilaunya yang menguning seakan emas batangan ingin mengatakan bahwa ada kebahagiaan di dirinya jika Anda memilikinya meski hanya satu batang saja. Apalagi jika berbatang-batang jumlahnya.

Lihat saja, betapa kemudian emas batangan telah menjadi simbol nafsu manusia yang memang mencintai harta benda. Banyak emas batangan yang dijadikan sebagai properti dalam film-film laga, mulai dari kisah pencarian harta karun hingga bisnis dan mafia kelas dunia.

Tampaknya inilah yang menjadikan semua orang tergiur untuk memiliki emas batangan. Bahkan beberapa produk iklan, kini menawarkan emas batangan sebagai hadiah jika mereka melakukan undian agar minat masyarakat meningkat. 

Bahkan bayangan pesona emas batangan tersebut pun divisualkan dengan berbagai cara dalam bentuk gambar desain grafis dalam tayangan iklan; berkilauan dan mengundang hasrat untuk segera memilikinya.

Investasi Emas Batangan Marak

Saat ini memang emas batangan seringkali dijadikan sebagai investasi bagi mereka yang memiliki kelebihan rezeki atau mereka yang berada pada posisi ekonomi menengah ke atas. 

Ini tentu menjadi sebuah hal yang sangat mustahil dilakukan bagi kalangan masyarakat bawah karena untuk memiliki emas perhiasan yang jumlah gram-nya tidak mencapai 10 gram saja susahnya minta ampun di zaman sekarang ini, apalagi jika harus memiliki emas batangan yang beratnya bisa mencapai 100 gram lebih.

Tidaklah heran jika wong cilik melihat emas batangan bagaikan sebuah khayalan belaka yang hanya bisa diwujudkan dalam film saja. Hal lainnya adalah, jangankan untuk berinvestasi, untuk makan saja sulit. Pembahasan emas batangan ini akan difokuskan kepada apa dan bagaimana emas batangan tersebut.

Jika dalam konteks investasi, emas batangan memang sangat terkenal mahal jika dibandingkan emas perhiasan biasa atau emas dalam bentuk koin. Meskipun demikian, para pakar yang menggeluti perkembangan emas batangan, mengatakan bahwa yang paling ideal untuk dijadikan sebagai barang investasi adalah emas batangan. Kenapa bisa demikian?

Ada beberapa alasan yang mendasarinya, mulai dari persoalan Anda sebagai investor tak akan dikenakan biaya pembuatan sehingga tidak usah khawatir kalau keuntungan Anda akan terpangkas oleh biaya pembuatan. Keuntungan lainnya adalah tidak ada istilah penyusutan dalam kasus emas batangan.

Selain itu, ada pula yang mengatakan kalau berinvestasi dengan emas batangan atau juga sering disebut dengan emas lantakan sangatlah baik karena memang emas batangan memiliki kadar nilai yang tinggi. 

Hanya saja jika anda melakukan investasi emas batangan, rajin-rajinlah mengantisipasi kerugian karena perubahan kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat ternyata disebut-sebut sebagai masalah utama dalam hal investasi emas batangan.

Nah, tampaknya Anda mulai tertarik untuk melakukan investasi emas batangan. Tapi tunggu dulu, jangan terburu-buru. Lebih baik pelajari dan cari tahu di mana lokasi yang biasa memproduksi emas batangan. 

Pasalnya disana Anda bisa mempelajari lebih jauh tentang bagaimana sebenarnya baik dan buruknya jika Anda melakukan investasi emas batangan. Lantas, dimana sebenarnya tempat emas batangan  diproduksi?

Bagi Anda yang memang berada di Indonesia, jika ingin mengetahui di mana emas batangan dibuat, datanglah ke PT Aneka Tambang Tbk (Antam) yang memang memproduksi emas batangan melalui divisi peleburan logam mulia yang ada di perusahaan tersebut.  Kenapa harus ke Antam?

Para pakar mengatakan bahwa kondisi emas batangan Antam sangat terjamin dari sisi keasliannya karena memang Antam mempunyai sertifikat London Bullion Market Association (LBMA) yang memang bermarkas di Kota London. 

Jika Anda memang bermaksud akan membelinya di perusahaan tersebut, harap diingat bahwa emas batangan memiliki sertifikat keasliannya. Jika tidak diberikan, Anda berhak untuk memintanya demi menjaga keaslian emas batangan milik Anda.

Selain itu, jika tidak ke PT Antam untuk membeli emas batangan, Anda bisa mendatangi toko-toko emas besar yang ada di Jakarta atau bahkan di kota Anda jika memang sudah ada. Pasalnya saat ini sudah banyak pengusaha yang menawarkan emas batangan.

Hanya saja sekali lagi, dalam menjadikan emas batangan sebagai ladang investasi Anda, kewaspadaan adalah harga mati yang tidak bisa ditolak. Pasalnya, selain persoalan asli atau tidaknya emas batangan tersebut, ternyata masih banyak lagi masalah lain yang bisa Anda hadapi terkait dengan emas batangan ini.

Waspada Investasi Emas Batangan

Plus Minus Investasi Emas Batangan

Sekali lagi, jika sudah membicarakan emas, waspada adalah harga mati karena sudah banyak kasus yang mengakibatkan pembeli atau investor tertipu. 

Mengenai investasi emas batangan, maka yang perlu diperhatikan adalah Anda sebagai investor haruslah menyediakan dana yang lebih besar karena memang investasi ini jauh berbeda dengan investasi logam mulia lainnya.

Hal ini bisa dilihat dari ukuran berat emas batangan yang memang jauh lebih besar jika dibandingkan logam mulia yang biasa dijadikan alat investasi lainnya. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa emas batangan biasanya dihargai menggunakan dolar. Sementara Anda sendiri yang berada di Indonesia jelas-jelas melakukan investasi menggunakan mata uang rupiah.

Pasalnya, boleh saja dalam mata uang dolar harga emas meningkat. Akan tetapi, jika memang pada saat yang bersamaan kurs rupiah ikut menguat bahkan tinggi terhadap dolar, yang terjadi adalah peningkatan tersebut tidak akan terlalu membawa pengaruh besar dalam mata uang rupiah Indonesia.

Hal yang juga menjadi perhatian bagi yang melakukan investasi emas batangan adalah anggap saja Anda sudah berhasil membeli emas batangan dari PT Antam atau toko-toko emas besar di Indonesia. Janganlah sekali-kali menyimpannya di rumah. 

Alangkah lebih baik jika Anda memanfaatkan layanan Safe Deposit Box (SDB) yang biasa Anda cari di bank-bank terkenal dan tentunya bisa Anda percaya.

Jika emas batangan Anda sudah masuk Safe Deposit Box, jangan pernah takut emas batangan milik Anda akan hilang. 

Kenapa? Karena emas batangan Anda akan diasuransikan dan bisa menjaga terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya kehilangan atau apa pun sehingga Anda bisa mendapatkan gantinya dari klaim asuransi yang sudah diajukan.

Plus Minus Investasi Emas Batangan

Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Pun demikian dengan emas batangan yang memang dianggap sebagai logam mulia. Pasalnya ternyata, sebagaimana yang terjadi pada logam mulia lainnya, emas batangan juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui agar tidak menyesal di kemudian hari.

Sebagaimana kita ketahui bahwa emas batangan adalah emas murni 24 karat dengan kondisi sudut yang tumpul, dimulai dari ukuran 1 gram hingga 1 kilogram dan pembeliannya disertai dengan sertifikasi oleh PT Antam melalui Unit Bisnis Logam Mulianya. Oleh karena itu, Anda seharusnya mengetahui kelebihan dan kekurangan pada emas batangan.

Kelebihan atau nilai plus dari emas batangan adalah Anda tidak terkena PPN. Jika membeli dengan ukuran 100 gram, barulah Anda dikenai biaya pembuatan dan biaya sertifikat. 

Keberadaannya bisa dan mudah didapat di toko emas meski hal ini haruslah selalu diwaspadai. Mudah menjualnya karena hampir setiap toko emas menerima emas batangan jika Anda hendak menjualnya.

Adapun nilai minus atau kekurangan dari emas batangan ini tidak lain adalah jika Anda memutuskan untuk membeli dengan ukuran kecil, maka yang terjadi adalah harga lebih tinggi dibandingkan ukuran gram emas batangan yang memang lebih tinggi. 

Ini disebabkan tingginya biaya saat melakukan pembuatannya serta ada pada tingkat kesulitan saat mencetak emas dengan ukuran yang lebih kecil.

Kekurangan lainnya yaitu tidak fleksibel. Semisal jika memiliki emas batangan 100 gram, sementara Anda membutuhkan hanya 5 gram untuk keperluan mendadak. Mau tidak mau Anda harus terlebih dahulu menjual emas batangan 100 gram tersebut.

Nah, demikianlah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam investasi emas batangan. Semoga Anda dapat memahami dengan baik mengenai plus mminus investasi emas batangan ini.

Post a Comment for " Plus Minus Investasi Emas Batangan"