Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peluang Usaha Katering : Menawarkan Cita rasa dan Kepraktisan

Peluang Usaha Katering : Menawarkan Cita rasa dan Kepraktisan

Semua jenis usaha, jika digeluti dengan tekun, pasti akan menghasilkan sesuatu yang menguntungkan. Usaha dalam bidang kuliner tampaknya masih menjadi pilihan utama bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya kaum wanita yang hobi memasak.

Menggeluti bidang kuliner sepertinya tidak pernah ada habisnya. Bila dikelola dengan baik, usaha ini akan menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan dan menjanjikan. Usaha kuliner yang sudah banyak terdapat di Indonesia adalah restoran dan usaha katering.

Restoran yang terdapat di Indonesia menawarkan berbagai macam variasi masakan, baik masakan khas Indonesia maupun luar negeri. Dalam mengembangkan usaha restoran atau rumah makan, modal yang dibutuhkan terbilang besar.

Kita harus menyediakan lahan dan bangunan terlebih dahulu. Kemudian, peralatan makan dan tenaga pelayan. Bila ingin usaha restoran atau rumah makan berhasil dan banyak diminati konsumen, pengusaha restoran harus pintar-pintar menciptakan beragam menu baru.

Modal Tergantung Orderan

Bagi yang ingin tetap memiliki usaha kuliner, namun tidak bisa memenuhi modal awal yang cukup besar, usaha katering bisa menjadi alternatif lain di bidang usaha kuliner. Usaha katering juga sudah mulai banyak digeluti masyarakat Indonesia.

Selain modal awal yang tidak terlalu besar, usaha katering tidak memerlukan lahan dan bangunan untuk tempat usahanya. Usaha katering skala kecil bisa dilakukan di rumah-rumah. Namun, untuk skala besar, biasanya kegiatan masak memasak dilakukan di ruangan yang lebih besar.

Jenis-Jenis Katering

Katering yang biasa dikenal oleh masyarakat umum adalah katering pesta. Tapi jika kita mengetahui arti dari katering sebenarnya memiliki arti yang luas. Katering adalah suatu usaha oleh orang untuk menyediakan masakan untuk acara tertentu atau orang tertentu. Dari definisi tersebut katering bisa memiliki beberapa jenis.

Jenis jenis katering ini dibagi berdasarkan acara dan orang yang memesan jasa ini. Adapun beberapa jenis dari katering tersebut antara lain:

1. Jasa katering pesta

Jasa katering pesta merupakan jasa catering atau pesan makanan yang dikhususkan untuk acara pesta. Pada umunya makanan yang disajikan pada saat pesta ini lebih banyak menu. Dan dalam pemesanan katering ini adalah memakai jasa berapa beratnya. 

Jadi bukan di hitung per porsi. Tapi pada jasa katering tertentu juga menyediakan pesanan makan untuk porsi berapa orang. Dan akan ada bonus khusus untuk jenis katering ini.

Untuk peluang usah terbilang masih lebar. Untuk jasa katering di daerah pedesaan atau kota kota kecil jasa ini terbilang langkah. Jadi peluang untuk membuka usaha ini masih terbuka lebar.

Tapi lagi lagi yang harus dihadapi dari permasalahan katering ini adalah promosinya. Karena daya beli masyarakat pedesaan terbilang rendah. Jika Anda memakai diskon khusus atau trik tertentu. Usaha ini akan berkembang dan menyedot pelangggan cukup banyak.

2. Usaha katering rantangan

Jasa katering ini umunya diperuntukkan untuk mahasiswa atau orang orang yang enggan memasak. Peluang untuk katering ini umunya terdapat pada kota kota berbasik pelajar atau mahasiswa. Jadi peluangnya terbilang cukup besar. Umumnya menu yang disajikan adalah menu standart rumahan.

Untuk harga, katering ini harus menyajikan harga yang lebih murah atau sama dengan warteg warteg disekitar kawasan kost tersebut. Bila tidak, maka pembeli akan berpikir 2 kali untuk membeli makanan pada catering. Jadi pasang lah harga yang murah dengan keuntungan yang besar.

Itulah informasi tentang  Peluang Usaha Katering, semoga bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for " Peluang Usaha Katering : Menawarkan Cita rasa dan Kepraktisan"