Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuan Dan Manfaat Analisis Peluang Usaha

Tujuan Dan Manfaat Analisis Peluang Usaha
image via freepik

Analis peluang usaha adalah sebuah kegiatan analisa yang bertujuan untuk mengetahui apakah suatu usaha dapat di lakukan dan dikerjakan serta memiliki peluang untuk memberikan keuntungan di masa depan. 

Banyak sekali peluang usaha yang dapat kita kerjakan di sekitar kita, kuncinya adalah melakukan riset, dan mau bertanya. Sebagai orang yang kreatif, calon Wirausahawan akan mampu melihat begitu banyak peluang usaha yang dapat diciptakan dan kembangkan. 

Cara mengidentifikasi peluang usaha atau bisnis dapat di cari asalkan mau bekerja keras, ulet, tekun dan percaya pada diri sendiri. Untuk menggali dan memanfaatkan peluang usaha, seorang Wirausahawan harus mampu berpikir positif dan kreatif.

Bagaimana caranya? 

Untuk dapat berpikir positif dan kreatif, caranya adalah sebagai berikut:
  • Percaya bahwa peluang usaha tersebut dapat dilaksanakan 
  • Menerima gagasan - gagasan baru
  • Bertanya pada diri sendiri
  • Mau mendengarkan saran dari orang lain
  • Memiliki etos kerja tinggi dan pandai berkomunikasi 
Menurut pendapat dari Paul Charlap, ada empat rumusan untuk mencapai sebuah kesuksesan, antara lain:
  • Bekerja keras (Work hard)
  • Bekerja Cerdas (Work smart)
  • Antusias (Enthusiasm)
  • Pelayanan (Service)
Oleh sebab itu, ketika muncul sebuah peluang usaha baru, maka Anda harus segera membuat inisiatif dengan melakukan perencanaan dan mencari tahu apa saja yang di butuhkan untuk melakukan dan mengerjakan peluang baru tersebut.

Seorang calon Wirausahawan harus memiliki kemampuan dan ketrampilan untuk mengarahkan dirinya guna memperoleh peluang, menyusun konsep usaha, merencanakan cara masuk ke pasar, mengembangkan serta membekali diri dengan teknik - teknik usaha tertentu. 

Banyak sekali jenis usaha yang bisa dikelola, peluang usaha mana yang akan dipilih bergantung pada beberapa hal, antara lain: 
  1. Minat seseorang 
  2. Modal yang dimiliki
  3. Relasi yang dimiliki 
  4. Dan berbagai peluang lainnya
Setiap usaha yang akan di ambil dan dijalankan pasti berorientasi dan bertujuan ingin mencari keuntungan. Namun perlu di ingat, ketika Anda sedang menjalankan sebuah usaha, tentu tidak akan terlepas dari resiko kerugian yang akan dihadapi. 

Hal tersebut tidak perlu dicemaskan secara berlebihan karena hanya akan memperlambat dan menghambat usaha Anda. Untuk mengantisipasinya, persiapkan dan perhitungkan segala sesuatunya secara matang. Apa langkah - langkah usaha yang akan ditempuh sehingga akan mengurangi resiko yang dihadapi. 

Ketersediaan informasi bagi seorang Wirausahawan juga mutlak diperlukan setelah seorang Wirausahawan yang ingin mewujudkan ide dan peluang usaha tersebut, maka sebaiknya mulailah dari usaha yang berskala kecil terlebih dahulu. Di samping untuk belajar dan memperkecil resiko, langkah tersebut juga akan membantu mendayagunakan modal dan memantapkan strategi usaha yang dilakukan. 

Dalam dunia usaha,  ada sebuah ungkapan yang mengatakan, "Bagaimana dengan pengorbanan yang sekecil-kecilnya untuk mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya". Namun faktanya, untuk menjalankan ungkapan tersebut memang sangat sulit dan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu kerja keras dan semangat yang tinggi serta ketekunan dalam menjalankan usaha tersebut hingga pada akhirnya menghasilkan sebuah kesuksesan.

Tujuan dan Manfaat Analisis Peluang Usaha 

Tujuan dari disusunnya sebuah analisis peluang usaha adalah untuk mengetahui apakah suatu usaha tersebut layak atau tidak untuk dilaksanakan dan dikerjakan, serta untuk mengetahui keuntungan dan kerugian usaha tersebut dimasa yang akan datang. 

Analisis peluang usaha yang lain adalah dengan cara melakukan observasi langsung ke konsumen untuk mengetahui apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan utama yang ada di masyarakat. Dari observasi tersebut, kita dapat mengetahui besar kecilnya minat konsumen terhadap usaha yang akan kita laksanakan dan kita kerjakan. 

Setelah melakukan observasi, kita dapat membagi atau membuat segmentasi konsumen yang akan menjadi target pasar usaha kita, sehingga target konsumen dan keuntungan pun lebih mudah untuk diraih. 

Oleh karena itu, seorang wirausahawan harus jeli terhadap perubahan yang terjadi ditengah masyarakat, seperti selera konsumen, kebiasaan masyarakat, saluran distribusi, serta perubahan teknologi dan komunikasi. Kesimpulannya adalah produk yang akan kita buat harus mampu menarik minat mereka untuk membelinya sehingga kegagalan usaha dan kerugian dapat dihindari. 

Selain itu, produk yang akan kita buat harus lebih terjangkau bagi konsumen kita.Caranya adalah sebagai berikut:
  • Memilih dan membuat produk yang bermanfaat
  • Membuat produk yang berkualitas
  • Harga yang kompetitif dan dapat bersaing
  • Membuat desain produk baru dengan harga terjangkau
  • Membuat produk lebih cepat dan murah
  • Memilih dan menentukan wilayah pemasaran yang lebih menguntungkan 
Demikianlah uraian artikel tentang Tujuan Dan Manfaat Analisis Peluang Usaha. Semoga berguna dan bermanfaat. Baca juga pengertian wirausaha dan ciri-ciri Entrepreneur pada artikel saya yang lain.

Post a Comment for "Tujuan Dan Manfaat Analisis Peluang Usaha"