Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Wirausaha Dan Ciri - Ciri Entrepreneur

 

Pengertian Wirausaha Dan Ciri - Ciri Entrepreneur

Pengertian Wirausaha Dan Ciri - Ciri Entrepreneur

Akhir - akhir ini kita sering sekali mendengar istilah Entrepreneur, namun tahukah Anda apa arti istilah tersebut? Istilah Entreupreuneur mulai familiar dan sering dibicarakan pada awal abad ke 18 dan di perkenalkan pertama kali oleh seorang ahli ekonomi Perancis yang bernama Richard Cantillon.

Menurut definisi dari Richard Cantillon, Entreupreuneur adalah agen yang membeli sarana produksi dengan harga tertentu untuk menggabungkannya. Definisi lengkapnya dalam bahasa Inggris adalah "Agent who buys means of production at certain prices in order to combine them".

Dalam bahasa Indonesia kata Entrepreneur ini di artikan sebagai Wirausahawan. Untuk bisa sukses menjadi seorang Wirausahawan tidaklah mudah, oleh karena itu perlu di persiapkan segala sesuatu yang bisa mendukungnya dari awal seperti sikap, perilaku dan ketrampilan (Kompetensi).

Kewirausahawan artinya orang yang membeli barang dengan harga pasti meskipun orang itu belum mengetahui berapa harga barang tersebut akan di jual.

Sedangkan Wirausaha sering di indetikkan dengan kata wiraswasta yakni orang yang berani mengambil resiko dan memiliki sifat - sifat keberanian, keutamaan, dan keteladanan. Perbedaan antara wirausaha dan wiraswasta adalah wiraswasta tidak memiliki sebuah visi dalam pengembangan usaha, sedangkan wirausaha mampu terus berkembang dan mencoba produk - produk lainnya (memiliki visi kedepan).

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat kita tarik sebuah kesimpulan sederhana bahwa Kewirausahawan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan (aktivitas) yang disertai dengan modal dan resiko serta menerima imbal balik (balas jasa) dan kepuasan serta kebebasan pribadi.

Menurut pakar yang lain yakni Raymond and Russel mendefinisikan secara eksplisit tentang wirausaha dengan menekankan pada aspek - aspek kebebasan dalam berusaha. Pernyataan lengkapnya adalah "An Entreupreneur is an independent, growth oriented owner operator".

Dengan demikian maka seorang Entreupreneur atau Wirausahawan adalah seorang penemu (Founder) bisnis yang benar - benar baru dan berbeda dari yang sudah ada sebelumnya dan kemudian dia mampu mengembangkannya menjadi sebuah perusahaan yang sukses. 

Beberapa contoh global untuk ini adalah merek (brand) ternama seperti Microsoft, Apple, Wal-Mart, Nike, Adidas dan sebagainya. 

Apakah Ciri - Ciri Dari Seorang Entrepreneur?

Berikut ini adalah 6 ciri utama seorang Entrepreneur, antara lain:

1. Fokus

2. Memiliki Energi Yang Tinggi

3. Kebutuhan Akan Prestasi

4. Bertoleransi Terhadap Keraguan

5. Percaya Diri (Confident)

6. Berorientasi Pada Tindakan

Di Indonesia sendiri akhir - akhir ini sangat banyak pelatihan - pelatihan yang diadakan baik oleh lembaga milik pemerintah maupun swasta untuk menjadi seorang Entrepreneur. Jika Anda bosan menjadi seorang karyawan dan bercita - cita untuk menjadi seorang bos dari usaha milik Anda sendiri, maka pilihan untuk menjadi seorang Entreupreneur ini adalah sebuah pilihan yang sangat bagus dan tepat.

Dengan memiliki usaha sendiri, maka Anda adalah bos bagi diri Anda. Anda memgang kendali penuh tentang bisnis Anda dan kegigihan serta motivasi Anda akan sangat menentukan sukses atau tidaknya bisnis Anda tersebut.

Ingat, tidak ada yang mustahil untuk di raih di dunia ini, kuncinya adalah kemauan untuk terus belajar dan menciptakan inovasi.

Sebagai akhir dari artikel singkat ini, saya akan membagikan sebuah kutipan menarik dari Bygrave, 1994:2 sebagai berikut:

Entrepreneur is the person who perceives an opportunity and creates on organization to pursue it

Silahkan berkunjung ke blog saya di www.bizznet.my.id untuk membaca artikel menarik tentang bisnis, marketing dan investasi lainnya.

Post a Comment for "Pengertian Wirausaha Dan Ciri - Ciri Entrepreneur"