Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Layanan Pelanggan?

 

Apa Itu Layanan Pelanggan?

Apa Itu Layanan Pelanggan?

Ketika Anda memulai bisnis dalam bidang apapun, salah satu hal yang paling penting untuk diingat adalah bahwa layanan pelanggan yang baik adalah kebutuhan yang sangat penting. Dalam hal bisnis konsesi makanan juga tidak jauh berbeda. Jika ada perbedaan, lebih penting untuk bersahabat dan memiliki hubungan yang baik dengan pelanggan Anda karena bahkan lebih sulit untuk membangun dan mendapatkan klien yang loyal (setia) sebagai bisnis penjual makanan online. 

Ada tiga alasan utama untuk memastikan bahwa karyawan Anda tahu betapa pentingnya layanan pelanggan ini, yaitu:

1. Sebuah fakta yang sangat sederhana bahwa jika pelanggan diperlakukan dengan baik, maka mereka akan kembali datang kepada Anda. 

2. Sebuah fakta luar biasa bahwa jika mereka menyukai layanan pelanggan Anda, maka mereka akan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain. 

3. Alasan terakhir untuk menjadi hebat di departemen layanan pelanggan adalah bahwa karena layanan pelanggan yang baik akan membuat citra bisnis Anda menonjol di mata pelanggan.

Pentingnya Layanan Pelanggan Untuk Bisnis

Layanan pelanggan (customer service) adalah aspek yang sangat penting dari bisnis apa pun dan salah satu efek dari layanan pelanggan yang hebat adalah bahwa Anda akan memiliki pelanggan yang akan kembali kepada Anda (berulang). Pelanggan berulang ini adalah komoditas yang harus dihargai dan dilayani dengan sebaik - baiknya. 

Melakukan hal ini dengan baik akan sangat memudahkan orang-orang untuk kembali ke bisnis Anda. Sisi sebaliknya adalah bahwa sementara banyak pelanggan sangat setia ketika bisnis Anda dapat menyenangkan dan memuaskan keinginan mereka, mereka juga sangat enggan untuk kembali jika mereka memiliki pengalaman yang buruk dalam hal layanan pelanggan ini. Anda kemungkinan Anda tidak akan pernah melihat pelanggan itu lagi jika mereka memiliki pengalaman buruk seperti itu. Bahkan jika Anda membuat kesalahan dengan pesanan, jika Anda cepat melayani pelanggan, Anda tidak akan melihatnya lagi, semua karena pengalaman buruk dalam layanan pelanggan tersebut.

Efek lain dari layanan pelanggan yang hebat adalah bahwa pelanggan yang puas akan membuat promosi iklan gratis yang hebat. Mereka akan setia, tetapi mereka juga akan memberi tahu teman-teman mereka tentang bisnis Anda. Ini bagus karena pelanggan yang benar-benar bahagia akan menemukan cara untuk memastikan teman-teman mereka untuk mencoba bisnis Anda juga. 

Setelah teman-teman mereka mencoba makanan dan layanan Anda, maka siklusnya akan berlanjut. Mereka akan kembali dan memberitahu teman-teman mereka yang lain juga. Sisi buruk dari hal ini adalah bahwa jika layanan pelanggan Anda buruk, maka berita negatif akan lebih cepat menyebar daripada laporan yang baik. Ini, pada gilirannya, akan mempengaruhi bagaimana pelanggan potensial lainnya akan melihat bisnis Anda. Setelah Anda memiliki reputasi buruk ini, ini adalah perjuangan berat untuk bisnis Anda.

Salah satu alasan terakhir untuk memiliki layanan pelanggan yang baik adalah karena hampir tidak ada layanan pelanggan yang baik lagi di luar sana dan hal ini akan membuat bisnis Anda menonjol. Jika Anda dapat melakukan apa saja untuk membuat bisnis Anda menonjol, maka lakukanlah. Ini adalah cara untuk tampil menonjol dengan cara yang baik. Selama bertahun-tahun lamanya, layanan pelanggan yang baik telah berkurang di hampir semua jenis industri. Kesempatan untuk menjadi bisnis layanan pelanggan terkemuka di industri apa pun adalah kesempatan hebat dan Anda harus mengambilnya.

Akan selalu ada salah satu pelanggan yang Anda tidak bisa menyenangkannya. Bahwa satu orang ini, tidak peduli pada apa yang Anda lakukan. Move on dari pelanggan ini. Jaga pelanggan setia Anda dan cobalah untuk memberi mereka pengalaman yang baik. Dengan layanan pelanggan yang baik dan kualitas makanan yang baik, tidak ada batasan untuk jenis bisnis apa yang dapat Anda bangun atau jumlah uang yang dapat Anda hasilkan.

Pada hari-hari dimana kompetisi pasar yang semakin kompetitif, bisnis yang unggul pada kualitas layanan pelanggan adalah bisnis yang tidak hanya akan mempertahankan posisi mereka, tetapi juga akan terus tumbuh dan berkembang.  Anda dapat menjawab pertanyaan "Apa itu layanan Pelanggan?" dengan mengatakan bahwa ini adalah tentang "melebihi" harapan klien, bukan hanya "memuaskan" mereka.  Ini bukan hanya tentang produk atau layanan yang Anda jual, ini adalah tentang bagaimana menjaga orang-orang membeli mereka dari Anda.

Memiliki produk yang hebat harus menjadi langkah pertama Anda.  Semua orang menyukai kualitas, bahkan lebih jika harganya kompetitif dengan produk sejenis lainnya.  Jika Anda membuat produk sendiri, lihat apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kinerjanya, kualitas materialnya, dan bagaimana perbandingannya dengan produk orang lain.  Jika Anda dapat membuat produk yang terbaik dan berada dalam kisaran harga yang sama, pelanggan tidak hanya akan membeli dari Anda, tetapi mereka akan merekomendasikan kepada orang lain untuk membeli dari Anda juga.

Jadi, Anda memiliki produk hebat dan basis klien Anda yang terus tumbuh. Selanjutnya, bagaimana layanan pra dan purna jual Anda lakukan?  Tidak banyak orang berpikir tentang bagaimana mereka menjual produk, tetapi masih secara harfiah untuk melayani pelanggan. 

Sebagian besar dari kita lebih suka melakukan riset pasar kita sendiri ketika mencari untuk membeli sesuatu dan Internet telah membuat semuanya menjadi jauh lebih mudah. Artinya adalah jika Anda ingin membangun basis klien Anda, memiliki situs web sekarang adalah sebuah hal yang sangat penting daripada tambahan opsional yang lain.  Pelanggan dapat melihat produk, mencari tahu lebih lanjut tentang hal itu dan kemudian menghubungi Anda jika mereka tertarik.  Jika mereka mendaftar ke situs Anda, Anda juga dapat membuat daftar pelanggan yang potensial, untuk menghubungi mereka lagi di kemudian hari.

Mungkin tampak, dari apa yang tertulis di atas, bahwa tidak ada tempat lagi bagi orang untuk menjual produk secara langsung dan bertemu dengan klien.  Justru sebaliknya adalah kasusnya, dari penelitian yang telah saya lakukan, tampaknya sebagian besar pelanggan akan menyambut dengan baik ketika dia  berbicara dengan seseorang yang memiliki pengetahuan lebih tentang produk dan mampu menyelesaikan masalah dengan cepat.  

Dalam industri manufaktur misalnya, selalu ada peluang terjadinya kesalahan. Misalnya adanya batch rusak yang diproduksi (cacat produksi). Ketika hal ini terjadi, maka kemudian keluhan akan mulai masuk dan Anda bisa mengambil dua pilihan, yaitu mengabaikannya atau Anda akan mengakui kesalahan dan mencoba untuk memperbaiki kesalahan tersebut untuk kepuasan pelanggan Anda.  

Layanan pelanggan yang baik akan selalu mengambil pilihan yang kedua.  Mengapa?  Karena dengan menyelesaikan masalah secara cepat dan efisien, maka pelanggan akan merasa bahagia dan akan memberi tahu teman-temannya tentang layanan pelanggan bisnis Anda.  Mengabaikan masalah atau tidak berusaha untuk menyelesaikannya dengan cepat dan memuaskan pelanggan adalah sebuah kesalahan, karena ini akan membuat pelanggan menjadi kecewa. Menurut satu survei, 68% pelanggan akan meninggalkan pemasok mereka jika mereka menghadapi sikap ketidakpedulian ketika menyampaikan masalah mereka.

Sebuah contoh:

Apa Itu Layanan Pelanggan?
image via freepik

Mobil saya tiba - tiba mogok tidak terlalu jauh dari rumah saya.  Saya menelepon bengkel langganan saya dan, tanpa ragu-ragu, mereka menyatakan bahwa mereka akan mengambil mobil saya dan memperbaikinya.  Mereka kemudian menelepon saya pada hari itu juga untuk memberi tahu berapa biaya yang di butuhkan dan apakah saya ingin mereka memperbaikinya.  

Mereka mengatakan bahwa mereka akan membebaskan biaya pengambilan mobil karena tidak terlalu jauh dari rumah Anda (Bintang 1).

Mereka memperbaiki mobil dan memastikan bahwa segala sesuatu yang lain juga baik-baik saja - tanpa adanya biaya tambahan (Bintang no. 2).  

Seminggu setelah perbaikan, mereka menelepon saya untuk bertanya apakah semuanya masih baik-baik saja dan ada hal lain yang bisa mereka lakukan untuk saya (Bintang 3, 4, dan 5).  

Saya sangat puas dengan layanan ini dan telah membeli mobil dari mereka sejak peristiwa itu dan merekomendasikannya kepada teman-teman saya uga.  Bagi saya ini adalah jawaban untuk "apa itu layanan pelanggan?". Tidak ada iklan yang lebih baik untuk pemasok barang atau jasa daripada layanan pelanggan yang hebat.

Itulah ulasan artikel tentang Apa Itu Layanan Pelanggan? Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda.

Post a Comment for "Apa Itu Layanan Pelanggan?"