Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Cara Terbaik Untuk Mendekati Pelanggan? 10 Pendekatan Berbeda untuk Pelanggan

pendekatan-pelanggan

Pelanggan adalah indikator potensi penjualan dan harus diperlakukan dengan hati-hati. Basis pelanggan adalah sumber kehidupan bisnis apa pun karena tanpa penjualan, tidak akan ada keuntungan, yang merupakan tujuan akhir dari setiap bisnis.

Ini adalah aliran berkelanjutan dari konsumen lama dan baru yang memperluas basis klien Anda, membantu perusahaan Anda untuk berkembang, dan memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan Anda. 

Salah satu teknik untuk mendekati klien dan menumbuhkan basis pelanggan Anda adalah dengan menyapa mereka dengan ramah. Para petinggi terus mendorong sikap menyenangkan yang membuat klien merasa diterima karena membangun kepercayaan pada penjual dan, sebagai hasilnya, outlet.

1. Tentukan siapa klien Anda

Sangat penting untuk melakukan penelitian untuk mempelajari lebih lanjut tentang klien target Anda. Sebuah survei bisa sangat berguna dalam mengidentifikasi demografi pengunjung saat ini. Klien seperti apa yang datang ke tempat Anda dan mengapa mereka pergi ke tempat usaha pesaing Anda adalah masalah penting yang harus dijawab.

Ini akan membantu Anda dalam mengidentifikasi strategi baru untuk memperluas basis pelanggan Anda. Sangat mudah untuk mencapai tujuan Anda setelah Anda mengidentifikasi area yang menjadi perhatian Anda. Buat visi yang jelas tentang target konsumen Anda dan dekati mereka dengan dedikasi yang akan membuat mereka setia pada bisnis Anda.

2. Promosi

Iklan merupakan teknik jitu untuk berhubungan dengan calon konsumen. Akan mudah untuk mempelajari tentang suka dan tidak suka klien target Anda setelah Anda mengidentifikasi mereka. Sejak awal, periklanan telah menjadi strategi pemasaran yang populer. Manfaatkan itu.

Untuk memulai, cari peluang iklan gratis seperti situs komunitas, direktori, dan majalah lokal. Gunakan surat kabar, majalah, radio, papan reklame, dan papan pengumuman sebagai media cetak, elektronik, dan media sosial. 

Karena televisi sangat populer, Anda harus menayangkan iklan pada jam tayang utama dan sore hari, ketika pemirsa wanita lebih banyak. Karena Facebook, Twitter, dan Instagram memiliki banyak pengikut, sangat penting untuk menjangkau mereka dengan postingan, iklan, dan informasi produk yang menghibur.

3. Lokasi pamer

Jika Anda ingin berhasil mendekati pelanggan, manfaatkan area tampilan yang tersedia. Buat pesan iklan yang menarik dan informatif. Itu membuatnya mudah untuk menarik perhatian klien. Sebuah toko akan memiliki area tampilan yang ditunjuk dengan manekin berpakaian memadai dan pesan yang menonjol.

Gunakan kendaraan perusahaan Anda dan pasang iklan cetak di sisi dan belakang kendaraan, bersama dengan pesan satu baris. Orang-orang akan melihat pajangan ini karena mereka terbiasa dengan window shopping. Pelanggan secara alami akan berduyun-duyun ke tempat Anda jika pajangan Anda berpakaian bagus dan menarik.

4. Promosi dari mulut ke mulut 

PR dari mulut ke mulut adalah metode yang paling signifikan dan ampuh untuk membangun basis klien yang setia dan mendekati pelanggan.

Jika pelanggan Anda senang dengan barang dan jasa Anda, dia akan langsung mengungkapkan kesetiaannya dengan mengungkapkan kegembiraan dan pujian yang melimpah pada teman dan keluarganya.

Konsumen yang terkesan adalah alat pemasaran gratis dengan banyak bobot di belakangnya. Dia dapat dengan mudah membujuk seseorang untuk membeli dari toko Anda karena dia sudah senang dengan produk dan layanannya. Pertahankan loyalitas klien Anda yang sudah ada, dan klien baru secara alami akan mengikuti.

5. Berikan sampel gratis

Setiap orang senang menerima hadiah gratis, dan yang terpenting adalah mereka mengingat peristiwa dan tujuan menerimanya. Sebagai kegiatan promosi yang sangat baik, dekati klien dengan menawarkan sampel gratis. Acara lokal, mal komersial, dan bisnis swasta adalah lokasi yang ideal untuk hadiah semacam itu.

Jika Anda menjual produk anak-anak, pertimbangkan untuk menggunakan halaman sekolah dan acara olahraga. Menawarkan sampel memberi pembeli kesan yang baik tentang produk dan mendorong mereka untuk membelinya. Dalam bisnis, memberikan layanan gratis akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan.

6. Pahami industri Anda dengan baik

Bagaimana Anda dapat menghubungi klien dan memberi tahu mereka tentang bisnis Anda sampai dan sampai Anda menyadarinya? Temukan dan kumpulkan informasi tentang produk dan layanan organisasi Anda, dan pastikan bahwa semua tenaga penjualan Anda berpengalaman di dalamnya.

Cari tahu item dan layanan yang disukai klien target Anda, serta preferensi orang yang sering mengunjungi situs web pesaing Anda. Ini akan membantu Anda dalam melakukan perbaikan yang memungkinkan pelanggan tersebut mengunjungi toko Anda. Jika konsumen memiliki pertanyaan, karyawan harus dapat merespon dengan cepat. Jika dia mencari jawaban dari orang lain, itu akan meninggalkan citra negatif di benak pelanggan.

7. Tampilkan diri Anda sebagai solusi

Pelanggan akan senang dengan kreativitas Anda jika Anda memposisikan diri Anda sebagai solusi untuk setiap masalah sebelum mendekati mereka. Pelanggan potensial memerlukan alasan kuat untuk beralih kesetiaan dan mulai melakukan pembelian dari Anda, jadi berikan satu dalam bentuk insentif.

Kita semua pada dasarnya berubah-ubah dan akan memikirkan diri sendiri terlebih dahulu, sehingga barang gratis, kesepakatan yang layak, dan layanan yang tidak perlu dipertanyakan dapat dengan mudah mengubah seorang mualaf.

Berikan nilai lebih pada barang dengan memasukkan sesuatu yang ekstra, seperti sikat gigi dan pasta gigi, gula dan tepung, atau layanan mobil gratis dengan mobil. Tunjukkan pengetahuan dan pemahaman Anda tentang kebutuhan pelanggan, dan bersiaplah untuk membantu bila diperlukan. 

Jika Anda menawarkan bantuan kepada seorang wanita tua yang tidak mampu mendorong gerobaknya, Anda akan melihat bahwa semua orang memandang Anda dengan rasa hormat yang baru ditemukan. Ini meningkatkan nilai merek organisasi Anda dan menghasilkan visibilitas yang lebih positif.

8. Tetap berhubungan

Setelah Anda mendapatkan pelanggan, sangat penting untuk tetap berhubungan dengannya agar dia kembali. Pelanggan mungkin didekati dengan menanyakan komentar mereka untuk mendapatkan wawasan tentang pemikiran mereka. Anda bisa memperlakukannya dengan tepat setelah Anda tahu apa yang dia suka dan tidak suka.

Jika pelanggan mencari produk tertentu dan tidak dapat menemukannya, pesan dan beri tahu dia bahwa produk itu sekarang tersedia. Jika memungkinkan, tawarkan dia pilihan pengiriman ke rumah, yang akan meninggalkan kesan positif dan memberi Anda pelanggan yang puas.

9. Bentuk aliansi

Menggabungkan kekuatan dengan individu yang berpikiran sama adalah strategi yang sangat baik untuk mendekati pelanggan untuk perusahaan Anda. Bagian terbaiknya adalah ini akan meminimalkan biaya overhead Anda sekaligus membangun basis konsumen yang kuat. Cari perusahaan yang menawarkan produk atau layanan pelengkap untuk Anda sendiri.

Jika Anda menjual furnitur, misalnya, Anda dapat bermitra dengan perusahaan yang menjual perlengkapan kebersihan, atau jika Anda seorang dealer mobil, carilah perusahaan yang menjual komponen atau bengkel kendaraan. Mempertahankan hubungan positif dengan bisnis akan membantu Anda mendapatkan konsumen baru dan menciptakan kemungkinan baru bagi perusahaan Anda.

Anda berdua dapat mempromosikan bisnis satu sama lain dan merekomendasikan konsumen kepada orang lain secara otomatis. Kartu nama dan selebaran saat ini harus ditukar sehingga dapat dibagikan kepada klien yang tiba di lokasi Anda.

10. Berpartisipasi dalam kegiatan komunitas Komunitas

lokal dapat menjadi sumber klien potensial yang berharga. Anda dapat mendorong karyawan Anda untuk menyumbangkan waktu dan keahlian mereka untuk tujuan amal. Hal ini akan berdampak positif bagi pemikiran masyarakat. Berpartisipasi dalam acara amal atau menjadi sponsor adalah cara lain untuk meningkatkan kesadaran merek di pasar.

Beritanya akan disiarkan ke seluruh dunia, menghasilkan umpan balik yang baik dan persepsi yang baik tentang organisasi Anda. Mengirim siaran pers ke perusahaan penerbitan lokal adalah teknik yang mudah untuk mendekati pelanggan. Ini akan membantu klien menjadi lebih sadar akan merek.

Post a Comment for " Apa Cara Terbaik Untuk Mendekati Pelanggan? 10 Pendekatan Berbeda untuk Pelanggan"