Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perencanaan Kesinambungan Bisnis

Perencanaan Kesinambungan Bisnis

Perencanaan Kesinambungan Bisnis - Tahukah Anda bagaimana caranya agar supaya bisnis dapat terus berjalan meskipun sedang menghadapi masa - masa krisis, keadaan darurat, atau bencana alam? "Business Continuity Planning" memungkinkan kita untuk melakukannya secara efisien.

Ketika datang dan berbicara tentang bisnis (usaha), maka ada banyak hal yang bekerja untuk bisnis dan harus Anda pertimbangkan di tempat pertama.

Hal ini untuk memastikan bahwa bisnis Anda dapat berjalan dengan cara terbaik dan tanpa adanya kerumitan. Nah, di sinilah rencana kelangsungan bisnis datang untuk membantu para profesional dan para pelaku bisnis (usaha).

Jadi, mari kita bahas sedikit tentang rencana kelangsungan bisnis dan bagaimana hal itu dapat membantu sebuah bisnis. Pertama - tama kita akan mulai dengan pengenalan konsep "Business Continuity Planning" agar Anda dapat memiliki gambaran secara lebih komprehensif.

Apakah yang dimaksud dengan Rencana Kesinambungan Bisnis?

Sebelum kita masuk lebih jauh ke bagian detailnya, sangat penting untuk mengetahui persis apa rencana kelangsungan bisnis yang dapat Anda ambil dan lakukan.

Rencana kesinambungan bisnis tertentu hanyalah sebuah dokumen yang akan menguraikan dengan tepat terkait dengan proses di mana bisnis Anda akan terus berjalan ketika ada gangguan dalam layanan perusahaan.

Rencana ini sedikit lebih rinci dan komprehensif, jika dibandingkan dengan rencana lain seperti pemulihan akibat bencana alam dan banyak lagi yang lainnya. Ada detail yang diberikan tentang aset perusahaan, proses bisnis, sumber daya, dan sebagainya.

Jadi, ini pada dasarnya merupakan sebuah dokumen yang menyatakan bagaimana aspek yang berbeda dari perusahaan tertentu akan terpengaruh oleh gangguan layanan tersebut.

Ketika sampai pada isi rencana kesinambungan bisnis tersebut, dapat dikatakan bahwa ada format daftar periksa yang ada dalam rencana tertentu, dan itu akan mencakup detail yang berbeda.

Misalnya, semua cadangan data, peralatan, persediaan, dan lokasi situs lainnya untuk bisnis juga akan disertakan dalam rencana kelangsungan bisnis tertentu. Ada juga beberapa informasi kontak yang disediakan untuk responden darurat perusahaan.

Jadi, di satu sisi, perencanaan kesinambungan bisnis adalah dokumen yang sangat penting yang akan mempengaruhi masa depan perusahaan. Itulah salah satu alasan utama mengapa perusahaan sangat fokus dalam pembuatan rencana ini.

Mari kita pahami mengapa Business Continuity Planning atau Perencanaan Kesinambungan Bisnis sangat penting untuk bisnis Anda dalam uraian berikut ini.

Mengapa Perencanaan Kesinambungan Bisnis Penting

Ketika Anda melakukan Perencanaan Kesinambungan Bisnis, maka itu artinya Anda melindungi bisnis Anda dari berbagai jenis krisis, sehingga penyaluran sukses bisnis Anda tidak terhambat.

Berbagai jenis krisis dimana BCP akan melindungi bisnis Anda, antara lain:

  • Sabotase
  • Serangan Cyber
  • Bencana Alam
  • Tumpahan bahan berbahaya
  • Gangguan listrik dan energi
  • Kegagalan komunikasi
  • Masalah transportasi
  • Kegagalan sektor layanan

Jika Anda memiliki sebuah perusahaan atau sebuah bisnis milik sendiri, maka ini adalah sesuatu yang Anda butuhkan untuk diperhatikan, jika Anda ingin mendapatkan hasil terbaik selama masa krisis.

Salah satu komponen utama dari BCP atau Business Continuity Plan juga mencakup rencana pemulihan pasca bencana. Rencana ini akan memiliki semua strategi yang seharusnya digunakan oleh perusahaan untuk menangani beberapa jaringan TI, server, perangkat seluler, dan komputer.

Jadi, rencana tersebut perlu menutupi semua detail yang akan membawa produk kembali ke perusahaan serta perangkat lunak yang sedang digunakan oleh perusahaan saat ini.

Ini untuk memastikan bahwa kebutuhan dan persyaratan perusahaan dapat dipenuhi dengan cara terbaik tanpa kerumitan jika ada krisis di dekatnya.

3 Aspek Penting dalam Perencanaan Kesinambungan Bisnis

Dalam hal pembuatan rencana kelangsungan bisnis terbaik, terdapat faktor atau aspek-aspek tertentu yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan.

Di sini saya akan memberikan beberapa detail tentang aspek-aspek perencanaan kesinambungan bisnis ini sehingga Anda dapat membuat rencana kesinambungan bisnis tanpa kesulitan.

1. Ketersediaan Tinggi

Salah satu hal terpenting yang perlu dilakukan oleh orang untuk membuat rencana kesinambungan bisnis yang tepat adalah memastikan bahwa mereka menyediakan proses dan kemampuan perusahaan dengan benar.

Ini dilakukan untuk memastikan bahwa bisnis memiliki beberapa akses ke semua aplikasi, untuk memonitor apakah ada beberapa kegagalan yang terjadi atau tidak. Ini tentu merupakan hal yang sangat penting untuk diingat bagi pembuat rencana bisnis.

Beberapa kegagalan dalam proses bisnis memang sangat mungkin terjadi. Juga, mungkin ada beberapa kegagalan dalam perangkat keras serta opsi perangkat lunak, dan perusahaan harus benar-benar siap untuk hal - hal itu.

2. Operasi Berkelanjutan

Ini adalah salah satu hal terpenting yang perlu diingat oleh Anda yaitu ketika mereka membuat perencanaan kelangsungan bisnis untuk perusahaan. Perusahaan harus dapat berjalan ketika terjadi gangguan pada pelayanan perusahaan.

Jadi, orang perlu memastikan bahwa mereka benar-benar menjaga kemampuan perusahaan ketika sedang terjadi krisis. Selain itu, mereka juga perlu memastikan bahwa mereka memiliki beberapa opsi pemeliharaan dan cadangan yang direncanakan dengan baik jika diperlukan nanti.

3. Pemulihan Bencana

Di sini kita akan menguraikan salah satu persyaratan rencana kelangsungan bisnis dengan cara terbaik. Sejujurnya, bencana adalah beberapa hal yang tidak akan dapat dihindari oleh perusahaan dengan cara apa pun.

Ada begitu banyak hal berbeda yang dapat dilakukan perusahaan untuk memastikan bahwa mereka memiliki rencana pemulihan pasca bencana dengan tepat. Hal ini untuk memastikan bahwa perusahaan dapat pulih dengan baik jika terjadi komplikasi dalam pelayanan.

Jadi, ini adalah beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan perusahaan ketika datang untuk membuat perencanaan kesinambungan terbaik untuk bisnis Anda. Pastikan Anda mengingat semua poin penting ini untuk mendapatkan hasil terbaik.

Memahami Tentang Perencanaan Kesinambungan Bisnis 

Bisnis yang saat ini berjalan di industri mungkin menghadapi beberapa kesulitan pada satu titik dalam hidup mereka.

Nah, kesulitan-kesulitan ini bisa jadi hanyalah sebuah masalah kecil, namun bisa berakibat fatal juga. Jadi, perencanaan kesinambungan bisnis adalah sesuatu yang dimaksudkan untuk memberikan bantuan yang diperlukan ketika terjadi bencana besar yang terjadi di perusahaan.

Contoh Business Continuity Planning

Katakanlah ada perusahaan pembiayaan tertentu yang berlokasi di kota besar. Jadi, perusahaan akan dapat membuat rencana kelangsungan bisnis tertentu dengan memastikan bahwa mereka memiliki beberapa cadangan luar biasa yang dapat berisi informasi tentang file klien yang memiliki akun dan folder mereka di perusahaan.

Jadi, jika ada yang salah dengan kantor perusahaan, mereka akan tetap dapat mengakses semua informasi penting dengan cara terbaik, dan tidak akan ada kesulitan dalam melakukan hal itu.

Salah satu hal yang paling penting untuk diketahui tentang perencanaan kelangsungan bisnis adalah bahwa hal itu mungkin tidak akan efektif bila ada populasi yang sangat besar yang terkait dengan perencanaan tersebut.

Dalam kasus seperti itu, perusahaan harus menunggu hingga masa bencana berakhir agar mereka dapat memberikan layanan kepada pelanggan yang membutuhkannya.

Keuntungan Business Continuity Plan

Sekarang Anda pasti bertanya-tanya, mengapa sebenarnya rencana kelangsungan bisnis sangat penting untuk bisnis hari ini. Kita telah menetapkan fakta bahwa rencana kesinambungan bisnis melakukan banyak hal dalam hal mengatasi komplikasi dalam bisnis.

Namun demikian, masih ada beberapa orang yang mungkin sedikit skeptis tentang semuanya.

Jadi, kita akan membahas manfaat memiliki rencana kelangsungan bisnis untuk bisnis (B2B). Saya akan mendorong Anda untuk membaca bagian ini dengan sangat hati-hati, itu jika Anda ingin menutupi semua detail penting dengan pasti.

a. "Bisniss Continuity Plan" memastikan bisnis Anda tidak terhambat setelah krisis

Ada banyak ancaman (threats) yang harus dihadapi perusahaan dalam hal sinkronisasi, operasi bisnis, aplikasi, dan infrastruktur departemen TI.

Untuk mengatasi semua komplikasi dan ancaman ini, maka perusahaan perlu melakukan lebih daripada hanya sekadar memiliki infrastruktur yang andal dan sesuai saja.

Mereka perlu memastikan bahwa mereka dapat melindungi data dengan cara terbaik. Jadi, dengan bantuan rencana kelangsungan bisnis, tugas-tugas tersebut dapat dilakukan dengan cara terbaik dan termudah.

Jika Anda memiliki perusahaan sendiri, maka pentingnya rencana kelangsungan bisnis akan sangat dimengerti bagi Anda.

b. "Business Continuity Plan" memastikan penyaluran bisnis tanpa kerumitan

Ini adalah rencana yang akan memastikan bahwa pertumbuhan bisnis selalu ke arah atas, tidak peduli apakah ada krisis atau tidak.

Perusahaan akan dapat melindungi nama merek, mengingat data, dan mempertahankan pelanggan dan itu juga dengan cara terbaik tanpa masalah. Jadi, rencana ini membantu memastikan bahwa biaya operasional perusahaan dapat dihemat dalam jangka waktu yang lebih lama.

Berikut ini adalah Perencanaan Kesinambungan Bisnis yang efektif, antara lain:

  • Investigasi berbagai jenis organisasi bahaya dan kemungkinan ancaman
  • Rundown prosedur penting yang diperlukan untuk melanjutkan kegiatan bisnis
  • Aksesibilitas yang mudah dari manajemen atau administrasi rincian kontak
  • Klarifikasi ke mana tenaga kerja harus pergi jika ada risiko, bencana, atau ancaman terjadi
  • Detail tentang pencadangan data dan pencadangan situs bisnis
  • Upaya bersama di antara semua aspek bisnis
  • Pelatihan dan pengujian tim kontinuitas

KESIMPULAN

Jadi, hanya itu yang Anda butuhkan untuk mengetahui terkait dengan  "Business Continuity Plan."

Saya berharap artikel ini informatif dan banyak membantu Anda dalam memahami semua tentang rencana dan pentingnya perencanaan kesimanbungan dalam bisnis.

Post a Comment for " Perencanaan Kesinambungan Bisnis"