Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjalankan Wirausaha di Rumah

 

Tips Menjalankan Wirausaha di Rumah

Tips Menjalankan Wirausaha di Rumah - Tidak ada yang salah kalau ingin mencoba wirausaha di rumah. Apalagi, teknologi informasi dengan jaringan internet yang cukup bagus pun tersedia saat ini. 

Tapi, memang ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan untuk melakukan wirausaha di rumah, misalnya keadaan rumah dan lingkungan tempat rumah Anda berada. 

Pertimbangkan pula barang yang akan diperdagangkan serta seberapa luas jaringan pertemanan yang Anda miliki. Mengapa jaringan pertemanan ini penting? Jaringan pertemanan penting untuk menjaring konsumen dan melakukan promosi bisnis Anda.

Ada banyak tips yang harus dilakukan saat akan mencoba bisnis sendiri di rumah. Nah, Berikut ini adalah Tips Menjalankan Wirausaha di Rumah, antara lain:

Pada awal membangun sebuah bisnis, yang pertama dipikirkan adalah komoditi apa yang akan dipasarkan. Lalu pasar potensial yang akan bisa menyerap komoditi yang diperdagangkan. Pasar ini tidak terlepas dari jaring pertemanan.

Ibarat pepatah orang Minang, "Kalau tidak bisa tersenyum, tak usah menjadi pedagang." Artinya, adalah bahwa pebisnis itu harus ramah dan pandai mengambil hati orang. Kalau tidak mempunyai teman yang banyak, jangan berbisnis.

Jika teman sendiri saja tidak mau membeli barang yang dijajakan, biasanya ada yang salah dengan barang tersebut. Bisa jadi barang itu tidak dibutuhkan, terlalu mahal, tidak menarik atau teknik menjajakannya yang kurang baik. Bisnis ini mau tidak mau juga melibatkan emosi.

Tidak jarang seseorang lebih memilih di suatu tempat karena tempat itu milik temannya. Ikatan emosional ini sangat kuat sehingga tidak mengherankan kalau banyak pebisnis yang selalu mencoba mengikat para konsumennya dengan berbagai cara.

Sebelum membuka bisnis di rumah, ada baiknya membicarakan hal itu dengan keluarga. Bisa jadi juga keluarga ini menjadi pembeli pertama. Misalnya, membuat bisnis makanan ringan. Konsumen terbaik adalah keluarga dan tetangga.

Kalau keluarga dan tetangga puas, bisnis bisa dikembangkan ke tempat lain. Bila perlu, membuka cabang khusus. Begitu juga dengan bisnis kue kering. Waktu yang sangat tepat memulai bisnis kue kering ini adalah sebulan atau dua bulan sebelum Ramadhan.

Pada saat itu, orang akan berpikir untuk membeli kue kering atau makanan yang akan disuguhkan di masa lebaran. Bisnis tempat makanan dan inovasi dalam penyajian makanan juga sangat baik dibuka pada waktu sebelum Ramadhan tiba. 

Jangan lupa memberikan makanan yang bisa dicoba. Taman-teman di kantor juga bisa menjadi bagian dari pasar yang bisa dibidik. Apalagi kalau bisnis di kantor ini juga ternyata diminati oleh banyak orang.

Setiap orang menjadi pebisnis wirausaha di rumah, maka mereka bisa saja melakukan barter barang. Jangan takut mencoba. Jaringan pertemanan yang mungkin tidak terlalu banyak pun akhirnya harus ditingkatkan demi mendapatkan konsumen yang lebih luas.

Tidak jarang orang yang tadinya pendiam, setelah mempunyai bisnis, ia menjadi sangat terbuka dan pandai berbicara. Satu hal yang harus dipertahankan dari awal adalah bahwa berbisnis ini harus jujur.

Memelihara kepercayaan dengan kejujuran itu tidak mudah. Sering kali karena satu dan lain hal akhirnya berbuat curang. Sekali melakukan kecurangan, akan sangat sulit mendapatkan kepercayaan dari konsumen. 

Rasa percaya ini adalah emosi yang cukup mendalam. Banyak bisnis bangkrut dalam sekejap karena kecurangan yang dilakukan oleh pemiliknya.

Itulah ulasan tentang tips menjalankan wirausaha di rumah, semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi Anda.

Post a Comment for " Tips Menjalankan Wirausaha di Rumah"