Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Wirausaha - Mengawali Bisnis Kuliner dari Rumah

 

Tips Wirausaha - Mengawali Bisnis Kuliner dari Rumah

Salah satu jenis bisnis (usaha) yang dapat diawali dari rumah Anda ialah bisnis kuliner. Anda bisa memulainya dengan cara menjual kue-kue buatan Anda sendiri atau bahkan juga menyediakan layanan katering kepada konsumen setia Anda. 

Sebelum Anda mengawali bisnis kuliner Anda, sangat penting untuk membaca panduan simpel berikut ini agar pengetahuan Anda semakin luas.

Berikut ini adalah tips mengawali bisnis kuliner dari rumah Anda, antara lain:

1. Ketahui dengan baik tentang produk yang Anda jual

Sebelum mengawali segala sesuatunya, Anda tentu saja perlu untuk memahami produk yang Anda jual  dengan baik agar dapat menghasilkan uang. 

Sebagai langkah awal ialah mengklasifikasi tipe makanan yang akan Anda jual. Misalkan saja Anda berminat untuk menjalankan bisnis dessert, yang tentu saja masih terlampau luas cakupannya dalam kategori bisnis makanan. 

Maka supaya Anda dapat menjangkau konsumen Anda secara lebih spesifik seharusnya cakupannya diperkecil kembali menjadi cake, kue kering ataupun pie.

2. Dalami tren dan punyai ciri khas produk Anda

Anda pun perlu mempelajari kembali tren makanan yang ada sekarang ini. Bila tren sekarang ini ialah pancake, maka bisa saja Anda membuka usaha pancake, akan tetapi tetap harus ada ciri unik yang membedakan produk Anda dengan produk saingan Anda. Dalam masalah ini Anda dituntut mempunyai ide dan kreasi Anda sendiri.

3. Mencari lokasi (posisi) bisnis yang tepat

Tempat (lokasi) bisnis Anda memiliki peranan yang cukup penting dan vital, artinya sebisa mungkin bisnis Anda berlokasi di tempat yang mudah dikenali, gampang dicapai, dan mempunyai tempat parkir kendaraan yang ideal dan aman.

Kesemuanya itu akan menunjang kepuasan dari konsumen setia Anda. Bilamana konsumen Anda merasa puas dengan pelayanan dan lokasi Anda maka mereka akan merekomendasikannya kepada teman dan kolega mereka.

4. Tetapkan harga

Harga merupakan sebuah hal yang sangat relatif, usahakan untuk penetrasi pertama Anda, harga murah ialah langkah yang baik walau tidak mutlak karena yang lebih diterima ialah yang sesuai dengan apa yang konsumen setia peroleh. 

Harga yang mahal walaupun berada di lokasi yang sangat baik dan menu yang paling spesial hanya akan mengundang perhatian kelompok atau kalangan terbatas dan kemungkinan untuk sekali itu saja. Jadi, penetapan harga akan sangat penting untuk kelancaran bisnis kuliner Anda.

5. Standarisasi resep

Untuk mengawali bisnis makanan (kuliner) yang laku, Anda harus mempunyai resep unggulan yang sudah diuji-coba sebelumnya. Resep ini harus juga ada standarisasinya, Anda dapat meminta keluarga paling dekat Anda untuk melakukan eksperimen terhadap resep yang Anda punya tersebut. 

Tetapi harus selalu diingat bahwa resep tersebut jangan sampai bocor ke orang luar, karena kelak akan dapat diikuti oleh saingan Anda.  Dalam hal ini Anda juga harus mempunyai bumbu rahasia yang membandingkannya dari resep lain yang dimiliki oleh saingan Anda.

6. Kualitas pelayanan (servis pelanggan)

Kualitas pelayanan atau servis pelanggan Anda adalah elemen utama yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Konsumen setia ialah raja dan ini masih tetap berlaku di bisnis kuliner. 

Bahkan kita juga sering melihat di suatu tempat makan, si pemilik tidak enggan-segan untuk menegur tamu dan bertanya apa yang dibutuhkan atau mengganti hidangan yang tidak sesuai dengan dengan pesanan mereka. 

Untuk melayani konsumen setia Anda, salah satunya Anda dapat mengaplikasikan zoning meja yang masing-masing nona ada penanggung jawab yang professional sampai selesainya kunjungan tamu di tempat Anda.

Itulah ulasan singkat mengenai tips wirausaha mengawali bisnis kuliner dari rumah Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan berguna untuk Anda.

Post a Comment for "Tips Wirausaha - Mengawali Bisnis Kuliner dari Rumah"