Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Konsep Penjualan

 

Pengertian Konsep Penjualan

Selama berlangsungnya Perang Dunia II, industri dunia telah bersiap untuk mempercepat produksi pada masa perang. Ketika perang usai, mesin industri yang terstimulasi ini beralih ke memproduksi produk konsumen. 

Pada pertengahan tahun 1950-an, pasokan mulai melebihi permintaan di banyak industri. Bisnis harus berkonsentrasi pada cara bagaimana menjual produk mereka. 

Banyak teknik penjualan seperti penutupan, pemeriksaan, dan kualifikasi semuanya dikembangkan selama periode ini dan departemen penjualan memiliki posisi yang tinggi dalam struktur organisasi perusahaan.

Konsep Penjualan mengusulkan bahwa pelanggan, baik individu atau organisasi tidak akan membeli cukup banyak produk kecuali mereka dibujuk untuk melakukannya melalui upaya penjualan. Jadi organisasi harus melakukan penjualan dan promosi produk mereka untuk keberhasilan pemasaran. 

Konsumen biasanya lambat dan mereka perlu terpancing untuk membeli dengan mengubah kebutuhan mereka menjadi motif pembelian melalui persuasi dan tindakan penjualan.

Pendekatan ini berlaku dalam kasus barang yang tidak dicari seperti asuransi jiwa, penyedot debu, peralatan pemadam kebakaran termasuk alat pemadam kebakaran. Industri-industri ini terlihat memiliki jaringan tenaga penjualan yang kuat. 

Konsep ini berlaku untuk perusahaan yang memiliki kapasitas berlebih di mana tujuan mereka adalah menjual apa yang mereka hasilkan daripada apa yang benar-benar diinginkan oleh pelanggan.

Dalam situasi pemasaran modern, pembeli memiliki keranjang untuk dipilih dan pelanggan juga diberi makan dengan intensitas penayangan iklan yang tinggi. Begitu sering ada kesalahpahaman bahwa pemasaran adalah semua tentang penjualan. 

Masalah dengan pendekatan ini adalah bahwa pelanggan pasti akan membeli produk setelah dibujuk dan jika tidak puas tidak akan berbicara dengan orang lain. Pada kenyataannya ini tidak terjadi dan perusahaan yang mengejar konsep ini sering gagal dalam bisnis.

Konsep penjualan didasarkan pada premis bahwa pelanggan tidak akan membeli barang atau jasa dari merek Anda kecuali Anda melakukan kegiatan promosi dalam skala besar. 

Bisnis dan perusahaan harus, melakukan jenis kampanye ini sehingga mereka dapat menjangkau pelanggan mereka lebih cepat dengan produk baru di pasar dengan mendorong permintaan untuk barang-barang tersebut sebelum orang lain memiliki waktu untuk melakukannya sendiri.

Ini penting bukan hanya karena akan membantu mereka menjual lebih banyak produk tetapi dengan melakukan jenis ini bekerja dengan baik terlebih dahulu, yang berarti begadang setiap malam bekerja tanpa lelah sampai dini hari untuk memastikan persaingan yang lebih sedikit secara keseluruhan sambil juga memberikan insentif seperti hadiah di luar kantong pesaing. 

Konsep penjualan sangat berguna untuk semua jenis barang, tetapi konsep ini bersinar dalam kasus barang yang tidak dicari seperti asuransi. 

Langkah pertama adalah menentukan segmen target Anda dan kemudian Anda dapat membujuk mereka dengan menjelaskan semua manfaatnya. Ini akan mengarah pada peningkatan tidak hanya satu margin laba bersih tetapi banyak.

Karakteristik Utama dari Konsep Penjualan

Pengertian Konsep Penjualan

Lingkaran dalam perusahaan adalah tempat dimana bisnis dan perusahaan dapat pergi ketika mereka perlu melakukan perubahan. Ini memberi mereka dukungan dari anggota lain, serta panduan tentang cara terbaik menangani masalah apa pun yang muncul dalam operasi sehari-hari atau budaya perusahaan mereka.

Bisnis adalah entitas yang terlibat dalam pertukaran barang dan jasa. Keberhasilan sebuah perusahaan tergantung pada berapa banyak orang yang datang melalui pintu mereka, apakah mereka orang dewasa atau anak-anak, selama Anda dapat menjual sesuatu kepada mereka, dan itu tidak menjadi masalah.

Ketika volume penjualan meningkat, begitu juga profitabilitas Anda.

Konsep pemasaran di mana Anda menetapkan harga produk Anda berdasarkan biaya paling menguntungkan bila ada lingkungan bisnis yang kompetitif. 

Dalam hal ini, akan membantu untuk berorientasi jangka pendek dan kurang fokus pada kesuksesan jangka panjang demi pertumbuhan serta tidak terjebak dalam aspek lain seperti keuangan atau keputusan personel yang dapat menyebabkan komplikasi di kemudian hari yang dapat mengalihkan perhatian. Apa yang perlu dilakukan sekarang adalah menghasilkan uang.

Pentingnya Konsep Penjualan

Fokus pada konsep penjualan lebih pada meyakinkan pelanggan untuk membeli produk tanpa mengetahui kebutuhan mereka dan meningkatkan transaksi penjualan daripada membangun hubungan dengan klien. 

Idenya bekerja di bawah asumsi yang buruk bahwa jika Anda dapat memasukkan seseorang ke toko Anda, mereka akan menyukai semua yang ada di sana tidak peduli apa itu karena semua orang pada akhirnya melupakan atau melupakan sesuatu, jadi mari kita jual barang saja.

Pro dan Kontra Konsep Penjualan 

Kelebihan Konsep Penjualan

1. Peningkatan penjualan

Filosofi pemasaran jenis ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan volume penjualan perusahaan Anda. Ketika persaingan menjadi terlalu ketat, akan sulit bagi usaha kecil seperti milik Anda untuk berkembang dalam industri yang terus berkembang.  

Tetapi ini tidak berarti Anda harus putus asa! Ada banyak strategi, taktik, dan pendekatan di luar sana yang akan membantu memastikan pelanggan kembali lagi sambil juga mengurangi pengeluaran bobot mati dengan memangkas sumber daya yang tidak dibutuhkan dari anggaran sehingga lebih sedikit uang yang terbuang setiap tahun, tanpa mengurangi kualitas atau keunggulan layanan (yang berarti orang yang lebih bahagia).

2. Fokus pada penjualan dan pemasaran

Sebagian besar perusahaan yang menjual produk kepada masyarakat umum mencoba memasaknya pada saat yang bersamaan. 

Jika sebuah perusahaan tidak mengikuti konsep ini, pikiran pelanggan mereka tidak akan pernah berubah sehingga mereka selalu membeli merek yang sudah mapan daripada mencoba yang baru dari toko atau situs web lain.

3. Tidak ada masalah stok yang tidak terjual

Ide penjualan dan pemasaran adalah memaksimalkan pendapatan dengan menjual produk sebanyak mungkin tanpa mempertimbangkan kebutuhan atau keinginan konsumen. 

Akibatnya, ini memaksimalkan keuntungan perusahaan sambil meminimalkan tingkat stok yang tidak terjual yang berarti mereka memiliki lebih banyak dana yang tersedia untuk kegiatan lain seperti produksi atau manufaktur dan sebagainya, dan itu memberi mereka keunggulan dalam persaingan di dunia bisnis saat ini.

4. Tempat fokus pada penjualan

Konsep penjualan membimbing klien mereka untuk membeli apa yang mereka jual telah ada sejak zaman kuno. Ide ini dapat dilihat di banyak agama, di mana dewa atau para dewa akan mengirim utusan malaikat dengan kabar baik untuk semua manusia di bumi.

Meskipun ini terdengar gila hari ini, faktanya perusahaan modern menggunakan teknik yang sama tetapi daripada meminta satu orang melakukan peran ini sendiri, sering kali ada karyawan yang disebut "konsultan penjualan" yang akan mengetuk pintu dan sebagainya mencoba mendapatkan pembeli potensial ke toko Anda.

5. Memandu upaya periklanan

Periklanan bisa sangat efektif dalam mengarahkan pelanggan ke manfaat produk Anda dan mengapa mereka harus membeli, tetapi penting juga bagi pemasar untuk tidak melupakan bagaimana konsep periklanan memandu proses ini. 

Tujuan periklanan dibuat agar ketika suatu barang dijual atau calon konsumen menemukan satu di rak tanpa iklan di sekitar tema memberikan instruksi yang jelas tentang apa yang perlu dilakukan selanjutnya untuk membeli sesuatu daripada hanya melihat apakah ada sesuatu yang layak dibeli atau tidak.

6. Kosongkan persediaan

Alasan perusahaan perlu menerapkan konsep penjualan adalah karena mereka memiliki terlalu banyak produk atau ingin mengurangi persediaan. 

Penjualan akhir tahun biasa terjadi di industri seperti penjualan mobil, di mana tujuannya biasanya mencakup menarik perhatian dari pelanggan yang mungkin tidak mempertimbangkan untuk membeli apa yang ditawarkan pada waktu itu melalui kampanye iklan terfokus yang ditargetkan kepada calon pembeli seperti Anda.

Kekurangan Konsep Penjualan

1. Abaikan kebutuhan pelanggan

Kelemahan utama dari konsep ini adalah dapat menghindari fokus pada apa yang diinginkan pelanggan. Perusahaan hanya berfokus pada penjualan produk mereka, jadi mereka mungkin tidak memberikan nilai uang yang menyeluruh kepada klien dalam hal layanan yang ditawarkan dan keinginan yang dipenuhi oleh konsumen di berbagai industri di seluruh masyarakat pada umumnya .

2. Abaikan umpan balik dan ulasan pelanggan

Menurut konsep ini, perusahaan tidak memperhatikan umpan balik dan ulasan pelanggan. Ini adalah kesalahan besar karena mereka dapat meningkatkan produk mereka dengan masukan pelanggan yang akan menghasilkan lebih banyak publisitas positif tentang mereka di saluran media sosial seperti Facebook atau Twitter di mana orang-orang online seperti rata-rata orang menelusuri majalah hari ini.

Mereka ingin kita semua terhubung tetapi terkadang kita membutuhkan sentuhan manusiawi dari seseorang yang tahu apa yang dia bicarakan sehingga akan menjadi masalah jika ada sesuatu yang dikatakan negatif terhadap Anda sebelum membeli barang secara online tanpa sepengetahuan tangan pertama.

3. Fokus jangka pendek

Agar perusahaan tetap bekerja dan bertahan, mereka perlu menyelesaikan stok mereka. Satu-satunya cara yang bisa terjadi adalah jika tidak ada arus kas masuk selama setidaknya enam bulan, jadi ini memberi semua proyek kami waktu untuk menghasilkan pendapatan atau menjadi menguntungkan sekali lagi.

Contoh Konsep Penjualan

Perusahaan Asuransi 

Agen asuransi mengikuti konsep yang berbeda dari menjual produk, yang baik untuk semua orang dan semua orang harus membeli asuransi. 

Mereka hanya fokus pada peningkatan apa yang Anda beli karena dengan cara itulah mereka bisa mendapatkan komisi atau keuntungan di industri ini. Jadi penting tidak hanya untuk memiliki jumlah yang tepat tetapi juga saat kebutuhan Anda berubah.

Rencana Pemakaman Prabayar

Gagasan bahwa tidak ada yang abadi mungkin mengejutkan bagi sebagian orang, tetapi masuk akal jika Anda menyadari berapa banyak waktu yang kita habiskan di bumi. Kita perlu merencanakan pemakaman kita sebelum selamanya karena kematian akan terjadi pada akhirnya. Jadi mengapa tidak mulai sekarang? 

Tidak peduli apa keyakinan atau agama yang dimiliki seseorang, masih ada pilihan yang tersedia untuk membuat pengaturan akhir mereka tanpa pertanyaan. Tantangan terbesar yang dihadapi oleh semua agama mengenai masalah ini adalah memutuskan di mana tepatnya kita akan mati dan kapan waktunya.

Menjual Ensiklopedia

Tidaklah mengherankan bahwa ensiklopedia akan menjadi hadiah yang sempurna bagi siapa saja yang memiliki rumah dan keluarga. 

Anda tidak pernah tahu kapan Anda mungkin perlu mencari sesuatu di perpustakaan lokal Anda, tetapi senang mengetahui ada buku yang siap menunggu untuk kesempatan ini.

Penjual ensiklopedia memanfaatkannya dengan memasarkannya sebagai barang mewah dengan harga tinggi karena daya tahannya jika disimpan dengan baik, bahkan melalui bencana alam seperti banjir atau kebakaran.

Penjualan dari Pintu ke Pintu

Penjual datang ke pintu Anda, berusaha keras tidak hanya untuk meyakinkan Anda tetapi juga mendapatkan penjualan dari Anda. Mereka menginginkan produk mereka ada di setiap rumah karena mereka tahu bahwa setiap orang pada akhirnya memiliki kebutuhan dan keinginan ini, tidak peduli siapa kita atau dari mana kita berasal.

Tip Konsep Penjualan

Bayangkan kembali detail

Sebuah produk lebih dari sekedar fungsinya. Itulah yang dapat Anda lakukan dengannya dan bagaimana perasaan orang-orang ketika mereka juga memilikinya dalam hidup mereka.

Daripada berkonsentrasi pada detail teknis, penjual harus fokus pada penjualan emosional dengan menggambarkan produk menggunakan kata-kata yang membuatnya terdengar seperti teman yang menyenangkan bagi semua orang yang melihat atau menggunakan hal baru ini bersama-sama.

Tekankan fungsi atau kemampuan

Pastikan untuk fokus pada manfaat pelanggan dan bagaimana mereka tidak dapat hidup tanpanya. Jelaskan risiko tidak membeli produk Jika Anda tidak akan membeli produk ini, beritahu pelanggan Anda apa yang mungkin mereka lewatkan.

Ini adalah posting blog tentang konsep penjualan. Poin utamanya adalah memahami cara kerja otak orang, tips penjualan neuroscience dapat digunakan dalam pemasaran digital dan apakah Anda sudah mencoba salah satu prinsip neuroscience ini?

Demikianlah ulasan artikel terkait dengan pengertian konsep penjualan. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for "Pengertian Konsep Penjualan"