Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Strategi Promosi Penjualan Online

Strategi Promosi Penjualan Online

Pada kesempatan kali ini, saya akan menulis sebuah artikel yang membahas tentang strategi promosi penjualan online. Artikel ini saya tulis dengan harapan dapat memberikan pemahaman kepada pembaca tentang Strategi Promosi Penjualan Online. 

Tujuannya adalah agar Anda, sebagai pembaca, menghargai bagaimana Internet dapat digunakan untuk tujuan melakukan promosi penjualan. 

Definisi Promosi Penjualan

Promosi penjualan adalah serangkaian teknik pemasaran taktis, yang dirancang dalam kerangka pemasaran strategis, untuk menambah nilai pada produk atau layanan, untuk mencapai tujuan penjualan dan pemasaran tertentu. Pada dasarnya apa yang Anda lakukan adalah membujuk calon pelanggan untuk membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Sebelum melakukan tugas promosi penjualan, Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

Apa tujuan promosi penjualan? 

Ini akan membantu Anda merancang kampanye yang paling tepat untuk tugas tersebut.

Bagaimana kesesuaiannya dengan Rencana Bisnis atau Pemasaran? 

Dengan mengetahui tujuannya, Anda dapat dengan cepat melihat bagaimana hal itu berdampak pada bisnis atau rencana pemasaran. pastikan tidak ada konflik yang terjadi.

Berapa biaya promosinya? 

Anda juga harus memiliki pemahaman tentang berapa biaya promosi penjualan yang dibutuhkan, tidak ada gunanya memulai kampanye jika biayanya lebih besar daripada hasil yang diproyeksikan.

Bagaimana pengaruhnya terhadap Merek? 

Jenis merek tertentu lebih terbuka untuk dilakukan promosi penjualan. Merek mewah memiliki persyaratan yang sangat spesifik (penjualan dan diskon yang konstan akan merusak citra mereka).

Anda juga harus ingat bahwa ada sejumlah aturan dan regulasi yang terkait dengan promosi penjualan. Seperti misalnya di Inggris, aturan promosi penjualan berlaku untuk promosi konsumen dan perdagangan, skema insentif dan elemen promosi sponsor, mereka mengatur sifat dan administrasi promosi. 

Definisi Penjualan Online 

Penjualan online adalah penjualan barang, produk atau jasa melalui saluran online, lingkungan internet.

Membuat penjualan online adalah cara yang fantastis untuk menghasilkan uang. Ini akan memungkinkan Anda mendapatkan uang tunai dari kenyamanan rumah Anda, sekaligus mengurangi biaya overhead secara drastis. 

Ada banyak hal yang bisa Anda jual secara online. Anda bisa menjual produk digital seperti ebook atau produk afiliasi. Namun, model bisnis yang paling umum bagi banyak orang adalah mendirikan toko e-commerce. Kabar baiknya adalah Anda dapat melakukannya dengan sangat mudah.

Strategi Promosi Penjualan Online

Strategi Promosi Penjualan Online

1. Promosi Harga dan Nilai

Promosi harus berupa pengurangan harga asli atau peningkatan volume yang diterapkan untuk jangka waktu tertentu. Bisnis Anda harus mengatakan kapan penawaran berakhir atau "tergantung ketersediaan barang". Anda harus memastikan bahwa Anda memperkirakan permintaan penawaran seakurat mungkin.

Promosi harus selalu jelas dan tidak menyesatkan. Perbandingan dengan harga atau jumlah reguler harus ditandai dengan jelas dan tidak boleh ambigu. 

Misalnya, apakah konsumen mendapatkan volume 20% lebih banyak atau volume yang sama dengan biaya 20% lebih sedikit? Barang tersebut harus memiliki kualitas dan ukuran yang sama dengan barang dengan harga normal.

2. Pengurangan Harga

Jika bisnis Anda membandingkan harga produk dengan harga sebelumnya atau biasanya (termasuk untuk volume promosi), maka harga sebelumnya seharusnya merupakan harga terbaru yang tersedia selama 28 hari berturut-turut atau lebih dan perbandingan tidak boleh dilakukan dengan harga yang terakhir ditawarkan lebih dari enam bulan yang lalu. 

Bisnis Anda kemudian dapat mengurangi harga jual lebih lanjut jika Anda mau, selama Anda menyebutkan harga sementara.

Bisnis Anda tidak boleh menyarankan penjualan untuk jangka waktu yang lebih pendek dari yang Anda inginkan. Namun, Anda dapat memperpanjang periode penjualan jika Anda mengumumkan dengan jelas bahwa itu adalah perpanjangan.

Pemberitahuan yang mengatakan, misalnya, “diskon hingga 50%” hanya dapat digunakan jika pengurangan maksimum yang dikutip berlaku untuk setidaknya 10% dari rangkaian produk yang ditawarkan.

3. Kompetisi

Kompetisi atau lebih khusus pengundian hadiah adalah skema di mana hadiah dialokasikan secara kebetulan tetapi tidak ada biaya masuk. 

Di kawasan Inggris Raya, bisnis Anda akan diizinkan untuk meminta pembelian sebagai syarat masuk, tetapi harga produk tidak dapat dinaikkan untuk menutupi biaya promosi, jika tidak, undian akan dianggap sebagai lotre. Bisnis Anda dapat membatasi masuknya individu yang menerima persyaratan tertentu.

Jika undian terbuka untuk semua, peluang keberhasilan harus sama untuk semua orang terlepas dari bagaimana mereka masuk dan alokasi hadiah harus secara kebetulan.

Setelah Anda puas bahwa Anda tidak melanggar batasan yang saya soroti di atas, Anda dapat memulai proses promosi penjualan. Anda akan melihat dari tabel di bawah ini bahwa proses promosi penjualan online lebih komprehensif daripada cara tradisional. 

Bergantung pada merek yang dipermasalahkan, Anda mungkin ingin mengembangkan rencana yang menggabungkan keduanya.

Setelah Anda menetapkan tujuan dan memastikan bahwa tujuan tersebut akan berjalan sesuai dengan persyaratan undang-undang, maka selanjutnya Anda dapat memulai kampanye. 

Penting sekarang untuk mengilustrasikan perbedaan antara promosi penjualan tradisional dan digital, daftar dibawah ini mengilustrasikan beberapa metode, praktik, dan proses umum yang digunakan di setiap arena:

  • Situs web
  • Email Pemasaran
  • Optimasi Mesin Pencari
  • Pasar Digital & Pemasaran Afiliasi
  • Kartu Loyalitas Pelanggan
  • Media Sosial

Daftar ini sama sekali belum lengkap, ini menunjukkan bahwa ada lebih banyak opsi digital. Meskipun artikel ini tentang promosi online, saya harus menekankan bahwa prosesnya harus terintegrasi. 

Sekarang mari kita lihat lebih dekat beberapa proses promosi penjualan digital. Saya hanya akan memberi Anda gambaran singkat tentang hal-hal yang menurut saya paling penting.

Situs Web

Saat ini jika Anda ingin sukses, Anda memerlukan situs web untuk mempromosikan merek Anda dan semua penawarannya. Idealnya Anda akan memiliki situs sendiri.

Situs web ini memberi Anda platform yang ideal untuk memberitahu pelanggan apa yang sedang terjadi. 

Contoh di bawah ini dari Zara: 

Perhatikan bagaimana pesan penjualan sesuai dengan citra merek. Anda harus menggunakan situs web untuk juga mendapatkan detail kontak (alamat email, dan sebagainya): minta pelanggan Anda mendaftar untuk penawaran terbaru.

Sama seperti outlet fisik, website retail tidak boleh statis. Perlu terus berubah (dengan penawaran dan informasi menarik). ini akan membantu membawa pengguna kembali ke situs.

Email Pemasaran

Email Pemasaran adalah suatu bentuk pemasaran langsung, dan merupakan cara lain yang baik untuk memberitahu pelanggan tentang promosi penjualan. Seperti disebutkan diatas, Anda perlu mendorong pengguna untuk 'mendaftar' untuk menerima pembaruan. Anda dapat melakukan ini melalui situs web Anda atau bahkan situs media sosial.

Jika Anda memiliki situs web ritel maka Anda juga ingin terlibat dalam periklanan web. Ada banyak format, Anda dapat membuat spanduk (horizontal), iklan pencakar langit (vertikal) atau iklan pop-up (muncul di tengah layar). 

Ada juga pilihan untuk menggunakan salah satu fasilitas iklan dari banyak platform media sosial yang ada di luar sana.

Optimasi Mesin Pencari

Search Engine Optimization (SEO) adalah proses yang meningkatkan posisi Anda di peringkat halaman mesin pencari. Ini adalah proses yang sulit, tetapi pendorong utama untuk sukses. 

Pada akhirnya ini semua tentang konten: Saya memang menghasilkan artikel yang lebih mendalam tentang SEO beberapa tahun yang lalu tetapi perlu diperbarui. 

Tak perlu dikatakan jika Anda tidak berada di halaman pertama, Anda harus mempertimbangkan proses 'Bayar Per Klik' (PPC) (bentuk lain dari iklan web). 

Anda juga harus ingat untuk mewakili bisnis Anda di Google (atau mesin pencari pilihan Anda), maksud saya memastikan lokasi diketahui. 

Ini juga penting untuk pencarian seluler (bahkan pencarian melalui desktop akan menggunakan alamat IP untuk mengajukan jawaban yang paling relevan untuk Anda). 

Pasar Digital dan Pemasaran Afiliasi

Di Amerika Serikat, platform seperti ebay dan Amazon (pasar digital) dapat digunakan untuk melengkapi proses ritel mereka (terutama jika itu adalah organisasi kecil).

Kartu Loyalitas Pelanggan 

Kartu loyalitas pelanggan telah ada sejak lama. Mereka dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam proses digital. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan gambaran mendalam tentang perilaku pelanggan Anda. Informasi ini kemudian dapat digunakan untuk mengirim informasi promosi tertentu ke segmen tertentu.

Media Sosial

Anda dapat melibatkan dan memperbarui pelanggan tentang promosi penjualan di media sosial. Ada sejumlah aplikasi yang bahkan memungkinkan Anda menjual melalui platform media sosial.

Opsi digital memiliki sejumlah manfaat utama, antara lain:

  • Dapat dengan mudah mengidentifikasi segmen pasar yang dibutuhkan
  • Murah (relatif)
  • Mampu Geo-Target
  • Interaktif
  • Reaktif
  • Terukur
  • 24/7

Saya berpendapat bahwa yang terbesar adalah kenyataan bahwa itu dapat diukur: ini akan memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi saluran mana yang harus Anda fokuskan pada upaya Anda. Itu menyimpulkan wawasan singkat tentang Strategi Promosi Penjualan Online ini. 

Demikianlah ulasan artikel tenang Strategi Promosi Penjualan Online. Semoga berguna dan bermanfaat.

Post a Comment for " Strategi Promosi Penjualan Online"