Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Promosi Penjualan: Definisi, Pengertian dan Tujuan

Promosi Penjualan: Definisi, Pengertian dan Tujuan

Pengertian Promosi Penjualan

Alat yang paling penting digunakan dalam penjualan adalah promosi penjualan. Sebagian besar konsumen menghubungkan ide tentang pemasaran dengan penggunaan teknik promosi penjualan. Bentuk lainnya adalah periklanan, dan penjualan pribadi. 

Periklanan membawa pembeli ke arah produk, sedangkan promosi penjualan membawa produk ke arah pembeli.

Secara etimologi, kata 'promosi' berasal dari kata Latin “Promovere“, yang artinya bergerak maju atau mendorong sebuah ide. Promosi penjualan adalah elemen penting dari bauran promosi. Tujuan umum dari promosi penjualan adalah untuk meningkatkan penjualan produk.

Definisi Promosi Penjualan

Berikut ini adalah beberapa definisi tentang promosi penjualan, antara lain:

Menurut American Marketing Association

Penjualan adalah “Kegiatan yang melengkapi penjualan pribadi dan periklanan, mengkoordinasikannya dan membantu membuatnya lebih efektif”.

Menurut AHR Delens

Promosi penjualan berarti setiap langkah yang diambil untuk tujuan memperoleh atau meningkatkan penjualan.

Dari definisi di atas kita dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa promosi penjualan adalah alat pemasaran untuk merangsang permintaan akan suatu produk.

Promosi Produk dan Penjualan

Promosi Penjualan: Definisi, Pengertian dan Tujuan

Bidang lain di mana promosi seringkali diterapkan adalah di bidang pemasaran. Dalam pemasaran, merek, perusahaan, produk, atau layanan menggunakan promosi untuk meningkatkan atau meningkatkan persepsi aset yang dipromosikan dan meningkatkan penjualan. 

Strategi promosi menjalankan keseluruhan, mulai dari kupon hingga penjualan "dua untuk" (beli satu, dapatkan yang kedua gratis) hingga penurunan harga langsung atau diskon.

Promosi penjualan dilakukan melalui media online seperti platform media sosial, komunikasi digital seperti SMS selular, media cetak seperti koran, atau di lokasi fisik seperti toko ritel. Cara lain untuk mempromosikan bisnis atau produk termasuk dari mulut ke mulut, kartu nama, dan selebaran.

Contoh Promosi Produk

Beberapa bulan atau minggu sebelum anak-anak kembali ke bangku sekolah, para pengecer sering menggunakan promosi produk untuk menarik pembeli ke pasar yang kompetitif. Misalnya, Target menawarkan kupon kepada guru senilai 15% untuk perlengkapan sekolah pada Juli 2021.

Liburan adalah waktu lain dalam setahun ketika promosi produk berjalan dengan lancar, dan penjualan serta penawaran mempromosikan produk di banyak sektor ritel mulai dari makanan hingga mode baju terbaru.

Tujuan Promosi Penjualan 

Promosi penjualan menjamin tujuan - tujuan sebagai berikut:

1. Jembatan antara periklanan dan penjualan pribadi

Promosi penjualan terdiri dari kegiatan-kegiatan selain penjualan pribadi, periklanan dan publisitas. Ini berfungsi sebagai jembatan antara penjualan pribadi dan periklanan.

2. Pengenalan produk baru

Alat promosi penjualan dapat membantu memperkenalkan produk baru Anda di pasar. Kegiatan promosi akan mendorong pembeli untuk membeli produk baru. Sampel gratis dibagikan atau uang atau tunjangan barang dagangan ditawarkan kepada dealer untuk menyimpan dan menjual produk baru.

3. Menarik pelanggan baru

Promosi penjualan bertujuan untuk merayu pelanggan baru. Perangkat promosi penjualan di tingkat konsumen meliputi Kupon, sampel produk, memberikan demonstrasi tentang produk, mengorganisir kontes, menawarkan pengembalian dana, menawarkan uji coba gratis, dan sebagainya. Ini akan merangsang pelanggan untuk melakukan pembelian secepatnya, bahkan di tempat tersebut.

4. Mendorong pelanggan saat ini untuk membeli

Promosi penjualan akan mendorong pelanggan saat ini untuk membeli lebih banyak produk. Metode promosi penjualan bekerja lebih cepat daripada iklan. 

Selain itu, materi promosi penjualan dapat membuat upaya salesman menjadi lebih produktif. Ini memungkinkan konsumen untuk mengetahui lebih banyak tentang produk, bahan dan kegunaannya.

5. Meningkatkan penjualan selama off season

Beberapa produk bersifat musiman. Setelah musim berakhir, mereka tidak diperlukan lagi. Promosi penjualan digunakan untuk mempertahankan minat pelanggan pada produk selama musim sepi. Insentif jangka pendek yang ditawarkan kepada pembeli dapat merangsang penjualan.

6. Mendorong pembeli bisnis

Pedagang grosir dan pengecer membeli barang untuk dijual kembali. Kegiatan promosi dilakukan untuk menarik pengecer dan grosir agar lebih banyak membeli stok produk. 

Tunjangan display dan iklan diberikan kepada dealer sebagai kompensasi atas ruang yang diberikan untuk display produk manufaktur. Premi ditawarkan untuk pembelian di atas level tertentu.

7. Meningkatkan citra publik perusahaan

Sejumlah besar kegiatan promosi sekarang dihabiskan untuk menentukan daya tarik untuk menarik perhatian prospek terhadap produk. 

Ketidakpuasan konsumen terhadap merek tertentu dapat dihilangkan dengan program promosi penjualan yang agresif. Perangkat promosi penjualan akan membuat produk Anda populer di kalangan pelanggan dan pada akhirnya akan meningkatkan citra baik perusahaan dimata pelanggan.

Demikianlah ulasan tentang Promosi Penjualan: Definisi, Pengertian dan Tujuan. Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda.

Post a Comment for " Promosi Penjualan: Definisi, Pengertian dan Tujuan"