Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Perbedaan antara Pengembangan Bisnis (Business Development) dan Penjualan (Sales)

7 Perbedaan antara Pengembangan Bisnis (Business Development) dan Penjualan (Sales)

Dapat dipahami bahwa kita sering menjadi bingung dengan konsep penjualan dan pengembangan bisnis karena kedua aktivitas ini sering dilakukan dalam jarak yang berdekatan bahkan bersamaan dalam sebuah perusahaan. Namun, kenyataannya kedua aktivitas itu sama sekali berbeda.

Perbedaan Tujuan

Tujuan utama dari penjualan adalah untuk menghasilkan pendapatan bagi perusahaan. Karena ini adalah satu-satunya departemen yang menghasilkan pendapatan dan memungkinkan pemilik bisnis membayar tagihan, departemen ini dianggap sebagai departemen paling penting dalam sebuah perusahaan.

Untuk mengoptimalkan bisnis, organisasi bisnis harus bekerja secara konsisten untuk meningkatkan operasi penjualan, yang memerlukan pelatihan berkelanjutan untuk staf penjualan dan perekrutan tenaga penjualan baru.

Di sisi lain, Pengembangan bisnis bertanggung jawab untuk menentukan dan membangun hubungan antara produk dan segmen pasar yang mungkin terjadi.

Pengembangan bisnis, tidak seperti penjualan, tidak semata-mata berkaitan dengan menghasilkan pendapatan. 

Pengembangan bisnis (Business development) bertujuan untuk membangun hubungan produk dan pasar yang memungkinkan tenaga penjualan untuk membawa bisnis baru.

Pengembangan bisnis telah menjadi aspek fundamental dari proses bisnis di perusahaan modern. Jika tidak, menemukan klien yang cocok untuk barang tersebut mungkin sulit.

Anda akan belajar tentang pertumbuhan bisnis dan penjualan di postingan artikel kali ini, serta perbedaan mendasar antara keduanya.

Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa tujuan utama pengembangan bisnis adalah menemukan pasar baru, lokasi distribusi, dan barang untuk dijual. Departemen pengembangan produk dan departemen pengembangan bisnis bekerja sama secara erat.

Itu juga bekerja sama dengan bisnis lain untuk mengembangkan item baru untuk meningkatkan hubungan klien mereka.

Pengembangan bisnis semata-mata berkaitan dengan penciptaan kemungkinan bisnis baru, bukan dengan kepuasan pelanggan melalui penyediaan layanan. Ini menjelajah ke pasar baru bekerja sama dengan bisnis baru dan menyelidiki ceruk pasar baru.

Tujuan tim pengembangan bisnis adalah untuk melakukan kontak pertama dengan klien potensial baru, dan kemudian menentukan cakupan ide bisnis baru di pasar sebelum menyampaikan informasi ke tim pemasaran dan penjualan.

Pengembangan bisnis memerlukan tugas-tugas yang membutuhkan tim pengembangan bisnis untuk berinteraksi dengan calon konsumen, belajar tentang harapan mereka, dan berusaha merayu mereka.

Dalam industri besar, anggota tim berkomunikasi dengan klien setia dan mencoba membujuk mereka untuk membeli produk perusahaan. "Ikan Kakap" adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan klien setia.

Sebagian besar perusahaan fashion dan kosmetik, misalnya, berkomunikasi dengan bintang film untuk mendapatkan pelanggan baru.

Tim pengembangan bisnis membagi waktu dan sumber daya mereka antara kemungkinan bisnis target dan pelanggan target untuk mempelajari tren pasar terbaru, memahami tantangan klien, dan bekerja untuk memberikan solusi.

Apa Definisi dari Penjualan?

penjualan
credit:solusiedukasi.co.id

Semua aktivitas yang ditujukan untuk menjual produk dan jasa dalam jangka waktu tertentu diklasifikasikan sebagai penjualan. 

Peran wiraniaga organisasi adalah berinteraksi dengan pelanggan di titik penjualan dan menyelesaikan penjualan sebagai tanggapan atas apropriasi, akuisisi, dan interaksi tatap muka.

Ketika semua persyaratan penjualan selesai, penjual dan pembeli melakukan percakapan di mana mereka menetapkan harga produk dan memberikan kepemilikan produk kepada pembeli. Ketika seseorang menjual barang atas nama penjual, ini dikenal sebagai penjualan tidak langsung.

Orang-orang ini disebut sebagai sales, wiraniaga, atau pramuniaga. Istilah "penjualan" secara tradisional mengacu pada tindakan menjual produk dan layanan di toko.

Proses penjualan meliputi beberapa tahap, termasuk memperoleh pembebasan, mempelajari persyaratan dan persyaratan pelanggan, dan mencapai keputusan akhir untuk menjual setelah negosiasi.

Meskipun penjualan dianggap sebagai elemen pemasaran, kemampuan yang dibutuhkan untuk menjual berbeda dari yang dibutuhkan untuk pemasaran. Persuasi adalah bakat penting dalam penjualan.

Karyawan penjualan organisasi adalah profesional dalam penjualan. Namun, proses penjualan saat ini tidak mudah, karena membutuhkan ketekunan dan inspirasi berkelanjutan untuk membujuk orang agar membeli barang Anda, bahkan ketika pelanggan memiliki ratusan kemungkinan untuk satu produk.

Perbedaan Utama antara Pengembangan Bisnis dan Penjualan

1. Pengembangan Bisnis (Business Development)

Pengembangan bisnis adalah proses mengidentifikasi peluang bisnis baru dan menjalin kemitraan dengan perusahaan lain untuk menyediakan produk dan layanan baru kepada pelanggan.

  • Pengembangan bisnis bersifat relasional.
  • Pengembangan bisnis berfokus pada menemukan peluang bisnis baru dan mengembangkan hubungan strategis dengan perusahaan untuk mencapai basis pelanggan baru.
  • Fungsi pengembangan bisnis adalah untuk mempelajari masalah yang dihadapi pelanggan dan memberikan solusi bagi mereka.
  • Pengembangan bisnis dikaitkan dengan mengembangkan rencana baru dan menilainya.
  • Seluruh kegiatan pengembangan usaha difokuskan pada perluasan usaha.
  • Jangka waktu kegiatan pengembangan usaha bersifat jangka panjang.

2. Penjualan

Penjualan adalah bagian dari organisasi di mana eksekutif penjualan berinteraksi langsung dengan pelanggan untuk membujuk mereka membeli produk dan layanan yang dihasilkan oleh perusahaan dengan harga yang dinegosiasikan. 

  • Proses penjualan bersifat transaksional.
  • Fokus proses penjualan hanya pada pelanggan. untuk belajar tentang kebutuhan mereka dan berinteraksi dengan mereka untuk membujuk mereka agar membeli produk yang dihasilkan oleh perusahaan.
  • Fungsi penjualan adalah berinteraksi dengan pelanggan untuk menjual produk dan jasa yang dihasilkan perusahaan kepada mereka.
  • Penjualan dikaitkan dengan pelaksanaan rencana yang dikembangkan oleh tim pengembangan bisnis.
  • Semua kegiatan penjualan adalah mendistribusikan produk dan jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.
  • Jangka waktu kegiatan penjualan bersifat jangka pendek.

Kesimpulan

Akhirnya, kita dapat menyatakan bahwa pengembangan bisnis dan operasi penjualan sangat penting bagi keberhasilan perusahaan.

Pengembangan bisnis difokuskan dengan mengidentifikasi prospek bisnis baru bagi perusahaan, sedangkan penjualan berkaitan dengan menghasilkan uang dengan menjual produk dan layanan perusahaan.

Variasi mendasar antara pengoperasian kedua proses telah dijelaskan pada uraian artikel diatas dengan panjang lebar.

Semoga uraian tentang 7 Perbedaan antara Pengembangan Bisnis (Business Development) dan Penjualan (Sales) bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

Post a Comment for " 7 Perbedaan antara Pengembangan Bisnis (Business Development) dan Penjualan (Sales)"