Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google Bisnisku : Mengapa itu Penting dan Apa Manfaatnya untuk Bisnis Anda

google-bisnisku
credit:[email protected]_my_business

Tak bisa dipungkiri bahwa persaingan bisnis saat ini sangat ketat dan sengit. Para pelaku bisnis harus berjuang lebih keras lagi dari sebelumnya untuk mendapatkan pelanggan mereka.

Apalagi saat ini tren bisnis telah mengalami perubahan yang sangat signifikan dari sistem tradisional (konvensional) menjadi sistem online. Maka, suka atau tidak suka para pelaku bisnis juga harus ikut menyesuaikan dan mengikuti tren tersebut agar dapat terus bersaing atau menyerah dalam persaingan.

Google Bisnisku (Google My Business, sebelumnya dikenal dengan sebutan Google Places for Business) menawarkan sebuah kesempatan besar bagi organisasi maupun perusahaan untuk muncul di halaman hasil pencarian Google. Dan satu hal yang sangat menguntungkan adalah bahwa itu semua bisa dilakukan dengan gratis. 

Apa yang dimaksud dengan halaman Google Bisnisku?

Google Bisnisku memberikan kesempatan kepada Anda untuk mendaftarkan dan mencantumkan lokasi (tempat) bisnis Anda di Google Maps dan hasil penelusuran lokal. 

Anda memiliki kesempatan untuk menampilkan semua informasi penting terkait dengan bisnis Anda, termasuk jam buka dan tutup, detail kontak Anda, dan juga tautan ke situs web Anda.  Google juga telah memperbaharui dan merilis sebuah fitur baru yang memungkinkan Anda untuk memposting tautan ke artikel Anda atau acara yang akan datang.

Mendaftar ke layanan ini adalah gratis dan harus dianggap sebagai kebutuhan penting oleh semua pelaku bisnis. Jika bisnis Anda adalah jenis bisnis online dan Anda tidak memiliki toko fisik (toko tradisional), maka Anda harus tetap mempertimbangkan untuk mendaftar dan memiliki halaman Google Bisnisku ini.

Google Bisnisku Meningkatkan Visibilitas Penelusuran Lokal Bisnis Anda

google-bisnisku

Menyiapkan semua informasi dan mendaftarkannya di Google Bisnisku adalah salah satu cara paling sederhana dan paling efektif untuk menyiapkan bisnis Anda supaya dapat ditemukan secara online oleh para pelanggan Anda. Semakin banyak jumlah permintaan pencarian menjadi semakin spesifik secara geografis dan algoritma Google telah dikembangkan untuk mempertimbangkan niat dan minat pengguna.

Anda sendiri mungkin pernah memiliki pengalaman melakukan pencarian Google di beberapa titik seperti, "tempat makan di dekat saya", atau lainnya. Jika demikian maka Anda akan melihat bahwa Google memunculkan daftar tiga lokasi tempat Anda dapat makan berdasarkan lokasi Anda berada saat ini. 

Tiga lokasi bisnis yang telah ditampilkan sebagai hasil dari permintaan pencarian Anda, oleh karena itu memiliki halaman Google Bisnisku akan membuat Anda selangkah lebih dekat untuk menarik pelanggan Anda.

Jika ketiga tempat makan tersebut tidak memiliki halaman di Google Bisnisku maka mereka tidak akan ditampilkan dalam pencarian tersebut. Pikirkan hal tersebut dalam konteks bisnis Anda, produk atau layanan apa pun yang mungkin ingin Anda jual. Bagaimana upaya pencarian lokal dapat menguntungkan bisnis Anda dan apa yang mungkin Anda lewatkan tanpanya.

Dan karena Google selalu memperbaharui sistem algoritmanya, maka Anda harus memiliki daftar Google Bisnisku dan mengoptimalkannya secara teratur jika ingin bisnis Anda di temukan dalam pencarian lokal.

Bagaimana Cara Mengoptimalkan Halaman Google Bisnisku?

Setelah Anda menyiapkan dan mengklaim halaman Google Bisnisku untuk bisnis Anda, maka langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa  halaman tersebut dioptimalkan dan Anda telah mengisi semua informasi penting terkait dengan bisnis Anda di dalamnya. Anda harus memasukkan informasi penting sebanyak mungkin pada daftar Google Bisnisku tersebut.

Kemudian pada saat orang-orang melakukan pencarian mereka dan menemukan bisnis Anda di hasil pencarian tersebut, langkah mereka selanjutnya adalah mengklik informasi bisnis Anda untuk mengetahui informasi lebih lanjut, seperti detail kontak dan petunjuk arah ke lokasi Anda.

Cara orang mencari sesuatu telah berubah dan itu artinya semua informasi tentang bisnis Anda harus dapat diakses secara instan. Jika Anda belum menetapkan alamat bisnis yang akurat dalam Google Bisnisku, maka orang - orang akan kesulitan untuk menemukan lokasi Anda secara tepat. Dan itu artinya, jika lokasi bisnis Anda tidak mudah ditemukan maka orang - orang kemudian akan pergi ke tempat lain yang mudah ditemukan. Prinsip dasarnya adalah sesederhana itu.

Anda harus menyadari bahwa ini adalah lingkungan bisnis online yang penuh persaingan, jadi pastikan bisnis Anda telah memanfaatkan cara orang mencari informasi secara online dengan tepat dan jangan biarkan hal itu menghalangi kemampuan bisnis Anda untuk menarik pelanggan baru.

Tuliskan Deskripsi Bisnis Anda dengan Benar

Anda perlu meluangkan waktu yang cukup untuk menulis deskripsi tentang bisnis Anda dengan baik dan benar. Cobalah untuk membuatnya lebih spesifik dan selokal mungkin yang  Anda bisa sehingga semua informasi terebut lebih relevan bagi pengguna. 

Deskripsi bisnis Anda tersebut digunakan sebagai gambaran umum tentang apa yang dilakukan oleh bisnis Anda dan kata kunci apa yang terkait dengan bisnis Anda dapat digunakan di sini. Deskripsi Google Bisnisku bisa mencapai 750 karakter, dan sebaiknya cantumkan informasi yang paling relevan dalam beberapa kalimat awal. Cobalah untuk menyertakan setidaknya 2-3 kata kunci yang paling tepat dan  menggambarkan bisnis Anda dengan jelas.

Tambahkan Artikel ke Google Bisnisku

Saat ini Anda juga dapat menarik lebih banyak minat pelanggan dengan menambahkan artikel ke profil Google Bisnis Anda. Konten Anda akan ditampilkan di hasil penelusuran Google dan di hasil peta.

Untuk menambahkan artikel yang harus Anda lakukan adalah pergi ke akun Google Bisnis Anda dan buat postingan baru. Anda akan dapat mengunggah gambar, menulis teks artikel hingga 300 kata atau judul acara, dalam hal ini Anda harus menyertakan tanggal kapan mulai dan kapan berakhir.

Selanjutnya ada opsi untuk menambahkan ajakan bertindak dengan berbagai pilihan tombol termasuk "Pelajari lebih lanjut", "Pesan", "Daftar", "Beli" dan "Dapatkan penawaran". 

Opsi posting memberi Anda fleksibilitas yang besar untuk mempromosikan acara, membagikan konten Anda, serta mempromosikan produk atau layanan Anda, menyoroti ketika Anda menjalankan penawaran khusus. Postingan tersebut akan berlangsung selama 7 hari sebelum Anda menggantinya dengan postingan yang baru. Google akan mengirimi Anda email pengingat untuk melakukan hal ini.

Jika Anda telah menyiapkan halaman Google Bisnisku, tetapi belum menggunakan fitur posting, maka Anda sekarang harus mencobanya.

Ingatlah untuk selalu memonitor postingan Anda, karena postingan tersebut akan kedaluwarsa setelah tujuh hari dan  Anda harus memposting hal baru setiap minggu. Acara dapat dicantumkan lebih lama dan secara otomatis kedaluwarsa pada hari acara.

Tambahkan 10 Foto atau Video ke postingan Google Bisnisku 

photo-produk

Mulai Februari 2020, Anda dapat menambahkan hingga 10 foto ataupun video ke postingan Google Bisnisku. Ini berarti Anda dapat melakukan lebih banyak lagi untuk meningkatkan postingan Anda dan tampil lebih menonjol. 

Gambar dan video Anda dapat membantu menceritakan sebuah kisah dan kemampuan untuk menambahkan banyak gambar pasti akan menguntungkan bisnis Anda karena akan membantu Anda menambahkan banyak gambar produk.

Tambahkan Gambar Secara Teratur 

Anda mungkin telah menambahkan gambar inti seperti eksterior atau interior bisnis Anda, logo dan tim Anda, tetapi Anda tidak boleh berhenti hanya di situ saja. Posting gambar sebanyak mungkin yang Anda bisa. Ini akan menunjukkan kepada Google bahwa bisnis Anda aktif dan itu akan menguntungkan Anda ketika harus menunjukkan Anda lebih tinggi di peta atau hasil pencarian lokal. 

Kumpulkan Ulasan Google Bisnisku

Jika Anda ingin peringkat bisnis Anda lebih tinggi di hasil penelusuran google dan peta, maka kumpulkan ulasan bisnis Anda. Ulasan bertindak sebagai sinyal dunia nyata tentang apa yang sebenarnya dipikirkan orang tentang bisnis dan merupakan faktor kunci dalam menentukan peringkat di penelusuran lokal. 

Tidak hanya itu saja, mereka bertindak sebagai bukti sosial bagi calon pelanggan Anda dan membantu mereka membuat keputusan apakah akan berbisnis dengan Anda atau tidak. Cara terbaik untuk mengumpulkan ulasan adalah dengan memintanya kepada pelanggan Anda. 

Carilah pelanggan yang Anda kenal dan dia merasa puas dengan produk atau layanan bisnis Anda. Untuk mempermudah dalam mengumpulkan ulasan, siapkan email bertemplate tetapi pastikan Anda mempersonalisasikannya jika memungkinkan sebelum mengirimkannya.

Tanggapi Ulasan

Baik maupun buruk, pastikan bahwa Anda menanggapi semua ulasan yang ada sehingga pelanggan Anda tahu bahwa Anda serius dengan mereka dan pengalaman mereka dengan bisnis Anda. Ini juga akan membantu pelanggan lain dalam membangun kepercayaan pada Anda sebagai merek. 

Mengakui dan menyampaikan rasa terima kasih kepada pelanggan yang telah meninggalkan ulasan yang baik karena menunjukkan tingkat keterlibatan pada tahap pasca pembelian.

Anda juga dapat menggunakan ulasan Anda sebagai peluang untuk menjadi lebih baik sebagai sebuah bisnis, pelajari apa yang disukai orang dan apa yang tidak mereka sukai dan kemudian tingkatkan. Ulasan tersebut adalah data berharga bagi bisnis Anda.

Manfaat Google Bisnisku untuk Bisnis 

Karena saat ini orang lebih mengandalkan Google untuk menemukan jawaban atas pertanyaan mereka yang paling mendesak, maka Google menjadi bagian besar dari cara pengguna dalam menemukan produk dan layanan di wilayah mereka. 

Anda bahkan mungkin tidak menyadari bahwa Google Bisnisku adalah sebuah alat gratis dan mudah digunakan untuk bisnis dan organisasi dalam mengelola kehadiran online mereka di Google. Jika Anda adalah pemilik sebuah bisnis, ada beberapa manfaat penting bagi Anda ketika menggunakan profil Google Bisnisku untuk meningkatkan visibilitas online Anda.

Apa Manfaat Google Bisnisku untuk Bisnis Kecil?

Saat ini orang-orang beralih online beberapa kali dalam sehari dalam upaya menemukan informasi penting untuk membuat hidup mereka menjadi lebih mudah. Sebagai mesin telusur utama untuk membantu Anda menemukan apa yang Anda butuhkan, maka Google telah mengembangkan cara agar bisnis tampil menonjol.

Baik melalui hasil penelusuran atau kueri peta, lebih dari lima miliar penelusuran dilakukan setiap hari melalui halaman pencarian Google. Artinya, banyak audiens dapat melihat profil Google Bisnisku milik Anda. 

Di zaman di mana Google tidak hanya merupakan kata benda akan tetapi juga sebagai kata kerja, karena penelusuran di situs web sangat universal dan dalam hal ini hanya Google saja yang dapat meningkatkan tampilan bisnis Anda di pencarian tersebut.

Google Bisnisku Hemat Biaya

Seperti yang telah disebutkan diatas, Google Bisnisku adalah daftar bisnis gratis di salah satu mesin pencari terbesar di internet, dan menempatkan bisnis Anda di depan banyak pelanggan potensial. 

Seperti halnya Google Bisnisku, ada juga beberapa direktori online terkemuka lainnya untuk industri yang berbeda. Namun, daftar direktori tersebut sering kali datang dengan harga tertentu (berbayar), apakah itu tarif tetap bulanan atau tahunan.

Profil Google Bisnis gratis Anda juga memberi pelanggan pandangan mendalam tentang bisnis Anda dengan memberikan wawasan tentang jam tersibuk Anda serta peringkat ulasannya. Jika Anda baru memulai atau memiliki anggaran yang terbatas, setiap rupiah sangat penting, dan memiliki sumber daya yang berharga secara gratis dapat memungkinkan Anda untuk mengarahkan sumber daya Anda ke tempat lain.

10 Manfaat Google Bisnisku 

Berikut ini adalah manfaat google bisnisku, antara lain:

1. Google Bisnisku Gratis

2. Google Bisnisku Membuat Anda Terlihat

3. Google Bisnisku Memastikan Konsistensi Online

4. Gambar Google Bisnisku Memberikan Kesan Pertama yang Hebat

5. Google Bisnisku Meningkatkan SEO

6. Google Bisnisku Mudah Menghosting Ulasan Pelanggan

7. Google Bisnisku Membantu Memperoleh Customer Insight

8. Google Bisnisku Melengkapi Profil Google Anda

9. Google Bisnisku Menawarkan Situs Web Resmi Untuk Bisnis Anda

10. Google Bisnisku adalah Masa Depan Pemasaran Online

Mendaftar ke Google Bisnisku adalah langkah kecil menuju masa depan yang lebih cerah untuk bisnis Anda. Tetapi pada akhirnya, Google Bisnisku hanyalah alat sampai Anda menggunakannya dengan benar dan mendapatkan banyak manfaat darinya. Ingatlah untuk mengoptimalkan dan memperbarui daftar Google Bisnisku Anda setiap minggu, setiap bulan, atau setiap tiga bulan.

Berikut ini adalah video tentang cara mendaftar google bisnisku (credit to : chanel gebang kiidiw)

Demikianlah ulasan mengenai Google Bisnisku, semoga berguna dan bermanfaat untuk Anda.

Referensi: https://www.business2community.com/

Posting Komentar untuk " Google Bisnisku : Mengapa itu Penting dan Apa Manfaatnya untuk Bisnis Anda"