Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Peluang Usaha di Sekitar Kita

peluang-usaha

Banyak orang yang merasa bingung untuk memulai bisnis dan usahanya. Banyak sekali pertimbangan yang mereka pakai ketika akan menjalankan usahanya. Semakin hal itu dipikirkan, maka semua masalah akan semakin bermunculan. 

Tidak mengherankan jika pada akhirnya mereka merasa kebingungan untuk memulai usaha karena semuanya tampak menjadi semakin kompleks. Padahal semua jenis peluang usaha bisa kita lihat selalu ada di sekitar kita, tinggal kita pandai atau tidak mencermatinya.

Langkah awal merupakan langkah yang sangat menentukan bagi setiap orang. Hal ini juga berlaku untuk Anda, karena bisa jadi Anda juga termasuk dalam kelompok orang yang bingung ketika akan menjalankan usaha. Bahkan, tidak sedikit orang yang kemudian mengurungkan niatnya untuk membuka usaha karena bingung untuk menentukan bagaimana langkah awalnya.

Sungguh sangat disayangkan jika seseorang mengurungkan niatnya untuk membuka usaha hanya karena dibuat bingung oleh pola pikirnya sendiri. Boleh - boleh saja seseorang berpikir dengan serius ketika ingin membuka sebuah usaha, tetapi jangan jadikan pikiran ini menjadi sebuah halangan bagi diri kita sendiri untuk memulai langkah awal.

Kita tidak akan pernah tahu hambatan apa yang ada sebelum kita menjalaninya sendiri. Kebanyakan orang yang gagal sebelum berperang dalam menjalankan usahanya adalah orang yang merasa takut dengan bayangan kegagalan. Semua orang pasti takut akan kegagalan tetapi jangan menjadikan kegagalan sebagai sebagai hal yang dapat menghancurkan dan menghalangi kita untuk maju.

Tiga Hal Penghambat dalam Menjalankan Peluang Usaha

Bob Sadino, salah seorang pengusaha yang sangat terkenal dan berpengaruh, mengatakan bahwa  banyak orang yang tidak jadi menjalankan sebuah usaha disebabkan oleh  tiga hal. Ketiga hal tersebut  adalah terlalu banyak perencanaan, menunggu waktu yang tepat, dan ketakutan seseorang dalam menghadapi risiko. Untuk memulai sebuah usahanya hendaknya kita memperhatikan ketiga hal tersebut. 

Berikut ini adalah penjabaran dari ketiga hal tersebut diatas, yaitu:

Terlalu Banyak Perencanaan

Siapa bilang dengan banyak rencana seseorang pasti akan berhasil dalam menjalankan usaha? Ternyata fakta yang terjadi berkata lain. Banyak orang yang justru gagal menjalankan sebuah usaha karena banyaknya rencana yang direncanakan.

Banyaknya rencana membuat seseorang hanya fokus pada perencanaan saja. Tenaga yang digunakan habis hanya untuk berpikir tentang perencanaan sampai lupa untuk melaksanakan rencana tersebut. Memang ada tipe orang yang hanya pandai dalam proses perencanaan namun tidak cakap dalam pelaksanaannya.

Pernah dalam sebuah usaha yang dirintis oleh seorang pemula yang memiliki berbagai macam rencana. Pada pelaksanaannya ternyata semuanya gagal untuk dijalankan. Semuanya gagal dilaksanakan karena semuanya hanya direncanakan saja.    

Maksudnya, semua usaha yang direncanakan dan dijalankannya tidak pernah dijalankan dengan maksimal. Semuanya hanya maksimal dalam perencanaannya saja. Alhasil orang tersebut akhirnya hanya bergulat pada rencana saja.

Selain itu, dengan banyaknya rencana justru akan membuat kita menjadi semakin bingung dalam menentukan langkah awalnya. Mengapa? Karena banyaknya strategi dan rencana yang harus dijalankan secara bersamaan. Padahal tidak semua rencana yang kita pikirkan itu baik. Untuk itu, buatlah rencana yang seperlunya saja untuk menghindari kebingungan dalam pelaksanaannya.

Dengan banyaknya rencana yang ada di pikiran kita akan membuat kita kita semakin bingung dan ragu untuk memulai usaha. Akhirnya kita mengurungkan niat kita menjalankan usaha karena kita sendiri bingung dalam memilih rencana yang tepat. Belum lagi banyaknya rencana yang ada di kepala kita.

Alasan Menunggu Waktu yang Tepat

Tipe orang yang berpikir seperti ini mungkin tidak akan pernah melaksanakan usahanya. Kebanyakan dari orang berpikir untuk menunggu waktu yang tepat. Pertanyaannya adalah kapan waktu yang tepat, jika kita terus berpikir tentang waktu yang tepat?

Bisa jadi ketika waktu memang sudah tepat untuk memulai usaha, kita masih berpikir untuk memilih waktu yang tepat. Bisa-bisa, usaha yang memang tepat dilaksanakan pada waktu itu telah diambil orang. Kemudian ketika peluang itu sudah hilang barulah kita menyadari bahwa kita telah ketinggalan kereta. Sungguh amat disayangkan bukan?

Sebuah contoh, ketika ada musim durian pastilah cocok untuk berjualan durian. Ada juga yang berpikiran belum tepat waktunya jualan durian karena pada waktu musim durian harga durian sangat murah sehingga untung yang diperoleh sangat kecil.

Dia akan berpikir bahwa yang tepat adalah nanti saja ketika durian sudah agak sepi karena harganya akan lebih tinggi sehingga keuntungan yang didapatkan juga tinggi. Kemudian pada waktu tiba durian langka ketika ingin berjualan durian sudah tidak ada lagi durian. 

Rasa kecewa pasti yang didapatkan oleh orang tersebut. Dalam melaksanakan usaha, laksanakan segera. Janganlah menunggu dalam waktu yang terlalu lama atau peluang usaha akan diambil oleh orang lain.

Selain itu, semangat orang untuk memulai usaha juga tidak datang secara terus-menerus. Ada kalanya orang itu semangat untuk berusaha dan ada kalanya orang itu malas untuk membuka usaha. Saat Anda merasa berapi-api untuk memulai usaha maka janganlah menundanya.

Tidak Siap Menghadapi Risiko

Setiap langkah yang kita ambil pasti ada resikonya. Siapa yang tahu bahwa ketika dalam melangkah dia tidak akan menginjak duri? Juga tidak ada yang tahu bahwa dalam setiap melangkah dia pasti tidak akan menginjak duri. 

Ketika kita melangkah di dalam hutan bambu sudah pasti risiko untuk tertusuk duri ketika berjalan amatlah besar. Tetapi bukan berarti kaki kita pasti terkena duri ketika kita berjalan di hutan bambi. Asalkan kita berhati - hati melangkah pasti akan selamat.

Berbeda jika kita berjalan di sebuah swalayan atau mall. Kemungkinan untuk tertusuk duri pasti masih ada tetapi kemungkinannya sangat kecil atau bisa dibilang risiko untuk tertusuk duri sangat kecil.

Contoh di atas merupakan sedikit gambaran pada kita bagaimana menganalisis sebuah risiko. Jikalau dalam menjalankan bisnis kita mendapatkan risiko yang besar tentulah harus dipertimbangkan. Namun jika risiko yang diambil sangat kecil maka bisnis ini juga pantas untuk diambil.

Kebanyakan para pemula atau pemain baru dalam dunia bisnis tidak bisa membedakan atau menganalisis besar-kecilnya risiko yang diambil. Dengan demikian, mereka tidak jadi menjalankan usaha tersebut karena takut akan risiko yang mungkin akan muncul nanti. Padahal dia tidak tahu sebesar apa atau sekecil apa risiko yang akan dihadapi nantinya.

Inilah ketiga hal yang biasanya membuat para pemula dalam dunia bisnis memilih mundur dalam menjalankan usahanya. Padahal halangan ini bisa diatasi jika kita jeli dan mampu membaca jenis peluang usaha apa yang cocok untuk kita lakukan.

Membaca Jenis Peluang Usaha di Sekitar Kita

Kemampuan untuk membaca jenis peluang usaha apa yang cocok dilakukan sangat tergantung pada seberapa jeli mata Anda dalam melakukan pengamatan. Sebagian besar bisnis yang sukses biasanya diawali dengan pengamatan terlebih dahulu. Pengamatan biasanya dilakukan dengan memulai tentang jenis peluang usaha apa yang cocok di daerah tersebut.

Untuk dapat mendapatkan kemampuan memilih jenis peluang usaha yang bagus sebenarnya tidak sulit. Sering-seringlah Anda berjalan-jalan keluar rumah, atau jalan-jalan melalui media internet. Intinya adalah dengan banyak-banyak membaca sekeliling lingkungan Anda.

Sebagai contoh melihat jenis peluang usaha yang akan dilakukan bisa dilihat dari tempat tinggal Anda. Jika Anda berada di daerah yang memiliki suhu udara yang tinggi atau bisa dibilang Anda berada di daerah yang panas, maka jenis peluang usaha yang cocok adalah minuman segar. Bisnis minuman adalah bisnis yang menguntungkan karena modalnya tidak terlalu besar tetapi keuntungannya lumayan besar.

Lain halnya jika Anda berada di wilayah atau daerah dingin seperti pegunungan. Maka jenis peluang usaha yang cocok adalah minuman hangat. Orang yang berada di daerah dingin tentunya ingin minuman yang hangat-hangat untuk menghangatkan tubuhnya.

Contoh lain dalam melihat jenis peluang usaha yang cocok adalah dengan melihat gaya atau pola hidup masyarakat di sekitar Anda. Kalau Anda berada di daerah yang mayoritas masyarakatnya memiliki kesibukan tinggi dan hanya punya waktu luang yang sedikit mungkin bisa jadi jenis peluang usaha laundry yang bisa diambil.

Masih banyak lagi jenis peluang usaha yang bisa kita ambil. Banyak-banyaklah keluar rumah dan membaca situasi lingkungan di sekitar tempat tinggal Anda. Saya berani jamin kalau Anda pasti akan mendapatkan jenis peluang usaha yang pas dan cocok untuk Anda jalankan.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai Jenis Peluang Usaha di Sekitar Kita. Semoga informasi ini dapat menjadi penyemangat Anda dalam menjalankan usaha sendiri.

Post a Comment for " Jenis Peluang Usaha di Sekitar Kita"