Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Tujuan Utama Analisis Persaingan Bisnis

3 Tujuan Utama Analisis Persaingan Bisnis

Seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda, maka analisis persaingan bisnis menjadi semakin penting. Sebagian besar perusahaan melakukan analisis persaingan bisnis mereka di tingkat produk, tingkat unit bisnis strategis atau bahkan di tingkat perusahaan.

Karena sifatnya, analisis persaingan bisnis dapat diterapkan pada semua faktor berbeda yang membentuk suatu organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu, tujuan analisis persaingan bisnis bersifat luas, namun sangat berguna bagi perusahaan baru maupun perusahaan besar.

Ada 3 tujuan analisis persaingan bisnis kompetitif. Masing-masing dari mereka dapat menjadi tahapan penting dalam analisis persaingan bisnis kompetitif, yaitu:

Mengetahui Keunggulan Komparatif

Tujuan pertama dari analisis persaingan bisnis kompetitif menjadi jelas ketika Anda menganalisis persaingan langsung Anda. Setelah Anda mempelajari pesaing Anda, produk mereka, dan portofolio produk mereka, Anda menjadi tahu di mana Anda berdiri melawan mereka, secara head to head.

Analisis komparatif ini pada titik tertentu dan akan memberikan kepada  Anda wawasan tentang 2 hal, yaitu:

  • Di mana Anda kuat melawan pesaing dan apa keunggulan Anda?
  • Di mana pesaing kuat dan apa kelebihannya? Di mana dia tak terkalahkan?

Dua poin penting di atas akan memastikan bahwa Anda sangat menyadari posisi Anda di pasar setiap saat. Analisis ini dapat digunakan nanti, yakni pada tahap ketiga.

Memahami Strategi Pesaing

Ketika Anda bermain catur melawan orang yang sama secara berulang-ulang, maka Anda akan mulai mengingat gerakan yang akan mereka lakukan. Hal yang sama juga berlaku untuk permainan karambol, tenis meja, bulu tangkis, atau olahraga lainnya. 

Seorang pria memiliki langkah merek dagang. Karenanya mereka berkata, teman terbaik Anda adalah musuh terburuk Anda karena mereka mengenal Anda secara luar dalam.

Tetapi izinkan saya kembali ke topik kita, Jika Anda tahu pesaing Anda secara luar dalam, maka itu artinya Anda tahu pergerakan masa lalu mereka dan posisi pasar saat ini, maka mudah untuk memperkirakan langkah pesaing selanjutnya.

Anda tahu sumber daya pesaing, kemampuan mereka, orang-orang yang menjalankan bisnis, dan sebagainya. Jadi, Anda juga tahu kemampuan orang-orang di dalam perusahaan tersebut. 

Ini memastikan bahwa Anda dapat memperkirakan pergerakan pesaing Anda. Dan ketika Anda dapat memperkirakan pergerakan mereka, maka Anda dapat mengalahkan mereka (kecuali jika mereka memberikan sebuah gerakan kejutan kepada Anda).

Tujuan kedua dari analisis persaingan bisnis adalah untuk meramalkan apa yang mungkin dilakukan oleh pesaing Anda setiap saat. Hal ini sangat membantu Anda dengan fase ketiga.

Pemilihan Strategi

Ini adalah tahap paling penting dari bisnis Anda dan hampir selalu membosankan. Apa pun dan bagaimanapun cara Anda bergerak, Anda harus membuat 100 keputusan sebelum bergerak ke arah itu. Di dunia nyata, penerapan strategi membutuhkan banyak uang dan waktu, yang tentu saja tidak dapat dipulihkan dengan mudah.

Tetapi perusahaan Anda harus terus bergerak maju jika Anda ingin menjadi yang teratas. Jadi pada intinya, tujuan utama dan terakhir dari analisis persaingan bisnis kompetitif adalah membantu Anda memilih strategi yang tepat untuk bergerak maju.

Pada tahap pertama, Anda menganalisis pesaing Anda dan melakukan analisis komparatif. Pada tahap kedua, Anda mempelajari pergerakan masa lalu mereka dan posisi saat ini di pasar.

Pada tahap ketiga, dengan menggunakan dua informasi sebelumnya, maka Anda dapat mengetahui strategi mana yang harus diterapkan sehingga Anda dapat menangkap pangsa pasar persaingan atau memperluas produk Anda ke cakrawala baru.

Secara keseluruhan, tujuan analisis persaingan bisnis kompetitif adalah tiga kali lipat dan untuk ini, Anda memerlukan 3 alat berikut ini:

  • Lakukan analisis komparatif terhadap industri Anda.
  • Pelajari pesaing terdekat Anda (yang ingin Anda kalahkan).
  • Pilih strategi yang tepat yang mengalahkan pesaing Anda dan posisi mereka saat ini di pasar.

Baik itu organisasi atau perusahaan terkecil atau terbesar, Tiga tujuan analisis persaingan bisnis kompetitif diatas akan selalu membantu Anda dalam mempelajari dan mengalahkan pesaing bisnis Anda.

Post a Comment for " 3 Tujuan Utama Analisis Persaingan Bisnis"