Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bisnis Pakaian Tanpa Modal Sendiri

Bisnis Pakaian Tanpa Modal Sendiri

Uang adalah sesuatu yang dicari oleh setiap orang. Bagaimana cara menghasilkannya? Banyak cara yang ditempuh orang untuk mencari barang yang satu ini. Ada yang dengan melamar kerja di perusahaan, membuat usaha sendiri dan banyak lagi hal lainnya. 

Kebanyakan orang melamar pekerjaan karena tidak menimbulkan banyak resiko. Tidak sedikit pula orang memulai bisnisnya sendiri. 

Contohnya banyak orang berjualan makanan, pakaian, motor dan mobil. Banyak peluang usaha yang bisa kita jalankan misalnya bisnis pakaian, bahkan bisnis pakaian tanpa modal uang sekalipun.

Beberapa orang menjalankan bisnis pakaian dengan modal besar, sedang dan tanpa modal. Ad beberapa cara menjalankan bisnis pakaian tanpa modal yang bisa kita jalankan. Mungkin sebagian orang bertanya apakah bisa menjalankan bisnis ini tanpa modal? 

Kalau tanpa modal sama sekali jelas tidak bisa, kalau tanpa uang bisa saja. Kita tinggal bermodal kemauan dan keinginan yang besar, juga semangat untuk maju. Pakaian sendiri sudah menjadi kebutuhan. Setiap orang perlu pakaian tidak mungkin tidak. Ini adalah lahan bisnis besar bagi mereka yang melihat peluangnya.

Bisnis Pakaian Tanpa Modal

Pemilik modal bisa kita cari sendiri, misal dari teman, kenalan ataupun orang tua kita untuk selanjutnya tinggal menjalankan modal. Dengan modal semangat yang kita punya ataupun kedekatan dengan mereka kita akan mudah mengajak mereka berbisnis pakaian. 

Dalam hal ini kita juga harus bisa dipercaya, karena modal utamanya adalah kepercayaan. Jika bisa dipercaya, maka orang tersebut akan terus investasi pada bisnis milik kita.

Jadi agen maksudnya kita bisa kerjasama dengan distributor atau toko lain. Kita tidak memerlukan modal tapi hanya membawa katalog pakaian tersebut. Dengan modal bicara saja atau menawarkan kepada teman-teman Ini cocok untuk Anda yang sedang menjadi mahasiswa atau kerja di kantoran. 

Intinya cocok bagi mereka yang banyak teman. Jika orang yang ditawari memesan, maka tinggal minta dikirim saja barangnya dari orang yang diajak kerjasama tadi.

Jadi agen memang tidak mudah, kadang ada distributor atau produsen mengharuskan membayar dulu kepada mereka sebagai tabungan istilahnya. Setelah itu baru bisa kerjasama dengan mereka dan dapat harga yang lebih miring. 

Banyak yang menawarkan di internet menjadi agen pakaian dari mulai pakaian anak hingga pakaian orang dewasa. Tinggal pilih saja  mana yang cocok menurut kita untuk diajak kerjasama.

Banyak Teman dan Membuka Toko Pakaian

Banyak teman, inilah modal terbesar dalam bisnis atau berdagang. Teman sangat berpengaruh terhadap bisnis kita, banyak kenalan ataupun teman berarti banyak relasi. Bangunlah relasi sebaik mungkin karena dengan membangun relasi tidak akan sulit untuk melakukan beragam hal. 

Salah satunya untuk urusan penjualan, kita bisa menawarkan kepada teman. Ini merupakan sebuah aset yang lumayan besar. Dalam artian, teman bisa menjadi pelanggan, lewat mereka pun bisa menjadi sebuah marketing dengan cara mulut ke mulut.

Ingin bisnis yang lebih meyakinkan lagi, bisa membuka grosir baju atau pakaian lainnya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan kalau ingin membuka toko tersebut. 

Apalagi untuk orang baru dalam usaha jual beli pakaian harus memperhatikan langkah-langkah ini supaya bisa bersaing dengan kompetitor lain. Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Observasi atau Riset Pasar

Lakukanlah observasi sebelum memulai usaha ini, membuka toko pakaian harus terencana, baik tempat maupun manajemennya. Kita harus memperhatikan pasar seperti apa daya beli masyarakat? 

Apakah menengah ke bawah atau menengah ke atas atau mungkin semua lapisan ada di tempat tersebut. Lakukan dengan cara melihat kondisi tempat, pakaian yang sering digunakan dan harga pasaran di daerah tersebut.

Jangan sampai kita membuka toko pakaian berlabel mahal ditempat pinggiran. Karena daya belinya akan ikut berkurang. Pembeli tidak akan disibukkan dengan memlilih merek, yang penting harga dan kecocokan dengan seleranya. 

Melakukan observasi bukan hanya satu atau dua minggu, tetapi lakukan sampai punya kesimpulan bahwa keinginan masyarakat sekitar seperti apa dan kalau bisa sampai satu atau dua bulan.

2. Perhatikan Kualitas Barang

Kualitas barang merupakan hal yang harus diperhatikan. Pastikan pakaian yang dijual adalah pakaian masih bagus, tidak terlalu banyak cacat. 

Modelnya pun harus mengikuti waktu, tidak itu-itu saja, harus mengikuti trend. Misalkan sekarang sedang musim jaket korea, pasti orang akan mencari variasi seperti itu. 

Variasai pakaian yang dijual harus beragam tidak cukup satu atau dua model, karena selera orang berbeda-beda. Dengan variasai yang banyak akan memudahkan pembeli memilih barang yang ia sukai. 

Orang juga akan senang kalau ditempat kita barangnya komplit karena tidak harus mencari barang dan model lain di tempat selain kita. Ini juga satu nilai plus karena pelanggan akan merasa dimanjakan.

3. Tentukan Harga dengan Sehat

Dalam menentukan harga jual tidak bisa seenaknya pembeli juga akan menilai dan membandingkan dengan toko-toko lain. Jika kita menjual dengan harga yang bagus otomatis pelanggan tidak akan lari kemana-mana, dan barangpun akan berputar dengan cepat. 

Penentuan harga pun harus diperhatikan kalau terlalu mahal tidak aka nada yang membeli begitu juga kalau lebih murah atau banting harga akan membuat rugi toko yang lain.

Ikutilah harga pasar berbeda sedikit mungkin tidak apa-apa asal bedanya jangan terlalu jauh. Sebagai cerminan saja jika kita menjual terlalu murah maka penjual yang lain akan menaruh respek negatif kepada kita. 

Bisa saja yang terjadi adalah saingan harga dan saling menjatuhkan, ini akan merusak harga pasaran dan ujung-ujungnya kita sendiri juga yang rugi.

4. Promosi dan Reward

Pada saat baru buka kita bisa menarik pelanggan dengan iming-iming tertentu, cara seperti ini tidaklah salah karena masih dalam waktu promosi. 

Contohnya dengan membeli dua jenis pakaian bisa mendapatkan tiga sekaligus, atau beli dua dapat tiga. Berikan juga reward atau hadiah misalkan untuk pembeli ke sepuluh bisa mendapatkan hadiah menarik bagi para pembeli. 

Terkesan rugi memang kita baru buka sudah promosi reward ini itu, tetapi hal ini sangat lah berpengaruh.

Istilahnya kita beriklan saja dengan cara sewajarnya. Hal ini dilakukan supaya pelanggan mengenal barang apa yang ada di toko kita, sebagus apapun kualitas yang kita punya kalau kurang promosi orang tidak akan tahu. Reward juga harus kita berikan disela-sela waktu tertentu, misalkan setiap dua bulan atau tiga bulan, ini akan mendongkrak penjualan ditoko kita.

Intinya untuk melakukan segala sesuatu khususnya dalam dunia bisnis kita harus punya manajemen yang bagus dan persiapan yang matang. Tanpa hal tersebut bisa saja kita hanya bertahan dalam beberapa bulan. 

Terakhir yang paling penting setelah membuka toko pakaian adalah pelayanan. Pelayanan yang maksimal akan membuat pelanggan datang kembali ketempat kita, meskipun harganya murah kalau dilayani dengan judes tentu orang akan enggan untuk datang kembali.

Post a Comment for " Bisnis Pakaian Tanpa Modal Sendiri"