Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Perbedaan Antara Strategi Dan Perencanaan Dalam Bisnis?

 

Apakah Perbedaan Antara Strategi Dan Perencanaan Dalam Bisnis?

Apakah Perbedaan antara Strategi dan Perencanaan Dalam Bisnis? Dalam bisnis, perencanaan dan strategi adalah dua kata yang akan sering Anda temui dan Anda dengarkan. Sangat penting bagi Anda untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang kedua kata tersebut agar Anda tidak salah mengerti. 

Dengan pemahaman yang baik tentang strategi serta perencanaan, maka Anda dapat menggunakannya secara efektif dalam bisnis karena mereka memiliki kekuatan dan tujuan sendiri yang tidak dapat saling menggantikan. Jenis bisnis, pelanggan, pasar atau persaingan yang kemudian akan memutuskan, apakah sebuah rencana harus dipilih atau diperlukan strategi.

Pada artikel kali ini, Saya akan mengulas tentang strategi dan perencanaan dengan memberikan berbagai macam contoh dan perbedaan utama di antara keduanya.

Apa Itu Strategi?

Apakah Perbedaan Antara Strategi Dan Perencanaan Dalam Bisnis?

Strategi adalah sebuah rencana terfokus yang direncanakan untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan. Ini terdiri dari langkah kompetitif serta tindakan yang diambil oleh manajemen perusahaan untuk mencapai tujuan yang sudah di tentukan. 

Strategi biasanya bersifat dinamis dan fleksibel yang berarti seseorang dapat mengubah strategi sesuai dengan kebutuhan dan situasi yang terjadi. Satu fakta menarik tentang strategi adalah bahwa sementara membuat strategi, pengalaman praktis lebih penting daripada sekedar memiliki pengetahuan teoritis.

Oleh karena itu, saya biasanya memperhatikan bahwa dalam organisasi atau perusahaa, orang tua yang berpengalaman dijadikan anggota karena mereka telah menghadapi berbagai situasi dalam hidup dan mampu merancang strategi yang efektif. Apalagi dalam olahraga kriket, pensiunan pemain biasanya dijadikan pelatih tim, karena pengalaman yang dimilikinya. Dengan bantuan pengalamannya sendiri, dia bisa membimbing timnya untuk menyiapkan strategi melawan tim tertentu.

Strategi tersebut membutuhkan studi yang menyeluruh dari manajer tentang urutan tindakan, waktu implementasi, gerakan atau tindakan, reaksi pesaing, dan hasil. Dalam bisnis, strategi dibuat untuk pertumbuhan dan perluasan entitas untuk merger, divestasi, diversifikasi, dan akuisisi. Strategi dirancang berdasarkan situasi dan kondisi bisnis saat ini, tetapi tidak ada strategi yang bisa sempurna di dunia yang dinamis ini. Oleh karena itu, bijaksana untuk mengubah strategi Anda sesuai kebutuhan untuk sukses.

Apa Itu Perencanaan?

planning
image via freepik

Perencanaan adalah proses berpikir yang lebih sistematis terkait dengan tindakan yang harus diambil di masa depan. Oleh karena itu, rencana adalah urutan langkah-langkah yang akan membantu Anda dalam mencapai tujuan organisasi. 

Perencanaan adalah salah satu dari lima fungsi manajemen yang paling penting. Lima fungsi penting dari manajemen adalah sebagai berikut:

  • Perencanaan
  • Pengendalian
  • Pengorganisasian
  • Pengambilan keputusan
  • Memotivasi dan memimpin

Perencanaan tidak hanya merupakan bagian dari bisnis, tetapi merupakan bagian integral dari banyak tempat kerja lainnya seperti sekolah, perguruan tinggi, restoran, dan sebagainya.

Perencanaan yang matang diperlukan bahkan dalam lingkungan informal seperti dirumah. Anda pasti pernah melihat orang tua Anda membuat rencana menabung untuk biaya kuliah Anda atau pengeluaran besar lainnya di masa depan. itu bisa menjadi contoh perencanaan praktis pertama yang Anda temui dalam hidup Anda. Selain itu, kami juga telah membuat rencana untuk mencakup silabus besar dalam durasi waktu yang terbatas.

Itu bisa dihitung sebagai pengalaman praktis pertama Anda dalam perencanaan. Namun, dalam perencanaan lingkungan bisnis atau informal membutuhkan keterampilan penilaian yang baik untuk memutuskan tindakan apa yang akan diambil pertama kali dan apa yang harus menjadi urutan tindakan untuk menghindari kebingungan di kemudian hari. 

Perencanaan yang baik harus berorientasi pada tujuan, untuk setiap tujuan tindakan alternatif dipikirkan dan rencana yang paling sesuai dipilih untuk mencapai tujuan dengan sukses. Namun, tidak ada rencana yang bisa sangat mudah untuk dilaksanakan. Ada kemungkinan rencana Anda akan gagal di tengah jalan atau tidak seefektif yang Anda perkirakan sebelumnya.

Untuk skenario semacam ini, Anda harus siap dengan daftar rencana alternatif atau rencana pelengkap. Rencana pelengkap adalah rencana yang dirancang untuk mencapai tujuan dalam jangka waktu terbatas ketika rencana yang sebenarnya gagal memberikan hasil seperti yang diharapkan. 

Oleh karena itu, sebuah rencana harus bersifat fleksibel sehingga setiap kali terjadi peristiwa yang tidak diharapkan, rencana tersebut dapat dimodifikasi dan disesuaikan kembali. 

Berikut adalah langkah - langkah yang terlibat dalam proses perencanaan, sesuai dengan urutannya, yaitu:

  1. Menganalisis Peluang
  2. Menetapkan tujuan
  3. Menguraikan premis perencanaan
  4. Mengidentifikasi rencana alternatif 
  5. Evaluasi rencana
  6. Pemilihan
  7. Implementasi
  8. Meninjau rencana

Perbedaan Antara Strategi Dan Perencanaan

a. STRATEGI

  • Strategi adalah rencana fungsional terbaik yang dipilih untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.
  • Strategi adalah jalan yang dipilih untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
  • Strateginya melibatkan tindakan aktif.
  • Sebuah strategi disiapkan atas dasar pertimbangan praktis.
  • Sebuah strategi biasanya disiapkan untuk jangka panjang.
  • Strategi bersifat kompetitif.
  • Strategi adalah bagian dari proses pengambilan keputusan manajemen.
  • Strategi paling penting untuk keberhasilan semua jenis bisnis.

b. PERENCANAAN

  • Perencanaan adalah desain tindakan yang disiapkan setelah pemikiran yang matang untuk tindakan yang akan terjadi di masa depan.
  • Rencana adalah peta jalan untuk menyelesaikan tugas apa pun dalam durasi waktu tertentu.
  • Rencana melibatkan pemikiran yang matang.
  • Suatu rencana disusun berdasarkan asumsi.
  • Sebuah rencana dapat disiapkan untuk jangka panjang atau jangka pendek tergantung pada keadaan pada tahap tertentu.
  • Sebuah rencana bersifat preventif.
  • Rencana adalah bagian dari fungsi manajemen.
  • Sebuah rencana juga penting, tetapi tidak sepenting strategi.

KESIMPULAN 

Kita dapat mengatakan bahwa perencanaan dan strategi, kedua - duanya penting bagi organisasi untuk mencapai tujuannya. Seperti yang telah Anda pelajari di atas bahwa baik perencanaan maupun strategi memiliki kekuatan dan keterbatasan masing-masing dan sama pentingnya untuk bisnis. 

Selain itu, Anda harus tahu bahwa strategi adalah bagian dari perencanaan. Strategi adalah rencana yang terstruktur untuk mewujudkan tujuan organisasi sekaligus untuk memenangkan persaingan dipasar.

Demikianlah uraian artikel tentang Apakah Perbedaan Antara Strategi Dan Perencanaan?   Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda.

Post a Comment for "Apakah Perbedaan Antara Strategi Dan Perencanaan Dalam Bisnis? "