Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Perbedaan Antara Income Dan Revenue?

 

Apakah Perbedaan Antara Income Dan Revenue?
image via pixabay

Apakah Perbedaan Antara Income Dan Revenue? Istilah income dan revenue sekilas tampaknya memiliki makna yang sama, yakni pendapatan. Akan tetapi sesungguhnya kedua istilah tersebut memiliki sejumlah perbedaan. Dan dalam artikel berikut ini saya akan coba untuk membahas apa sebenarnya perbedaan antara income dan revenue tersebut.

Pendapatan yang dihasilkan oleh suatu perusahaan adalah total pendapatan yang dihasilkan dari penjualan barang dan jasa. Pendapatan juga disebut sebagai "garis atas" karena akan selalu muncul pertama kali dalam laporan keuangan perusahaan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa pendapatan adalah laba bersih yang dihasilkan setelah dikurangi dengan semua biaya seperti operasional, administrasi, pajak, dan sebagainya, dari total seluruh pendapatan yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.

Dalam artikel ini saya juga akan memberikan  contoh dan perbedaan utama di antara keduanya, agar Anda lebih memahami dengan detail tetang makna sesungguhnya dari kedua istilah tersebut.

Apakah Revenue itu?

Apakah Perbedaan Antara Income Dan Revenue?
image via pixabay

Revenue adalah total pendapatan yang diperoleh oleh sebuah perusahaan selama periode tertentu bersama dengan semua potongan dan diskon untuk semua barang yang dikembalikan. Ini juga disebut "Garis atas" atau "Angka pendapatan kotor". 

Revenue dihitung dengan mengalikan jumlah total barang yang terjual dengan harga barang. Ini adalah total pendapatan perusahaan yang didapatkan melalui aktivitas bisnisnya. Revenue dapat dihitung dengan berbagai cara.

Metode yang digunakan untuk menghitung Revenue tergantung pada metode akuntansi yang digunakan oleh perusahaan. Dalam akuntansi akrual, penghasilan yang dilakukan dengan menjual barang dan jasa secara kredit juga disertakan jika barang dan jasa dikirim ke pelanggan. Dalam laporan arus kas akuntansi akrual perusahaan diperiksa secara berkala untuk mengetahui apakah uang yang dimiliki dikumpulkan secara efisien atau tidak.

Dalam jenis akuntansi lain yang dikenal sebagai akuntansi kas, hanya pembayaran yang diterima atas produk yang dijual yang dihitung. Uang tunai yang dibayarkan kepada perusahaan disebut sebagai "Tanda terima" untuk membedakannya dari pendapatan yang dihasilkan dari perusahaan. 

Penerimaan dapat dihasilkan tanpa menghasilkan pendapatan. Misalnya, ketika pelanggan Anda membayar di muka untuk layanan perusahaan untuk ditebus nanti. Penghasilan seperti itu tidak dapat dihitung sebagai sebuah pendapatan. 

Pendapatan bersih yang dihasilkan oleh suatu perusahaan dihitung dengan mengurangkan total biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dari total pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Suatu perusahaan dapat meningkatkan laba bersihnya baik dengan cara meningkatkan pendapatan totalnya atau dengan cara mengurangi beban pengeluarannnya.

Kesehatan keuangan suatu perusahaan dapat ditentukan dengan melihat pendapatan atau laba bersih yang dihasilkannya. ketika biaya dikurangi, laba bersih perusahaan akan tumbuh sementara pendapatan akan tetap sama. Namun, pertumbuhan jenis ini dianggap tidak baik untuk pertumbuhan jangka panjang perusahaan. 

Dalam laporan keuangan triwulanan suatu perusahaan, dua nilai yang satu adalah pendapatan total dan yang lainnya adalah laba bersih per saham yang paling menarik perhatian dari para investor. Revenue yang dihasilkan oleh perusahaan dapat dibagi lagi sesuai divisi yang menghasilkannya.

Revenue Dapat Dihasilkan Melalui Hal-Hal Berikut Ini:

  • Dengan menjual produk, barang, atau barang dagangan.
  • Dengan menyediakan layanan.
  • Pendapatan yang dihasilkan dengan menyewa properti komersial.
  • Bunga yang diperoleh dengan meminjamkan uang.
  • Pendapatan dari penjualan aset perusahaan.

Revenue yang dihasilkan oleh pemerintah didapatkan dari pajak, transfer atau hibah antar-pemerintah, biaya atau denda, investasi, hibah dari entitas pemerintah, biaya keanggotaan, dan kegiatan penggalangan dana, dan sebagainya.

Apakah Income itu?

Apakah Perbedaan Antara Income Dan Revenue?
image via pixabay

Income yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan dihitung dengan mengurangkan harga pokok produksi, biaya operasional dan administrasi umum, biaya penjualan, penyusutan, pajak, bunga, dan pajak lainnya dari total pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan. 

Pendapatan yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan juga disebut sebagai "Pendapatan bersih" atau "Bottom line", karena ditempatkan di bagian terakhir laporan keuangan yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan.

Angka yang muncul pada laporan laba rugi suatu perusahaan sangat penting karena menggambarkan profitabilitas suatu perusahaan. Penghasilan dapat digunakan untuk menghitung laba per saham. Sebagai contoh misalnya di Inggris Raya, dimana laba bersih digunakan sebagai laba yang dapat diatribusikan oleh analis kepada pemegang saham. Pendapatan perusahaan dapat dimanipulasi melalui pengakuan pendapatan yang agresif atau dengan menyembunyikan biaya yang dibuat oleh perusahaan tersebut.

Perbedaan Antara Income Dan Revenue

1. INCOME

  • Pendapatan adalah total pendapatan yang dihasilkan oleh suatu perusahaan dari penjualan barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.
  • Pendapatan yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan dihitung dengan mengurangkan total biaya (seperti biaya operasional dan biaya administrasi) dari total pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan.
  • Pendapatan yang dihasilkan oleh suatu perusahaan ditempatkan pada baris paling bawah dari laporan keuangan perusahaan.
  • Pendapatan juga disebut sebagai "Baris bawah" dalam laporan keuangan.
  • Pendapatan yang dihasilkan oleh suatu perusahaan merupakan sub-bagian dari total pendapatan yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.

2. REVENUE

  • Revenue adalah total pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan dari berbagai sumber seperti investasi, penjualan produk dan jasa, lisensi dan sebagainya.
  • Total revenue yang dihasilkan oleh perusahaan dihitung dengan mengalikan jumlah produk yang dijual oleh perusahaan dengan harga produk.
  • Revenue yang dihasilkan oleh suatu perusahaan ditempatkan di baris atas laporan keuangan perusahaan.
  • Revenue juga disebut sebagai "Garis atas" dalam laporan keuangan.
  • Revenue adalah pendapatan keseluruhan yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.

CONTOH:

Perusahaan ABC telah menghasilkan $ 9 juta sebagai total pendapatan pada akhir tahun fiskal 2018 dengan peningkatan total sebesar 5,8% peningkatan total pendapatan perusahaan. Artinya, perusahaan ABC telah menghasilkan total pendapatan $ 15 juta pada akhir tahun fiskal 2018 dengan peningkatan total sebesar 7% dalam total pendapatan.

KESIMPULANNYA

Sebagai kesimpulan, maka kita dapat mengatakan bahwa keduanya, baik itu income maupun revenue adalah istilah penting dalam keuangan dan bisnis. sering kali artinya membingungkan satu sama lain. Namun, dari pembahasan di atas, terlihat jelas bagi kami bahwa kedua istilah ini tidak dapat digunakan secara bergantian karena perbedaan yang signifikan di antara keduanya.

Revenue adalah total uang yang diperoleh perusahaan dengan melakukan berbagai aktivitas dan pendapatan adalah total uang yang tersisa dengan perusahaan setelah dikurangi total biaya yang dihasilkan olehnya dari total pendapatan yang dihasilkan. 

Income dan revenue adalah dua istilah yang berbeda untuk sebuah perusahaan, tetapi tidak ada perbedaan antara income atau revenue untuk pendapatan individu. Gaji yang diterima oleh seorang individu adalah income serta revenue nya karena sebagian besar perusahaan secara otomatis memotong pajak dan tunjangan pembayaran dari gaji individu.

Itulah uraian artikel tentang Apakah Perbedaan Antara Income Dan Revenue? Semoga bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for "Apakah Perbedaan Antara Income Dan Revenue?"