Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Menabung Untuk Masa Depan Anda

 

image via freepik

Manfaat Menabung Untuk Masa Depan Anda - Kita semua tentu mengetahui bahwa kita harus menghemat uang. Akan tetapi sesuatu yang tampak begitu mudah untuk dikatakan bisa menjadi sangat sulit untuk dilakukan.

Menabung adalah dasar (pondasi) untuk membangun masa depan keuangan Anda. Namun, banyak orang yang justru menundanya satu hari lagi. Hari-hari itu berubah dengan cepat menjadi tahun-tahun dan terus berjalan seiring dengan uang Anda yang hilang. Tanpa memiliki tabungan, maka peluang untuk memenuhi tujuan keuangan jangka panjang dan mencapai kebebasan finansial akan menjadi sebuah mimpi saja.

Untuk dapat menghemat uang, maka Anda harus mengontrol keuangan Anda secara cermat. Menabung tidak ada hubungannya dengan berapa banyak uang yang Anda hasilkan. Ini justru ada hubungannya dengan bagaimana cara Anda dalam mengontrol keuangan Anda. 

Jika Anda memiliki banyak utang kartu kredit dan harus membayarnya secara langsung dari gaji bulanan Anda, maka Anda tidak bisa mengendalikan uang Anda. Dan itu artinya, Anda juga tidak bisa menabung untuk masa depan Anda.

Anda harus menghabiskan lebih sedikit  uang Anda dengan mengurangi biaya pengeluaran Anda dan berusaha untuk menghemat lebih banyak uang. Keduanya harus diikat secara bersama- sama. Untuk bisa menabung, maka Anda harus mulai menghabiskan lebih sedikit uang dari sekarang.

Dan faktanya adalah, hal itu semua benar-benar tidak sulit jika Anda memulainya dan terbiasa melakukannya.

Pertama, duduk dan tuliskan tujuan keuangan Anda. Tanyakan saja apa yang Anda inginkan dari uang Anda. Mungkin Anda ingin memiliki uang muka untuk membeli rumah Anda. Mungkin Anda membutuhkan mobil baru. Buat tujuan jangka panjang, seperti pensiun, dan tujuan jangka pendek, seperti penggantian furnitur ruang tamu dengan yang baru.

Berikan setiap tujuan jumlah uang dan kerangka waktu untuk mencapainya. Untuk menyelamatkannya, Anda harus tahu apa yang Anda simpan. Anda harus punya alasan untuk menyisihkan uang Anda.

Anda harus menyiapkan rekening tabungan secara terpisah. Anda mungkin tahu bahwa meninggalkan uang dalam pengecekan Anda tidak akan berhasil, karena Anda akan menghabiskannya. Memiliki rekening tabungan yang dapat Anda setor atau transfer dengan mudah. 

Banyak bank akan menyiapkan penarikan otomatis ke tabungan Anda setiap bulan (auto debet). Ini adalah cara mudah untuk mengaturnya dan melupakannya. Ini dibayar sama seperti tagihan Anda lainnya.

Seiring waktu, Anda akan melihat uang Anda mulai tumbuh. Ini sangat bermanfaat dan terlihat sangat menarik. Kebanyakan orang menjadi termotivasi untuk menyelamatkan lebih banyak lagi uang mereka. Menabung dan berinvestasi bisa menjadi kecanduan, jika dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

Anda akan menemukan bahwa anggaran tertulis sangat penting untuk menghemat uang Anda. Anda perlu tahu ke mana uang Anda akan pergi untuk membuat perubahan pada cara Anda membelanjakannya. Anggaran tidak hanya memberi tahu Anda di mana Anda membelanjakan uang Anda, akan tetapi juga dapat membantu Anda dalam merencanakan bagaimana Anda membelanjakannya. 

Sertakan ke dalam anggaran Anda rencana pengurangan utang, dan anggaran Anda akan menghasilkan sebagian besar uang Anda. Penganggaran sederhana dan tidak mengharuskan Anda mengorbankan seluruh gaya hidup Anda. Ini hanya rencana untuk mendapatkan ke mana Anda akan pergi di satu waktu yang sudah Anda tentukan di masa depan.

Jika Anda memiliki banyak utang kartu kredit, Anda harus fokus menghabiskan uang tabungan Anda untuk menghilangkan utang itu. Akan lebih bijaksana untuk mengesampingkan sejumlah kecil untuk keadaan darurat, tetapi sebagian besar uang yang Anda simpan sekarang perlu untuk melunasi utang Anda. 

Alasannya sangat sederhana. Mengapa membayar bunga 20% pada utang kartu kredit ketika tabungan Anda menghasilkan bunga 2% hingga 10%? Anda menghabiskan lebih banyak dari yang diperlukan. Bersihkan utang kartu kredit itu dulu. Ini akan menghemat lebih banyak uang Anda dalam jangka panjang.

Banyak orang benar-benar meningkatkan tabungan mereka dengan memasukkan uang tak terduga mereka ke rekening tabungan mereka. Bonus, kenaikan gaji, pengembalian pajak, dan upah lembur Anda benar-benar dapat memompa penghematan Anda. Anda tidak perlu menghabiskan lebih sedikit atau mengurangi lebih banyak, tetapi Anda akan melihat saldo rekening tabungan Anda naik.

Tidak ada rahasia nyata untuk menghemat uang. Anda hanya perlu mulai melakukannya. Itu sering hal yang paling sulit, terutama pada langkah pertama. Tetapi begitu Anda melihat keuangan Anda mulai berubah dan bunga mulai bekerja untuk Anda, Anda akan ketagihan menabung untuk masa depan Anda.

Itulah uraian artikel singkat tentang Manfaat Menabung Untuk Masa Depan Anda. Semoga menjadi penyemangat dan menjadi inspirasi Anda untuk menabung tentunya.

Silahkan berkunjung ke blog saya di www.bizznet.my.id untuk membaca artikel - artikel menarik tentang bisnis, marketing dan investasi.

Post a Comment for " Manfaat Menabung Untuk Masa Depan Anda"