Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Kesalahan Dan Penyebab Menurunnya Laba Perusahaan

 

10 Kesalahan Dan Penyebab Menurunnya Laba Perusahaan

10 Kesalahan Dan Penyebab Menurunnya Laba Perusahaan - Dalam pengalaman kerja saya sebagai orang yang berkecimpung dalam dunia bisnis dan pemasaran, maka saya memiliki kesempatan untuk bekerja dengan sejumlah pemilik bisnis kecil pada berbagai masalah yang terkait dengan penjualan dan pemasaran produk.

Banyak Pemilik bisnis dan usaha yang berjuang untuk menjaga bisnis mereka agar bisa tetap bertahan, sehingga membuat mereka mau tidak mau harus terlibat dalam mengatasi beberapa masalah dan kesalahan berikut yang dapat menjadi penyebab menurunnya laba perusahaan.

Berikut ini adalah 10 Kesalahan Dan Penyebab Menurunnya Laba Perusahaan, antara lain:

1. Mereka Gagal Memasarkan Produknya Secara Tidak Konsisten

Setelah Anda berkomitmen untuk memiliki dan menjalankan bisnis, maka Anda harus bersama-sama berkomitmen untuk memasarkan dan menjual produk dan layanan bisnis tersebut. Sulit, jika bukan tidak mungkin, untuk mengharapakan agar bisnis Anda tetap menguntungkan tanpa adanya komitmen untuk melakukan pemasaran yang berkelanjutan.

Solusi: Pasarkan produk sepanjang waktu dan setiap saat. 

2. Mereka Ragu Untuk "Meminta Barang Penjualan" 

Alih-alih terlihat seperti memaksa atau menjengkelkan, mereka justru membiarkan peluang untuk menghasilkan keuntungan melewati mereka begitu saja. Mereka lebih khawatir tentang apa yang seseorang pikirkan tentang mereka daripada yang mereka lakukan tentang membawa lebih banyak uang ke dalam bisnis mereka. Jika Anda merasa sulit untuk "Meminta barang penjualan", Anda yakinlah bahwa Anda tidak membawa uang sebanyak yang Anda bisa. 

Solusi: Berlatih meminta barang penjualan.

3. Mereka Tidak Meminta Bantuan Dalam Aspek Bisnis Dimana Mereka Paling Membutuhkannya

Sebagian besar pemilik bisnis memiliki kekuatan di area tertentu tetapi apakah karena kebutuhan atau ketidaktahuan mereka, hal itu seringkali berakhir bekerja di daerah yang bukan menjadi bagian dari kekuatan mereka.  

Ketika bisnis tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya, mereka sering menunda-nunda dalam meminta bantuan. Setiap hari yang berlalu dengan kondisi bisnis Anda yang berjalan tidak efisien, maka itu berarti bahwa uang telah hilang dari kantong saku Anda.

Solusi: Dapatkan saran dari ahlinya, seperti pengacara, akuntan, atau profesional layanan lainnya sebelum Anda benar-benar membutuhkannya. 

4. Mereka Tidak Menindaklanjuti Dengan Pelanggan Sebelumnya

Biasanya jauh lebih mudah untuk mendapatkan kembali mantan pelanggan Anda, daripada berusaha untuk mendapatkan pelanggan yang baru. Jika Anda tidak menindaklanjuti dengan pelanggan Anda sebelumnya secara teratur, maka itu artinya Anda telah mengurangi potensi profitabilitas bisnis Anda. 

Solusi: Mengembangkan dan menerapkan metode reguler untuk tindak lanjut pelanggan. 

5. Mereka Tidak Mengambil Stok Reguler Dari Pengeluaran Mereka 

Pemilik bisnis yang cerdas secara teratur akan menilai pengeluaran bisnis mereka dan menemukan cara yang tepat untuk mengurangi biaya tanpa mengorbankan kualitas produknya. Jika Anda belum menyelesaikan analisis biaya akhir-akhir ini,  maka Anda mungkin akan membayar lebih dari yang Anda butuhkan yang akan mengurangi profitabilitas bisnis Anda. 

Solusi: Setidaknya sekali per kuartal meninjau pengeluaran dan bernegosiasi untuk penyesuaian yang sesuai. 

6. Mereka Menghabiskan Sejumlah Besar Biaya Pemasaran Yang Mahal

Brosur produk yang mengkilap dan bahan pemasaran yang apik adalah tambahan yang bagus untuk bentuk pemasaran yang lebih aktif seperti bertemu dengan klien secara langsung, menelepon orang dan berbicara kepada orang-orang. 

Brosur dan kartu nama, tidak peduli seberapa bagusnya itu, tidak akan bisa menggantikan kontak langsung. Jika Anda menghabiskan uang untuk materi pemasaran yang mencolok daripada memasarkan secara langsung, maka Anda akan kurang menguntungkan daripada yang Anda bisa lakukan. 

Solusi: Ambil brosur mengkilap itu dan bagikan langsung kepada orang-orang pada kesempatan berikutnya. 

7. Mereka Menghabiskan Sejumlah Besar Waktu Dalam Kegiatan Yang Tidak Produktif

Jika Anda menghabiskan sebagian besar hari Anda dengan menyelesaikan tugas yang bersifat administratif dan atau tugas yang dapat dengan mudah diselesaikan oleh staf Anda,  maka Anda telah mengurangi profitabilitas Anda. 

Solusi: Lacak waktu Anda dan cari tahu berapa banyak yang Anda buat per jam. Pekerjakan asisten jika Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda dalam pekerjaan administratif.

8. Mereka Mengenakan Biaya Lebih Sedikit Dari Yang Mereka Inginkan

Tantangan ini tampaknya muncul terutama bagi para konsultan, pelatih dan pengusaha solo yang menjual jasa atau servis. Seringkali menggoda untuk menerima lebih sedikit uang daripada yang Anda butuhkan, sehingga Anda mendapatkan "sejumlah uang" daripada "tidak ada uang".  

Setelah waktu berlalu, bekerja terlalu sedikit dapat membuat Anda merasa kelelahan dan kesal dan dibutuhkan potongan mendalam dari profitabilitas Anda. 

Solusi: Berkomitmen bahwa, pada kesempatan berikutnya, Anda akan meminta biaya penuh. Dan kemudian melakukannya. 

9. Mereka Tidak Menggunakan Teknologi Yang Dapat Menghemat Waktu Dan Usahanya 

Sebagai pemilik bisnis, Anda memiliki jumlah waktu dan energi tetap di mana Anda harus memaksimalkan keuntungan Anda. Teknologi dapat membantu Anda untuk melakukan hal ini dalam bentuk mesin penjawab otomatis, pesan suara, koneksi internet nirkabel, perangkat lunak pengenalan ucapan dan semacamnya.  

Semua alat ini dirancang untuk menghemat waktu dan usaha Anda. Jika Anda tidak memanfaatkan teknologi secara konsisten dalam bisnis Anda, maka Anda mungkin tidak menguntungkan seperti yang Anda bisa lakukan.

Solusi: Cari cara agar proses bisnis Anda lebih efisien dengan menggunakan teknologi dengan biaya yang murah. 

10. Mereka Menggunakan Model Atau Rencana Bisnis Yang Sudah Ketinggalan Zaman 

Jika Anda tidak mengikuti tren dalam bisnis Anda, maka Anda akan melihat penurunan profitabilitas Anda yang stabil. 

Solusi: Hadiri rapat dan konferensi yang akan membuat Anda tetap tepat sasaran dengan pasar yang menjadi target Anda. Terapkan cara baru dalam berbisnis dan perbarui rencana bisnis Anda setidaknya setiap beberapa tahun sekali. 

Jika Anda serius dalam meningkatkan profitabilitas bisnis Anda, maka mulailah dengan menerapkan solusi yang disarankan untuk 10 Kesalahan Dan Penyebab Menurunnya Laba Perusahaan di atas.  

Kunjungi blog saya di www.bizznet.my.id untuk membaca artikel - artikel menarik lainnya.

Post a Comment for "10 Kesalahan Dan Penyebab Menurunnya Laba Perusahaan"