Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar tentang Analisis SWOT Adidas

Belajar tentang Analisis SWOT Adidas

Apa itu Analisis SWOT?

Mengutip laman www.investopedia.com Analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) adalah kerangka kerja yang digunakan untuk mengevaluasi posisi kompetitif perusahaan dan untuk mengembangkan perencanaan strategis. Analisis SWOT menilai faktor internal dan eksternal, serta potensi saat ini dan masa depan.

Analisis SWOT dirancang untuk memfasilitasi pandangan yang realistis, berdasarkan fakta, berdasarkan data pada kekuatan dan kelemahan organisasi, inisiatif, atau dalam industrinya. 

Organisasi perlu menjaga agar analisis tetap akurat dengan menghindari keyakinan yang terbentuk sebelumnya atau area abu-abu dan alih-alih berfokus pada konteks kehidupan nyata. Perusahaan harus menggunakannya sebagai panduan dan tidak harus menjadikannya sebagai resep baku.

Adidas merupakan salah satu merek apparel olahraga paling terkenal di dunia saat ini. Merek ini terkenal dengan koleksi sepatunya, tetapi juga memproduksi pakaian dan aksesoris. 

Pada artikel kali ini, kita akan coba mengulik dan menganalisa apa saja yang dilakukan oleh Adidas dari sisi SWOT nya.

Kekuatan Analisis SWOT Adidas Legacy & Heritage

Adidas telah menempuh perjalanan panjang untuk mempromosikan dirinya sebagai merek muda, dengan silsilah dan warisan selama puluhan tahun. Perusahaan ini dimulai pada tahun 1949 dan telah berkembang pesat sejak saat itu.

1. Portofolio produk yang terdiversifikasi

Perusahaan memiliki banyak portofolio produk dengan beragam variasi alas kaki dan aksesori di bawah merek Adidas (segmen mewah) dan Reebok (segmen reguler / kisaran menengah).

2. Posisi keuangan yang kuat

Perusahaan memiliki posisi keuangan yang kuat, dengan 2.400 toko di seluruh dunia menghasilkan $4,3 miliar.

Adidas memiliki strategi distribusi yang efektif untuk produk mereka yang tersedia melalui banyak saluran, menjualnya dari situs internet ke etalase milik perusahaan hingga toko supermarket.

3. Menciptakan titik kontak dengan komunitas untuk merek

Dukungan selebriti dan sponsor organisasi olahraga besar seperti FIFA, UEFA, NBA, dan Olimpiade telah meningkatkan kesadaran pasar Adidas dan, sebagai hasilnya, basis klien yang sangat terfokus.

4. Keanggotaan dan kolaborasi

Hubungan keberlanjutan yang kuat dengan organisasi seperti Organisasi Perburuhan Internasional dan Korporasi Keuangan Internasional telah memberi perusahaan keunggulan dibandingkan pesaing dalam hal menjalankan bisnis yang berkelanjutan.

Kelemahan Adidas dalam analisis SWOT

1. Kisaran harga Adidas Premium

Karena teknologi dan metode produksi yang unik, merek ini hanya dapat diakses oleh sekelompok pembeli tertentu, terutama di negara berkembang.

Adidas telah mengalihdayakan 93 persen produksinya ke produsen pihak ketiga (kebanyakan di Asia) untuk memanfaatkan biaya tenaga kerja yang rendah dan akses yang mudah ke sumber daya. 

Mereka menghadapi risiko menjadi terlalu bergantung pada outsourcing, terutama di pasar Asia. Selain itu, dalam hal merek, kualitas umum barang yang dirasakan oleh konsumen di negara maju adalah masalah besar.

2. Lini produk terbatas

Adidas, bersama dengan merek Reebok yang baru dibeli, hanya memiliki dua merek di bawah payungnya, sementara memiliki lini produk yang luas di dalam masing-masing merek ini. Akibatnya, ada ruang yang lebih besar untuk memperluas portofolio produk.

Peluang Adidas dalam Analisis SWOT

1. Mengubah Gaya Hidup

Barang dan jasa premium sangat diminati karena kejenuhan di ekonomi mapan, perubahan selera dan preferensi, pendidikan, dan perubahan gaya hidup di negara berkembang.

2. Pengembangan pasar

Karena ekonomi maju sudah sangat kompetitif, memasuki pasar baru akan menjadi satu-satunya cara untuk berhasil di masa depan.

3. Perluasan lini produk

Dengan mengejar rencana ini, ia akan membuka serangkaian prospek baru sekaligus memungkinkannya untuk memisahkan diri dari pesaing.

4. Permintaan produk premium meningkat

Jika kita hanya melihat pasar India, permintaan produk premium meningkat pada tingkat 33%. Hal ini menunjukkan potensi perdagangan masa depan dan ukuran pasar yang berkembang di negara berkembang.

5. Integrasi ke belakang

Jika Adidas mengikuti metode ini, mereka akan dapat melindungi hak intelektual mereka sekaligus mengintegrasikan R&D mereka dengan tim operasional untuk bekerja dalam sistem terbuka.

Ancaman Adidas dalam Analisis SWOT 

Meskipun Adidas adalah merek global, namun menghadapi persaingan ketat dari merek premium lainnya seperti Nike, yang merupakan merek No. 1, dan Adidas, yang berada di tempat kedua. Selain itu, pemain lokal, pemain pengganti, dan penembus pasar bersaing secara rutin.

Dominasi Pemasok, karena perusahaan mengalihdayakan sebagian besar produksinya, pemasok memiliki daya tawar yang lebih besar daripada perusahaan.

Undang-undang, bea, dan tarif impor memainkan peran penting dalam harga dan kinerja perusahaan, dengan 35 persen barangnya diproduksi di China dan 93 persen produksi dilakukan di Asia.

Itulah ulasan singkat tentang Analisis SWOT Adidas. Semoga berguna dan bermanfaat untuk para pembaca semua.

Post a Comment for " Belajar tentang Analisis SWOT Adidas"