Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar tentang Analisis SWOT Lifebuoy

Belajar tentang Analisis SWOT Lifebuoy

Apa itu Analisis SWOT?

SWOT adalah singkatan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats.

Kekuatan dan kelemahan bersifat internal perusahaan Anda, yaitu hal-hal yang dapat Anda kendalikan dan dapat Anda ubah. Contohnya termasuk siapa yang ada di tim Anda, paten dan kekayaan intelektual Anda, dan lokasi Anda.

Peluang dan ancaman bersifat eksternal, yaitu hal-hal yang terjadi di luar perusahaan Anda, di pasar yang lebih besar. Anda dapat memanfaatkan peluang dan melindungi dari ancaman, tetapi Anda tidak dapat mengubahnya. Contohnya termasuk pesaing, harga bahan baku, dan tren belanja pelanggan.

Mengapa Perlu Melakukan Analisis SWOT?

Ketika Anda meluangkan waktu untuk melakukan analisis SWOT, Anda akan dipersenjatai dengan strategi yang solid untuk memprioritaskan pekerjaan yang perlu Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Anda mungkin berpikir bahwa Anda sudah tahu semua yang perlu Anda lakukan untuk berhasil, tetapi analisis SWOT akan memaksa Anda untuk melihat bisnis Anda dengan cara baru dan dari arah baru. 

Anda akan melihat kekuatan dan kelemahan Anda, dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya untuk memanfaatkan peluang dan ancaman yang ada di pasar Anda.

Bagi Unilever, Lifebuoy merupakan salah satu produk tertua mereka. Lifebuoy adalah sabun pertama yang mengandung asam karbonat desinfektan, memberikan aroma medis yang kuat dan warna merah cerah. 

Lifebuoy adalah salah satu dari 15 merek global teratas dan telah menjadi merek bernilai miliaran dolar selama bertahun-tahun.

Pada artikel kali ini, kita akan coba mengulik dan menganalisa apa saja yang dilakukan oleh Unilever terhadap merek ini dari sisi SWOT nya.

Kekuatan dalam Analisis SWOT Lifebuoy 

1. Kredibilitas Merek

Lifebuoy sendiri telah berada di pasar selama lebih dari 100 tahun dan telah mendapatkan kepercayaan dari dari konsumen setia mereka. Lifebuoy telah mendapatkan kredibilitas dan basis konsumen yang berdedikasi berkat pendekatan dan komunikasi yang berfokus pada kesehatan.

2. Pendekatan medis

Lifebuoy selama ini telah memposisikan dirinya sebagai produk dengan pendekatan obat yang dapat melawan kuman sekaligus menyediakan sabun mandi desinfektan yang sehat.

3. Harga Terjangkau

Lifebuoy tersedia dengan berbagai pilihan harga untuk menarik minat konsumen, terutama pasar di pedesaan.

4. Distribusi yang Luar Biasa

Lifebuoy memiliki jaringan distribusi global yang kuat yang memungkinkan produk menjangkau bahkan bagian paling terpencil di dunia. Lifebuoy telah melakukan upaya khusus untuk hadir di pasar pedesaan, di mana produk tersebut sangat diminati.

5. Perpanjangan Lini Produk

Lifebuoy telah secara efektif memperluas lini produk mereka dengan memperkenalkan barang-barang populer seperti mencuci tangan, mencuci tubuh, dan pembersih tangan. Ini telah membantu pertumbuhan pendapatan Lifebuoy.

6. Produk Unilever

Lifebuoy memiliki keunggulan kompetitif berkat senjata Unilever, yang membantunya dengan distribusi serta pembiayaan.

7. Kampanye kesadaran dengan pesan sosial

Lifebuoy telah meluncurkan sejumlah inisiatif kesadaran publik, yang semuanya memiliki pesan sosial. Slah satu contohnya adalah program "hath dhoye kya" Lifebuoy? Program tersebut berfokus pada cuci tangan yang benar selama Kumbh Mela di India.

Kelemahan Lifebuoy dalam Analisis SWOT

1. Persepsi merek yang berpusat pada pria

Lifebuoy dipandang sebagai merek yang berpusat pada pria, terlepas dari upaya Lifebuoy untuk memproyeksikan merek tersebut sebagai merek keluarga.

2. Tidak disukai di pasar kota

Meskipun mereka telah menetapkan harga produk agar dapat diakses oleh semua pasar, terutama pasar pedesaan, penetrasi pasar perkotaannya minimal.

3. Asumsi sebagai produk berkualitas lebih rendah

Lifebuoy dianggap sebagai produk di bawah standar karena biaya yang rendah dan citra "bukan sabun kecantikan".

Peluang Lifebuoy dalam Analisis SWOT

1. Meningkatkan pendapatan yang dapat dibelanjakan

Ketika pendapatan yang dapat dibelanjakan meningkat di seluruh dunia, diproyeksikan bahwa konsumsi dalam bisnis FMCG juga akan meningkat, yang menghasilkan peningkatan penjualan.

2. Mempromosikan Lifebuoy dengan sebuah pesan

Dengan mempromosikan produknya, Unilever berfokus pada penawaran pesan sosial. Lifebuoy adalah contoh lain dari produk yang dipasarkan dengan pesan sosial. Selanjutnya, Lifebuoy harus memulai misi untuk memerangi epidemi di seluruh dunia.

3. Meningkatkan kesadaran kesehatan

Secara global, ada peningkatan kesadaran kesehatan, yang dapat memberikan Lifebuoy keuntungan karena komposisi desinfektannya.

Ancaman Lifebuoy dalam Analisis SWOT:

1. Persaingan ketat

Lifebuoy memiliki persaingan ketat dari berbagai merek domestik dan internasional, termasuk Dettol dan Savlon. Pangsa pasar dipengaruhi oleh persaingan sengit.

2. Kanibalisasi Pasar

Lux, Dove, dan produk Unilever lainnya termasuk dalam kelompok ini. Terlepas dari kenyataan bahwa semua produk ditargetkan pada kategori pasar yang terpisah, mereka mencopot satu sama lain pada tingkat mikro.

3. Meningkatkan kesadaran akan produk Herbal

Secara global, orang menjadi lebih sadar akan produk berbasis herbal. Ini mungkin berdampak pada pasar Lifebuoy, mengingat sebagian besar produk berbasis kimia.

Demikianlah ulasan singkat tentang Analisis SWOT Lifebuoy. Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk Anda.

Post a Comment for " Belajar tentang Analisis SWOT Lifebuoy "