Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar tentang Analisis SWOT Alibaba

Belajar tentang Analisis SWOT Alibaba

Apa itu Analisis SWOT?

SWOT adalah singkatan dari Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats.

Kekuatan dan kelemahan bersifat internal perusahaan Anda, yaitu hal-hal yang dapat Anda kendalikan dan dapat Anda ubah. Contohnya termasuk siapa yang ada di tim Anda, paten dan kekayaan intelektual Anda, dan lokasi Anda.

Peluang dan ancaman bersifat eksternal, yaitu hal-hal yang terjadi di luar perusahaan Anda, di pasar yang lebih besar. Anda dapat memanfaatkan peluang dan melindungi dari ancaman, tetapi Anda tidak dapat mengubahnya. Contohnya termasuk pesaing, harga bahan baku, dan tren belanja pelanggan.

Mengapa Penting Melakukan Analisis SWOT?

Ketika Anda meluangkan waktu untuk melakukan analisis SWOT, Anda akan dipersenjatai dengan strategi yang solid untuk memprioritaskan pekerjaan yang perlu Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Anda mungkin berpikir bahwa Anda sudah tahu semua yang perlu Anda lakukan untuk berhasil, tetapi analisis SWOT akan memaksa Anda untuk melihat bisnis Anda dengan cara baru dan dari arah baru. 

Anda akan melihat kekuatan dan kelemahan Anda, dan bagaimana Anda dapat memanfaatkannya untuk memanfaatkan peluang dan ancaman yang ada di pasar Anda.

Alibaba.com adalah merek terkenal yang memfasilitasi transaksi e-commerce konsumen-ke-konsumen, dan bisnis-ke-bisnis.

Merek Waralaba ini memiliki kekuatan di Cina, dan sekarang berusaha untuk memperluas ke negara lain melalui akuisisi dan pendirian merek sendiri.

Pada artikel kali ini, kita akan coba mengulik dan menganalisa apa saja yang dilakukan oleh Alibaba dari sisi SWOT nya.

Kekuatan analisis SWOT Alibaba

1. Skala operasi

Ketika saya memikirkan Alibaba, salah satu hal pertama yang terlintas dalam pikiran adalah ukuran operasinya dan pasar di mana ia bekerja. Cina adalah negara terpadat di dunia dan salah satu ekonomi paling kuat di dunia, sehingga memiliki benteng di pasar seperti itu dan menjadi pemimpin pasar bukanlah tugas kecil. 

Kisah sukses semacam ini tidak diragukan lagi akan memainkan peran penting dalam menentukan lintasan pertumbuhan masa depan Alibaba.

2. Pangsa Pasar

Alibaba memiliki pangsa pasar sebesar 58 persen di China pada tahun 2015, sedangkan pesaing terdekatnya hanya memiliki pangsa pasar sebesar 22 persen. Salah satu keunggulan utama China adalah supremasi pangsa pasarnya didasarkan pada dukungan dari produsen yang solid yang mampu produksi massal dan distribusi global.

3. Pemimpin dengan Visi

Kekuatan lain, betapapun kualitatifnya, adalah adanya seorang visioner dalam kepemimpinan organisasi, seperti Jack Ma. Kita semua pernah mendengar tentang ide-ide kreatif Steve Jobs, dan banyak orang memuji kesuksesan Apple kepadanya. 

Sangat penting untuk memiliki pendiri/pemimpin ikonik yang dapat memimpin dari depan, dan popularitas serta tujuan Jack Ma untuk perusahaan tidak mengecewakan.

4. Hubungan mitra yang positif

Alibaba juga menciptakan lingkungan yang sangat ramah bagi semua orang yang berkontribusi pada kesuksesan perusahaan. Skema keuangan, platform yang dapat diskalakan, penyimpanan cloud, dan akses real-time ke semua informasi tersedia untuk pedagang, konsumen, dan dealer pihak ketiga, antara lain. Akibatnya, semakin banyak mitra yang tertarik untuk bermitra dengan Alibaba.

Kelemahan Alibaba dalam analisis SWOT 

1. Ada terlalu banyak pedagang 

Alibaba tidak menetapkan batasan jumlah penjual yang mendaftar untuk bekerja dengan perusahaan. Akibatnya, ada banyak pedagang yang bersaing di pasar online. Meskipun ini bermanfaat bagi pembeli, mungkin tidak bermanfaat bagi pembeli. 

Penjual akan mengakhiri kesepakatan jika mereka tidak dapat menikmati kesuksesan karena persaingan yang ketat. Ada lebih dari 8,5 juta vendor aktif ketika Alibaba go public beberapa tahun lalu, dan jumlahnya terus meningkat sejak saat itu. 

Akibatnya, beberapa perusahaan terkenal telah berhenti menjual barang-barang mereka di situs web Taobao dan Tmall Alibaba.

2. Diskon yang sangat tinggi

Kelemahan lain dari organisasi ini adalah ketidakmampuannya untuk mengizinkan penjual menjual dengan harga yang wajar dan menguntungkan. Sebagian besar pendapatannya berasal dari penjualan ruang iklan ke vendor. Penjual saat ini tertindas, tanpa kebebasan atau kesempatan untuk menjual dengan harga yang menguntungkan.

Analisis Peluang Alibaba dalam analisis SWOT 

1. Pengalaman di China 

Alibaba memiliki banyak peluang. Sebagian besar karena kelebihannya. Ini memiliki prospek yang sangat besar dalam hal menjangkau pasar tambahan karena memiliki fondasi yang kuat di pasar Cina dan pemahaman yang menyeluruh tentang sektor e-commerce. 

Terlepas dari kenyataan bahwa pasar India didominasi oleh dua perusahaan, masuknya Alibaba dalam skala besar berpotensi menyebabkan gangguan yang signifikan.

2. Investasi meningkat, seperti permintaan portal e-commerce

Alibaba adalah salah satu dari sedikit portal E-commerce yang telah mendapatkan kepercayaan dari penggunanya. Secara alami, ketika Alibaba memasuki negara baru, ia membawa serta kredibilitas merek selama bertahun-tahun. 

Dan karenanya, ini memberikan persaingan ketat bagi para pemain e-commerce lokal. Ia juga menikmati dukungan dari produsen.

3. Model berbasis agregator 

Model berbasis agregator membantunya memangkas biaya dan mempertahankan bisnis yang ramping. Ini membuka kemungkinan mereplikasi strategi di pasar lain.

Ancaman Alibaba dalam analisis SWOT

1. Flipkart dan Amazon India

Kehadiran dan ketegasan institusi Flipkart dan Amazon akan menjadi ancaman terbesar bagi Alibaba jika ingin memperluas operasinya ke negara lain, khususnya India. 

Kemampuan penuh Alibaba akan membutuhkan waktu untuk berkembang, dan dua pemain utama dalam bisnis E-Commerce India harus merancang metode baru untuk tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan.

2. Tingkat persaingan secara keseluruhan meningkat

Perusahaan Cina lainnya seperti Tencent dan JD.com bersaing dengan Alibaba di tingkat lokal, sementara Amazon dan eBay menimbulkan tantangan di seluruh dunia.

3. Stabilitas ekonomi

Keberhasilan perusahaan juga akan ditentukan oleh stabilitas ekonomi Cina. Namun, karena hampir semua pendapatan Alibaba berasal dari China, pasar global hanya akan berdampak negatif dalam keadaan ekstrim.

4. Profitabilitas menurun

Profitabilitas sebagian besar perusahaan E-niaga menurun sebagai akibat dari meningkatnya permintaan akan tingkat layanan dari situs web E-niaga, yang juga menjadi sumber perhatian Alibaba.

Post a Comment for " Belajar tentang Analisis SWOT Alibaba"