Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Aturan Penting Mengelola Keuangan Pribadi (Personal Finance)

4 Aturan Penting Mengelola Keuangan Pribadi (Personal Finance)

Banyak orang sukses memiliki mentor untuk membimbing mereka dalam mempelajari keterampilan yang mengarah pada pencapaian, dan saya akan melakukan yang terbaik untuk menawarkan kepada Anda beberapa perspektif keuangan pribadi yang penting. 

Mereka mengatakan bahwa hidup adalah sekolah tempat Anda belajar pelajaran setelah ujian. Hal yang sama berlaku untuk uang, tetapi Anda tidak dapat kembali ke masa lalu untuk memperbaiki kesalahan keuangan bencana yang telah Anda buat dari waktu ke waktu. 

Selama Anda masih hidup, Anda adalah pemain di bidang permainan uang, dan Anda perlu mengetahui aturan dasar sebelum Anda ditandai oleh pemain berpengalaman. 

1. Untuk mendapatkan uang dari uang

Satu-satunya cara untuk melepaskan diri dari menjadi karyawan selama sisa hidup Anda adalah dengan menyisihkan tabungan. 

Keuntungan dari tabungan Anda dapat digunakan untuk meningkatkan pengeluaran gaya hidup Anda, mengurangi jumlah tahun sampai Anda pensiun, atau memungkinkan Anda untuk benar-benar memiliki masa pensiun sama sekali. Bagaimana Anda sejauh ini untuk menabung dan membuatnya menghasilkan uang untuk Anda?

Setiap rupiah yang Anda keluarkan menghilangkan kemampuannya untuk menghasilkan uang untuk Anda di masa depan. Saya tidak menyarankan Anda berhenti makan di restoran dan pergi ke bioskop, saya menyarankan Anda menggunakan akal sehat, seperti melihat empat pengeluaran terbesar Anda selama beberapa bulan terakhir dan secara agresif mencari cara untuk menguranginya.

Hambatan terbesar untuk aturan pertama adalah hutang pribadi dalam bentuk apa pun (selain hipotek untuk rumah Anda) atau sewa dalam bentuk apa pun. Setiap utang pribadi yang Anda keluarkan mengurangi kekayaan bersih Anda yang bisa saja bekerja untuk Anda sepanjang hidup Anda. 

Memperoleh hutang pribadi persis seperti melubangi dompet Anda. Dalam permainan uang, transfer kekayaan yang sangat besar terjadi antara 'Yang Memiliki' dan 'Yang Tidak Memiliki' atas kata-kata, "Saya mampu membayar pembayaran bulanan itu." 

Berikut adalah petunjuknya: "Yang-Tidak Memiliki" adalah orang-orang yang membuat pernyataan itu. Jadi tolong jangan pernah melihat apakah Anda mampu membayar pembayaran bulanan untuk melakukan pembelian; bayar tunai setelah Anda menabung untuk item tersebut. 

Semua yang Anda beli dengan paket pembayaran bunga 0% harus terlalu mahal. Di balik layar, kontrak pembayaran Anda dijual kepada pemberi pinjaman dengan tingkat bunga, dan pengecer tidak melakukan ini tanpa membangun keuntungan yang dapat diterima untuk diri mereka sendiri. 

Tanyakan kepada pengecer berapa harga barang tersebut jika Anda membayar penuh, dan Anda bisa mendapatkan harga yang lebih rendah.

2. Selalu kendalikan keuangan Anda

Langkah pertama dalam kehilangan kendali keuangan dan terjerumus ke dalam masalah utang dan uang sama sekali tidak berurusan dengan keuangan pribadi. Bersiaplah untuk kecelakaan keuangan bencana dengan kesehatan, jiwa, cacat, dan asuransi mobil. Rencanakan dan simpan sebelum Anda membeli sesuatu. 

Buat neraca untuk diri Anda sendiri setidaknya setahun sekali untuk melihat kemajuan Anda. Bayar setiap tagihan tepat waktu, atau hubungi kreditur untuk memberi tahu mereka apa yang sedang terjadi dan lakukan pembayaran sebagian. 

Jika Anda sementara tidak dapat menangani semua ini, mintalah bantuan segera dan temukan seseorang yang dapat dipercaya yang akan melakukan ini untuk Anda. 

Sumber masalah keuangan yang paling umum adalah trauma dalam hidup Anda. Ini bisa berupa masalah kesehatan (biaya besar atau tidak dapat bekerja), masalah emosional (perceraian atau kehilangan orang yang dicintai), atau masalah keuangan (kehilangan pekerjaan, pemotongan gaji, relokasi, pengeluaran tak terduga). 

Apapun sumbernya, itu mengarah pada tiga masalah emosional: 

1. Yang pertama adalah penyangkalan

2. Yang kedua adalah kewalahan

3. Yang ketiga adalah keputusasaan

Penolakan menyebabkan orang tidak membuka surat mereka dan melanjutkan pengeluaran seperti biasa, dan kewalahan melumpuhkan orang dari mendapatkan bantuan dan menghadapi situasi. 

Misalnya, jika Anda baru saja kehilangan orang yang dicintai, menyeimbangkan buku cek dan membayar tagihan bukanlah prioritas utama Anda. 

Sayangnya, sejumlah kecil utang tumbuh dengan bunga dan denda menjadi gunungan utang yang tampaknya tidak dapat diatasi; meninggalkan Anda dengan pilihan menjijikkan seperti kebangkrutan, kredit buruk, pengeluaran gaya hidup menurun, dan stres tambahan yang Anda bawa ke hubungan dan pekerjaan.

3. Perhatikan keuangan orang-orang yang paling sering menghabiskan waktu dengan Anda

Apakah mereka saudara, teman, atau rekan kerja, orang-orang ini memiliki dampak paling besar pada kehidupan finansial Anda. Apakah mereka secara konsisten mengikuti dua aturan pertama permainan uang? Apakah mereka menghasilkan uang yang hampir sama dengan Anda?

Jika jawaban untuk salah satu dari mereka adalah "tidak", maka saya sarankan Anda mulai menghabiskan lebih sedikit waktu dengan mereka, dan inilah sebabnya. 

Jika mereka tidak secara konsisten mengikuti dua aturan pertama, kemungkinan Anda juga tidak akan melakukannya. Anda secara tidak sadar mencontoh orang-orang di sekitar Anda, dan semakin banyak orang yang Anda temui yang tidak mengikuti dua aturan pertama, semakin besar kemungkinan Anda secara tidak sadar mengikuti mereka. 

Tidak ada yang berpikir mereka 'mencoba untuk mengikuti keluarga si A', tetapi kita semua melakukannya sampai batas tertentu, dan inilah mekanismenya. 

Di sisi lain, jika mereka menghasilkan lebih banyak uang daripada Anda, Anda mungkin terjerat banyak hutang untuk mengejar mereka (bertemu dengan mereka di restoran mahal favorit mereka, bergabung dengan mereka untuk liburan mahal lainnya, membeli mobil baru karena Anda adalah junker di antara semua teman Anda, dan sebagainya.) 

Di sisi lain, jika sebagian besar teman Anda berpenghasilan jauh lebih sedikit daripada Anda, Anda akan berubah menjadi bos (bankir) grup tersebut. 

Misalnya, Anda akan menemukan diri Anda dalam pola meletakkan kartu kredit Anda untuk membayar makan malam dan mereka semua akan mengatakan mereka akan membayar Anda kembali nanti, tetapi 50% dari mereka tidak pernah melakukannya, dan mereka tidak keberatan mengambil keuntungan dari Anda karena, bagaimanapun, Anda mendapatkan lebih banyak daripada mereka. 

Atau, Anda dan teman Anda perlu membayar deposit untuk menyewa rumah dan mereka mengharapkan Anda untuk menulis cek karena Anda memiliki uang dan mereka tidak. 

Lingkungan tempat Anda tinggal juga menciptakan tekanan keuangan untuk melanggar dua tujuan keuangan pertama. Tetangga Anda cenderung menjadi teman (dan saya sudah membahas ini), tetapi mereka juga mempengaruhi ukuran rumah Anda, luas taman Anda, harga furniture, dan ukuran TV Anda. 

Jadi perhatikan baik-baik keuangan tetangga Anda – jika Anda tidak suka bagaimana mereka mengukur dua aturan pertama, pindahlah ke tempat yang lebih selaras dengan tujuan keuangan Anda. 

Jika keluarga dan teman Anda tidak memenuhi syarat secara finansial, temukan beberapa orang tambahan untuk menghabiskan waktu bersama yang memiliki kebiasaan finansial yang ingin Anda tiru dan pelajari. 

Saya memiliki teman-teman dengan berbagai pendapatan, tetapi jauh lebih sulit untuk mengikuti dua aturan uang pertama ketika saya dengan ekstrem dari pendapatan saya sendiri. Anda hanya akan merasa lebih mudah untuk mencapai aturan berikutnya ketika kelompok sebaya yang Anda ajak bergaul lebih dekat dengan tingkat ekonomi Anda.

4. Percepat tiga aturan lainnya

Tambahkan ke tabungan Anda dengan meningkatkan pendapatan Anda melalui kemajuan karir Anda. Tidak masalah apakah Anda menikmatinya, itu adalah sarana untuk mencapai tujuan, dengan tujuan adalah kemajuan menuju pemenuhan aturan nomer 1. 

Tingkatkan jumlah yang Anda hemat dengan menurunkan empat pengeluaran tertinggi Anda secara agresif. Mulailah menghabiskan waktu dengan orang-orang yang berbicara tentang menginvestasikan uang dan secara sistematis membangun kekayaan mereka paling cepat. 

Kombinasi dari keempat aturan ini diharapkan akan menawarkan langkah selanjutnya untuk Anda ambil hari ini untuk mulai mendapatkan lebih banyak 'kemenangan' dalam permainan uang.

Post a Comment for " 4 Aturan Penting Mengelola Keuangan Pribadi (Personal Finance)"