Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Artikel tentang Ekonomi Indonesia

Cara Membuat Artikel tentang Ekonomi Indonesia

Bagi anda yang sedang menjadi mahasiswa di jurusan ekonomi atau anda yang bekerja di perusahaan yang ada kaitannya dengan ekonomi, dapat dipastikan kalau anda banyak membaca artikel ekonomi Indonesia.

Artikel-artikel dengan tema ekonomi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan mengenai kondisi perekonomian di Indonesia terkini.

Tidak hanya orang-orang yang bekerja di bidang ekonomi, orang awam pun seringkali membaca artikel ini untuk sekedar tahu apa yang terjadi di negara kita tercinta. 

Selain membaca artikel, ada kalanya anda diminta untuk membuat artikel ekonomi tersebut. Bagi anda yang sudah berpengalaman membuat artikel tentunya tidak akan kesulitan, tapi bagi anda yang belum terbiasa seringkali mengalami kesulitan.

Pada kesempatan kali ini akan dibagi sedikit tips mengenai cara menyusun sebuah artikel ekonomi yang baik.

Menentukan Masalah, Sudut Pandang dan Judul Artikel

Sebelum menyusun sebuah artikel, pertama-tama tentukan masalah apa yang akan dibahas. Seringkali sulit menentukan apa masalah yang ingin dibahas dalam artikel, khususnya masalah yang aktual dan menarik untuk dibahas. Beberapa trik yang dapat dilakukan untuk dapat menentukan masalah yaitu :

1. Amati pembicaraan orang-orang di sekitar anda

Biasanya tema atau masalah yang banyak dibicarakan oleh orang di sekitar anda adalah masalah aktual yang diketahui oleh mereka. Misalnya kenaikan harga BBM, masalah korupsi, investasi, dan lain sebagainya. Membuat artikel dengan tema yang sedang populer membuat artikel akan lebih menarik untuk dibaca.

2. Banyak membaca dan melihat berita televisi

Cara ini juga dapat dilakukan agar anda tahu apa yang sedang terjadi di sekitar kita. Terkadang permasalahan yang diberitakan oleh media memang terkesan terlalu besar atau masalah tingkat tinggi. 

Anda bisa mempersempit masalah tersebut dengan menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari atau yang bisa dirasakan sasaran pembaca artikel.

3. Berbicara dengan pakar

Cara ini hanya dapat dilakukan jika anda memiliki koneksi kepada para pakar. Apabila anda masih berstatus mahasiswa, anda dapat berbicara dengan dosen anda mengenai kondisi ekonomi Indonesia secara umum. Anda juga dapat menghubungi pakar tersebut melalui email atau kontak yang ada.

Penentuan masalah ini yang akan menentukan isi dari artikel yang akan dibuat. Ada baiknya anda mempertimbangkan mengenai sasaran pembaca artikel anda. Sebagai contoh anda ingin mengirimkan artikel anda pada koran nasional maka masalah yang dibahas lebih kepada masalah ekonomi nasional. 

Apabila anda diminta untuk menulis pada koran terbitan daerah atau lokal, masalah yang dibahas akan lebih mengena jika skalanya lebih kecil dan sederhana. Lain lagi bila anda menulis artikel ekonomi untuk remaja, maka masalah yang dibahas bisa dihubungkan dengan tema populer remaja saat ini.

Setelah menemukan masalah yang ingin dibahas, selanjutnya tentukan point of view atau sudut pandang dari artikel anda. 

Sebagai contoh, anda ingin membahas tentang kenaikan harga bawang merah, maka tentukan sudut pandang permasalahan itu misalnya dari sisi pedagang bawang, sisi petani bawang atau dari sisi konsumen. Sudut pandang ini penting untuk lebih memfokuskan arah pembahasan artikel anda.

Tak kalah pentingnya adalah menentukan judul dari artikel anda. Beberapa orang lebih nyaman jika menentukan judul tulisan pada saat awal penulisan dengan alasan lebih membantu saat membuat isi tulisan. 

Sebaliknya ada beberapa orang yang lebih suka membuat judul pada saat tulisan/ artikel sudah selesai dibuat karena judul menyesuaikan isi artikel.

Kedua cara tersebut dapat dilakukan sesuai dengan selera anda, yang terpenting adalah judul artikel harusnya menarik perhatian pembaca. Gunakan kalimat-kalimat yang singkat, namun mengena pada isi artikel. 

Misalnya artikel yang dibuat mengangkat masalah tentang kenaikan harga bawang merah, judulnya dapat disusun sebagai berikut : “Bawang merah melonjak, Ibu rumah tangga panik” atau “Si bawang merah membuat pedagang bingung”.

Mencari Literatur Atau Sumber Referensi Terkait

Sesudah menentukan masalah dan sudut pandangnya, selanjutnya mencari literatur atau sumber referensi terkait dengan masalah tersebut. Literatur bisa didapatkan dari buku-buku teori ekonomi atau jurnal-jurnal penelitian dalam negeri maupun luar negeri. 

Sumber referensi juga tidak hanya dalam bentuk tertulis tapi juga wawancara dari ahli-ahli ekonomi dapat dijadikan sebagai sumber referensi artikel anda.

Ada baiknya anda mengecek dahulu validitas literatur yang anda baca agar informasi yang anda tulis nantinya pada artikel bukanlah informasi yang salah. Perlu diingat bahwa sumber-sumber referensi tersebut bukan untuk dijiplak atau hanya ditulis ulang, melainkan untuk dianalisis kemudian ditulis menggunakan bahasa anda sendiri.

Hal ini dilakukan untuk menghindari plagiasi artikel anda dengan tulisan orang lain. Kalaupun anda ingin mengutip kalimat dari sumber yang ada, maka alangkah baiknya kalau mencantumkan sumber dari kutipan tersebut.

Membuat Karangan Artikel

Cara Membuat Artikel tentang Ekonomi Indonesia

Untuk membuat artikel yang baik sebaiknya buat dulu kerangka artikel yang akan dibuat. Kerangka ini dibuat sebagai panduan penulisan artikel dan menghindari ketidak fokusan artikel yang ditulis. 

Terkadang saat kita menulis dengan tanpa panduan, pokok bahasan dalam tulisan yang kita buat seringkali menjadi tidak fokus dan malah membahas hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu terkait dengan pokok bahasan yang sedang dibuat.

Hal ini akan menjadikan artikel kita tidak enak dibaca dan malahan akan membingungkan para pembaca artikel. Selain itu, kerangka artikel mempermudah kita mencari literatur yang benar-benar kita butuhkan meski mungkin kita sudah banyak mengumpulkan banyak referensi tentang pokok bahasan terkait.

Gunakan Bahasa dan Kalimat yang Baik dan Benar

Selanjutnya mulai untuk menulis artikel dengan bahasa dan kalimat yang benar. Penggunaan bahasa Indonesia yang baku menjadi salah satu syarat artikel yang baik. Anda bisa menggunakan istilah-istilah ekonomi yang lazim dan dapat dimengerti oleh pembaca yang tidak semuanya ahli ekonomi.

Apabila terpaksa menggunakan istilah khusus ekonomi, ada baiknya dijelaskan definisi atau pengertian dari istilah tersebut. 

Selain bahasa, penggunaan kalimat yang memenuhi kaidah kalimat sempurna juga menjadi syarat artikel yang bagus. Kalimat sempurna terdiri dari subjek-predikat-objek atau SPO, bila diperlukan bisa ditambahkan keterangan sehingga menjadi SPOK.

Melakukan Review Artikel

Setelah selesai menulis artikel, sebaiknya baca kembali artikel yang dibuat. Membaca kembali artikel bertujuan untuk memeriksa kesalahan tulis (typing error) sekaligus melakukan review atas kalimat dan isi artikel. Anda dapat memeriksa artikel yang dibuat sebanyak 2 kali untuk memastikan bahwa artikel anda sudah layak untuk dipublikasikan.

Disamping itu, ada baiknya untuk meminta orang lain untuk membaca artikel yang dibuat agar penilaiannya atas artikel menjadi lebih obyektif. Anda bisa meminta para pakar atau ahli di bidang ekonomi untuk memeriksa kesesuaian isi artikel. 

Anda juga bisa meminta teman anda yang tidak mendalami ilmu ekonomi untuk membaca artikel tersebut dan memberikan penilaiannya dari sisi orang awam.

Sesudah proses ini selesai, lakukan proses perbaikan sesuai hasil review dan jangan takut terhadap kritik karena hal itu akan membuat artikel kita tentang ekonomi Indonesia menjadi semakin baik.

Post a Comment for "Cara Membuat Artikel tentang Ekonomi Indonesia"