Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peran Pemerintah pada Sektor Kewirausahaan untuk Ekonomi

Peran Pemerintah pada Sektor Kewirausahaan untuk Ekonomi

Pentingkah peran pemerintah pada sektor kewirausahaan di Indonesia? Jawabannya tentu saja sangat penting karena bagaimanapun juga pemerintah dan masyarakat dalam suatu negara memiliki tanggung jawab yang sama sebagai penggerak perekonomian bangsa. 

Meski demikian, banyak orang yang belum mengetahui sejauh mana peranan pemerintah dalam bidang kewirausahaan tersebut.

Pengertian Kewirausahaan

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan wirausaha? Wirausaha terdiri dari dua kata, yaitu ‘wira’ dan ‘usaha’. Wira berarti berani atau teladan, sedangkan usaha memiliki arti sebuah upaya dalam memenuhi kebutuhan hidup. 

Dari definisi tersebut, maka kita bisa mengartikan wirausaha sebagai suatu keberanian seseorang dalam melakukan upaya-upaya tertentu demi memenuhi kebutuhan hidupnya, caranya dengan memaksimalkan segala potensi yang ada untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, baik bagi dirinya maupun orang lain.

Sedangkan kewirausahaan adalah sifat atau mental yang mencerminkan semangat wirausaha itu sendiri.

Seseorang yang melakukan wirausaha biasanya disebut sebagai wirausahawan, yaitu seseorang yang memiliki semangat dan kemampuan untuk bekerja menentukan produk baru, menentukan cara produksinya, serta memasarkannya. 

Wirausaha juga identik dengan orang yang bisa bekerja sendiri tanpa bergantung kepada orang lain, seperti bos atau pimpinan.

Dalam kehidupan sehari-hari, seorang wirausahawan biasanya adalah orang yang cerdas dan teliti. Sifat ini sangat berguna baginya untuk menentukan langkah-langkah pekerjaan yang ia ambil. 

Wirausahawan juga termasuk orang yang kreatif dan inovatif, dan hal ini bisa terlihat dari pekerjaan yang ia ciptakan sendiri tanpa mau bergantung kepada orang lain. 

Ciri lain dari seorang wirausahawan yang baik adalah berani mengambil resiko, percaya diri, memiliki etos kerja yang tinggi, bertanggung jawab, dan selalu berorientasi ke depan.

Potensi Wirausaha di Indonesia

Berbicara mengenai potensi, maka Indonesia adalah salah satu negara dengan potensi ekonomi yang sangat baik. Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas yang memungkinkan seorang pengusaha memasarkan produknya ke berbagai daerah dan menjaring pelanggan. 

Indonesia juga memiliki sumber daya alam yang melimpah sebagai modal untuk membuka suatu usaha. Pertanyaannya, mengapa sektor kewirausahaan di Indonesia terkesan lesu?

Sebenarnya, nyaris semua orang memiliki keinginan untuk berwirausaha. Sebagian besar dari mereka juga menyadari bahwa wirausaha memiliki banyak dampak positif dalam kehidupan, khususnya dalam hal perekonomian. 

Sayangnya, kebanyakan dari mereka juga takut untuk memulai suatu usaha. Selain takut, ada pula hambatan-hambatan lain yang membuat mereka mengurungkan niat untuk berwirausaha, misalnya terkendala modal atau minimnya wawasan mengenai dunia usaha.

Seperti yang kita tahu, saat memulai wirausaha kita akan menghadapi dua kemungkinan, yaitu berhasil atau gagal. Ironisnya, sebagian orang lebih terpaku pada kemungkinan gagal, sehingga mengabaikan potensi keberhasilan usahanya. 

Mereka takut merugi, takut kehidupan atau kondisi perekonomian mereka semakin buruk. Hasilnya, mereka lebih memilih untuk bekerja kepada orang lain yang memiliki jaminan ekonomi yang lebih jelas.

Peran Wirausaha Dalam Perekonomian Negara

Sebelum membahas mengenai peran pemerintah pada sektor kewirausahaan, mari kita ulas mengenai peranan wirausaha dalam perekonomian negara. Wirausaha dan entrepreneur punya peran besar dalam memajukan Indonesia di bidang ekonomi

Mengapa bisa demikian? Berikut penjelasannya.

1. Wirausaha adalah solusi dalam masalah ketenagakerjaan

Seperti yang kita ketahui, angka pengangguran di Indonesia masih tergolong cukup tinggi. Jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia di negara kita rupanya tidak sebanding dengan jumlah sumber daya manusia atau SDM yang siap kerja.

Hal ini semakin diperparah dengan adanya anggapan bahwa bekerja itu berarti harus melamar masuk ke dalam suatu perusahaan atau institusi tertentu, sehingga semangat untuk berwirausaha belum merata sepenuhnya pada masyarakat Indonesia.

Padahal, wirausaha bisa menjadi solusi dalam mengurangi tingkat pengangguran. Bayangkan apabila setiap orang yang menganggur mulai memutar otak untuk berwirausaha, maka roda perekonomian keluarganya bisa tetap berputar, dan hal ini secara tak langsung ikut menggerakkan roda ekonomi negara. 

Tak hanya itu, orang-orang yang berwirausaha juga memiliki kesempatan untuk menciptakan lapangan kerja baru, sehingga hal ini bisa membuat angka pengangguran berkurang lebih banyak lagi.

2. Wirausaha mampu meningkatkan pendapatan masyarakat dan negara

Wirausaha mampu memperbaiki tingkat perekonomian masyarakat. Misalnya, kita berwirausaha dengan memproduksi dan memasarkan makanan keripik singkong buatan kita sendiri. Kita turut menyediakan lapangan kerja bagi warga sekitar yang awalnya mungkin tidak punya pekerjaan alias menganggur. 

Dengan demikian, warga atau orang-orang yang hidup di sekitar kita perlahan-lahan mulai memperbaiki kondisi perekonomian keluarganya. Jadi, wirausaha tidak hanya meningkatkan pendapatan kita sebagai pelaku wirausaha, tetapi juga masyarakat sekitar yang ikut terlibat dalam pekerjaan yang kita ciptakan.

Sebagai seorang entrepreneur atau pelaku wirausaha, kita juga turut membantu meningkatkan pendapatan negara karena kita ikut aktif dalam membayar pajak yang merupakan sumber pemasukan APBN/APBD. 

Selain itu, apabila usaha atau bisnis kita sudah mencapai skala besar hingga terlibat kegiatan ekspor dan impor antar negara, maka kita juga ikut berperan serta dalam menyumbang devisa negara.

Peran Pemerintah dalam Memajukan Kewirausahaan

Setelah mengetahui peran penting wirausaha terhadap perekonomian negara, sekarang mari kita bahas mengenai peran pemerintah pada sektor kewirausahaan. Tak bisa dipungkiri bahwa wirausaha yang ada di Indonesia juga merupakan hasil campur tangan pemerintah. 

Ibaratnya, pemerintah menyediakan fasilitas dan kesempatan dan kitalah yang menggunakan kesempatan itu untuk berwirausaha.

Berikut adalah contoh peran pemerintah dalam bidang kewirausahaan, antara lain:

1. Ikut menumbuhkan semangat wirausaha.

Pemerintah diharapkan menyelenggarakan pendidikan formal dan informal demi menumbuhkan semangat wirausaha. Artinya, pemerintah juga mengajak berbagai pihak untuk memberikan sosialisasi atau pendidikan tentang kewirausahaan terhadap masyarakat. 

Contoh sederhananya adalah pemerintah bekerja sama dengan sekolah atau universitas yang memiliki tempat usaha kecil atau menengah. Di sini, siswa atau siapapun yang terlibat akan mengetahui bagaimana cara memulai wirausaha, membuat rencana kerja, serta bagaimana mengembangkannya.

2. Bantuan dari pemerintah.

Untuk mendorong masyarakat agar mau berwirausaha, pemerintah bisa memberikan bantuan berupa fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan untuk memulai sebuah usaha. Bantuan yang dimaksud bisa berupa bantuan berupa uang maupun non-keuangan. 

Bantuan uang bisa berupa modal usaha atau bantuan kredit lunak, sedangkan bantuan non-uang bisa diberikan dengan cara memfasilitasi para pengusaha kecil atau menengah sekaligus mempercepat pelayanan dalam pengurusan surat izin usaha.

3. Menerapkan kebijakan insentif pajak.

Pemerintah diharapkan membuat kebijakan insentif pajak dengan mengurangi pajak atau membebaskan pengusaha kecil/ menengah bebas pajak dalam jangka waktu tertentu. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mereka untuk memperbesar serta memperluas usaha yang sedang mereka rintis.

4. Menciptakan iklim usaha yang kondusif.

Yang dimaksud dengan menciptakan iklim usaha yang kondusif adalah pemerintah sebaiknya membuat aturan berupa undang-undang, Kepres, atau Perda yang bisa melindungi setiap pengusaha. 

Dengan demikian, akan tercipta iklim usaha dengan persaingan yang sehat, sehingga hal ini ikut membantu menggerakkan roda perekonomian bangsa.

5. Memberikan penghargaan pada pengusaha.

Memberikan apresiasi atau penghargaan kepada mereka yang berhasil dalam sektor kewirausahaan juga harus dilakukan oleh pemerintah. Bagaimanapun pengusaha atau entrepreneur punya peran besar dalam memperbaiki ekonomi masyarakat serta memajukan perekonomian bangsa secara keseluruhan.

Demikian pembahasan tentang peran pemerintah pada sektor kewirausahaan serta ulasan mengenai hal-hal lain yang berkaitan dengan wirausaha. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for " Peran Pemerintah pada Sektor Kewirausahaan untuk Ekonomi"