Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Karakteristik Kewirausahaan Dan Perilaku Wirausahawan

Karakteristik Kewirausahaan Dan Perilaku Wirausahawan
credit:freepik.com

KARAKTERISTIK KEWIRAUSAHAWAN

Karakteristik Kewirausahaan merupakan sifat atau perilaku yang khas dan unik dari seorang wirausahawan yang membedakan dirinya dengan orang lain. 

Berikut ini adalah karakteristik kewirausahaan, antara lain:

1. Motivasi Untuk Selalu Berprestasi 

Seseorang yang memiliki minat untuk berwirausaha pasti juga memiliki motif tertentu, dan salah satu dari motif tersebut adalah motif untuk selalu berprestasi. Motif berprestasi adalah nilai sosial yang menekankan pada hasrat dan keinginan untuk mencapai sesuatu yang terbaik demi mencapai kepuasan secara pribadi. 

Ciri-ciri seorang wirausahawan yang memiliki motif berprestasi menurut Suryana (2003) di antaranya adalah sebagai berikut: 

  • Ingin mengatasi sendiri setiap kesulitan dan masalah yang muncul pada dirinya dan juga usahanya. 
  • Selalu membutuhkan umpan balik (feedback) segera untuk melihat keberhasilan atau kegagalannya. 
  • Memiliki tanggung jawab personal yang tinggi 
  • Berani menghadapi setiap risiko yang muncul dengan penuh perhitungan. 
  • Menyukai semua jenis tantangan dan melihat tantangan tersebut secara seimbang 

2. Selalu Perspektif Dalam Menilai 

Selalu prespektif dalam menilai mencerminkan bahwa seorang wirausahawan harus berpikir, berusaha, dan memanfaatkan setiap peluang yang ada dengan penuh perhitungan untuk meraih masa depannya secara optimis. 

Untuk mencapai masa depan dengan yang optimis, maka seorang wirausahawan harus mempunyai kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru serta berbeda dengan yang sudah ada (ability to create the new and different).

Atau dengan kata lain berusaha untuk menjadi trendsetter daripada menjadi follower.

3. Memiliki Daya Kreativitas Tinggi

Memiliki daya kreativitas tinggi berarti mempunyai kemampuan untuk berpikir yang baru dan berbeda. Ide-ide kreativitas yang "out of the box" seringkali muncul ketika seorang wirausahawan melihat sesuatu yang lama dan berpikir tentang sesuatu yang baru dan berbeda dari sebelumnya.

4. Memiliki Perilaku Inovatif Tinggi 

Memiliki perilaku inovatif tinggi merupakan salah satu kunci pokok dari semangat berwirausaha. Setiap orang pada dasarnya dibekali dengan talenta atau jiwa wirausaha walaupun dalam derajat kapabilitas yang berbeda-beda. 

Jika talenta tersebut diberikan wadah yang baik dan diarahkan secara tepat, maka perkembangan dan kemajuannya akan memberikan hasil sebagaimana yang diharapkan. 

Jiwa wirausaha yang terdapat pada setiap orang tumbuh karena beberapa hal, antara lain:

  • Setiap orang memiliki cita-cita, impian, dan harapan untuk meningkatkan kualitas hidupnya. 
  • Setiap orang mempunyai intuisi untuk bekerja dan berusaha. 
  • Setiap orang memiliki daya imajinasi dan kreativitas yang dapat digunakan untuk berpikir kreatif.
  • Setiap orang memiliki kemampuan untuk belajar sesuatu yang sebelumnya tidak dikuasainya. 

5. Memiliki Komitmen Dalam Pekerjaan 

Memiliki Komitmen dalam Pekerjaan bermakna bahwa setiap wirausahawan dalam mengelola usaha yang dilakukan dengan cara bersungguh-sungguh dan memberikan curahan perhatian sepenuhnya. 

Oleh karena itu, seorang wirausaha yang komitmen atas pekerjaannya tidak akan membiarkan usahanya berjalan di tempat, akan tetapi selalu berpikir dan berusaha agar usahanya itu dapat berkembang dan mempunyai keunggulan kompetisi dari pesaingnya.

Wirausahawan yang komitmen terhadap pekerjaannya harus berani bangkit dari kegagalannya dan menjadikan masalah yang dihadapi sebagai peluang. 

Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 1995 telah memberikan petunjuk tentang semangat kewirausahaan yang meliputi hal-hal sebagai berikut: 

  • Mempunyai kemauan kuat untuk berusaha dengan semangat mandiri. 
  • Mampu membuat keputusan yang tepat dan berani mengambil risiko.
  • Kreatif dan inovatif.
  • Tekun, teliti, dan produktif. 
  • Berkarya dengan semangat kebersamaan dan etika bisnis yang sehat. 

6. Memiliki Etos Kerja Dan Tanggung Jawab 

Etos kerja akan membentuk suatu produktivitas yang tinggi, sedangkan tanggung jawab akan menumbuhkan semangat wirausahawan yang adil dan bertanggung jawab terhadap semua pemangku kepentingan (stakeholder) yang berhubungan dengan usaha dan hasil usahanya.

7. Mandiri  DanTidak Tergantung Dengan Orang Lain 

Sikap mandiri akan menumbuhkan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (create new and different). Melalui kemandirian dalam berpikir kreatif dan bertindak inovatif, seorang wirausahawan dapat menciptakan peluang dalam menghadapi tantangan hidup. 

8. Berani Menghadapi Risiko 

Berani menghadapi risiko yang disertai perhitungan yang matang merupakan karakteristik wirausaha yang unggul. Keberanian untuk menangung risiko juga merupakan perubah pertama yang mendorong timbulnya inisiatif dan mendorong sifat untuk menyukai usaha-usaha yang lebih menantang. 

Namun demikian, risiko yang menjadi nilai dalam kewirausahaan adalah risiko yang sudah diperhitungkan dengan matanf dan realistis. 

9. Selalu Mencari Peluang Baru 

Selalu mencari peluang baru bemakna bahwa seorang wirausaha yang mempunyai jiwa kewirausahaan harus memberikan tanggapan positif terhadap peluang. Hal tersebut yang ada dalam kaitannya dengan mendapatkan keuntungan untuk usahanya atau memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat (organisasi nirlaba). 

10. Memiliki Jiwa Kepemimpinan 

Jiwa kepemimpinan, keteladanan, dan kepeloporan selalu dimiliki oleh seorang wirausaha yang sukses. Seorang yang memiliki jiwa kepemimpinan pada umumnya ingin tampil berbeda, lebih dahulu (lebih cepat), dan lebih menonjol. 

Hal inilah yang menjadi dasar mengapa seorang wirausahawan yang memiliki jiwa kepemimpinan akan menggunakan kemampuan kreativitas dan inovasinya untuk menghasilkan barang dan jasa dengan lebih cepat dipasarkan dan berbeda dari pesaingnya. 

Seorang wirausahawan yang memiliki jiwa kepemimpinan selalu ingin mencari peluang, terbuka dalam menerima setiap kritik dan menjadikan saran - saran dari orang lain sebagai pertimbangan dalam melakukan perbaikan.

11. Memiliki Kemampuan Manajerial 

Memiliki kemampuan manajerial merupakan salah satu aspek yang harus ada pada setiap wirausahawan. Kemampuan manajerial merupakan kemampuan untuk mengambil keputusan usaha dan melaksanakan seluruh fungsi manajemen. 

Fungsi tersebut yaitu membuat perencanaan usaha, mengorganisasikan usaha, mengelola usaha melakukan publikasi atau promosi hasil usaha, dan mengontrol pelaksanaan usaha. Seluruh kemampuan manajerial tersebut harus dilakukan secara konsisten dan terintegrasi. 

Dengan demikian, seluruh aspek manajerial tersebut tidak saling kontra produktif terhadap pencapaian tujuan usahanya.

12. Memiliki Keterampilan Personal 

Memiliki keterampilan personal diartikan sebagai wirausaha andal. Instruksi Presiden RI No 4 Tahun 1995 Tentang Gerakan Nasional Memasyarakatkan dan Membudayakan Kewirausahaan menyebutkan adanya 8 (delapan) ciri wirausaha andal.

SIKAP DAN PERILAKU WIRAUSAHA

Berikut sikap dan perilaku wirausaha, antara lain:

1. Sikap (Attitude) 

Sikap (Attitude) merupakan kecenderungan individu untuk merespons dengan cara yang khusus terhadap stimulus yang ada dalam lingkungan. Sikap disebut juga dengan pendirian. Sikap berupa kecenderungan untuk mendekat atau menghindar, positif atau negatif terhadap berbagai keadaan sosial seperti institusi, pribadi, situasi, ide, gagasan, konsep, dan sebagainya. 

Sikap yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan sebagai berikut:

  • Mampu berpikir dan bertindak kreatif dan inovatif 
  • Mampu bekerja tekun, teliti dan produktif
  • Mampu berkarya berlandaskan etika bisnis yang sehat 
  • Mampu berkarya dengan semangat kemandirian
  • Mampu memecahkan masalah dan mengambil keputusan secara sisitematis dan berani mengambil risiko

2. Perilaku (Behavior) 

Perilaku merupakan hasil dari seluruh pengalaman serta interaksi manusia dengan lingkungannya yang terwujud dalam bentuk pengetahuan, sikap, dan tindakan. Jadi perilaku muncul didasarkan atas sikap yang telah diambil. 

Ada dua kelompok perilaku manusia, yaitu perilaku tertutup dan perilaku terbuka. Perilaku yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan adalah sebagai berikut:

  • Memiliki rasa percaya diri
  • Berorientasi pada tugas dan hasil
  • Pengambil risiko 
  • Kepemimpinan
  • Keorisinilan
  • Berorientasi ke masa depan 

Selain harus memiliki sikap dan perilaku tersebut diatas, seorang wirausahawan juga dituntut untuk memiliki keterampilan-keterampilan lain yang dapat menunjang keberhasilan usahanya. 

Adapun keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap wirausahawan di antaranya sebagai berikut: 

Keterampilan dasar

  • Memiliki sikap mental dan spiritual yang tinggi
  • Memiliki kepribadian yang unggul 
  • Pandai berinisiatif 
  • Dapat mengkoordinasikan kegiatan usaha 

Keterampilan khusus 

  • Keterampilan konsep (Conceptual skill): keterampilan melakukan kegiatan usaha secara menyeluruh berdasarkan konsep yang dibuatnya
  • Keterampilan teknis (Technical skill: keterampilan melakukan teknik tertentu dalam mengelola usaha 
  • Human skill: keterampilan bekerja sama dengan orang lain, bawahannya, dan sesama wirausahawan

Demikianlah uraian artikel mengenai Karakteristik Kewirausahawan Dan Perilaku Wirausahawan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

Post a Comment for "Karakteristik Kewirausahaan Dan Perilaku Wirausahawan"