Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Definisi, Jenis Dan Cara Mengurangi Biaya Operasional Perusahaan

 

Definisi, Jenis Dan Cara Mengurangi Biaya Operasional Perusahaan
credit image:freepik.com

Biaya operasional (Operational Costs) didefinisikan sebagai biaya tahunan yang dikeluarkan selama proses berkelanjutan atau biaya per unit layanan atau produk. Secara sederhana, biaya operasional adalah biaya yang terkait dengan pengoperasian fasilitas, peralatan, komponen, atau perangkat di perusahaan.

Biaya sumber daya diperlukan untuk bisnis jika ingin mempertahankan keberadaan dan operasinya. Ini tidak termasuk biaya yang terjadi selama tahap desain atau implementasi proses baru.

Definisi Biaya Operasional

Biaya operasional adalah biaya yang dikeluarkan untuk administrasi dan pemeliharaan sehari-hari bisnis yang kemudian di sebut sebagai biaya operasi. Total biaya operasional termasuk biaya overhead, biaya operasional, dan harga pokok penjualan.

Hal tersebut tercermin sebagai pendapatan operasional dalam laporan laba rugi suatu perusahaan setelah dikurangi dengan pendapatannya.

Jenis Biaya Operasional

Biaya operasional dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:

1. Biaya Tetap

Beberapa biaya akan tetap sama meskipun Anda menjalankan bisnis dengan kapasitas penuh atau bahkan ketika operasi Anda dihentikan. Artinya, dalam hal ini biaya tetap harus dibayarkan apa pun kondisinya.

Contoh dari biaya tetap adalah sewa tempat yang harus Anda bayar meskipun kondisi bisnis Anda sedang tidak berjalan.

2. Biaya Semi-Variabel 

Biaya semi - variabel adalah biaya yang terjadi untuk mempertahankan pemeliharaan bisnis.

3. Biaya Variabel 

Biaya variabel adalah biaya yang akan meningkat jika perusahaan memutuskan untuk meningkatkan kapasitas produksinya. Ini termasuk biaya overhead tidak langsung, misalnya, pembuangan limbah, utilitas, telepon, layanan penggajian, penggunaan listrik, persediaan komputer, dan sebagainya.

Bagaimana Cara Mengurangi Biaya Operasional?

Sangat penting bagi perusahaan untuk mengurangi biaya operasional bisnis tanpa harus mengorbankan kualitas produk. Ingat, tabungan kecil pun akan berdampak besar pada bisnis Anda, jadi jangan menghindarinya. 

Ambil langkah-langkah berikut ini untuk mengurangi biaya overhead dan meningkatkan angka pendapatan perusahaan, antara lain:

1. Memperkenalkan Teknologi

Teknologi telah membuktikan dirinya sebagai berkah bagi entitas bisnis karena berbagai program perangkat lunak dapat membuat pekerjaan menjadi mudah dan terlihat sederhana bagi sebuah perusahaan.

Komunikasi pemasaran, web hosting, akuntansi semuanya mendapatkan manfaat dari pengenalan teknologi untuk mengurangi biaya operasional.

2. Outsourcing

Merupakan sebuah pemikiran yang cerdas untuk melakukan outsourcing terhadap beberapa produk jika menurut Anda hal itu dapat mengurangi biaya operasional Anda ke tingkat yang berbeda-beda. 

Misalnya, Anda dapat mengambil bantuan dari perusahaan luar untuk memasarkan atau mengiklankan produk Anda atau membuat sebagian produk dari perusahaan lain.

Ini adalah fakta bahwa mendelegasikan beberapa tugas dan melakukan outsourcing menghasilkan hasil yang lebih baik bagi perusahaan karena mengurangi biaya operasi dalam jangka panjang.

3. Proses Penawaran

Cara mudah untuk mengurangi biaya operasional adalah dengan mengambil bantuan lelang terbalik atau proses penawaran lainnya yang sesuai untuk barang dagangan Anda. Minta vendor yang berbeda untuk memberi Anda perkiraan dan kemudian lakukan penelitian yang tepat untuk mengetahui harga mana yang paling cocok untuk Anda.

Ketika beberapa vendor tertarik untuk memberikan penawaran, maka hal ini dapat menurunkan biaya operasional ke tingkat yang lebih tinggi.

4. Telecommuting

Ruang sewa dan perjalanan harian adalah pengeluaran yang perlu dikurangi jika Anda ingin mengurangi biaya operasional. Mengelola kantor fisik menguras keuangan. Minta karyawan Anda untuk bekerja dari rumah.

Kita hidup di dunia di mana teknologi berkuasa, dan mudah untuk menemukan konektivitas di mana pun dan di mana pun. Bekerja dari rumah membuktikan keuntungan baik bagi pemberi kerja maupun karyawan dalam mengurangi biaya operasional yang menjadi perhatian bisnis.

5. Membayar Faktur Tepat Waktu Atau Lebih Awal

Sebagian besar vendor akan menawarkan diskon yang sesuai, jika Anda membayar tepat waktu atau sebelum waktunya. Bahkan penghematan kecil akan membantu Anda mengurangi biaya operasional. Selain itu, ini akan membantu Anda menghindari penalti atau denda keterlambatan.

6. Negosiasi Harga Yang Lebih Baik

Cobalah bernegosiasi untuk mendapatkan harga yang lebih baik dengan pemasok dan vendor sehingga Anda dapat meminimalkan biaya operasional organisasi Anda.

7. Kencangkan Proses Dan Prosedur Anda

Berdayakan karyawan Anda untuk mengenali ketidakefisienan dalam sistem Anda dan identifikasi cara untuk meminimalkan dan menguranginya demi kepuasan Anda. Memperketat proses dan prosedur Anda akan membantu mengurangi limbah dan pada akhirnya biaya pengoperasian secara efektif.

8. Membatalkan Layanan Yang Tidak Terpakai

Terkadang kita terlalu sibuk menangani hal-hal penting sehingga dengan mudah kita mengabaikan hal-hal yang lebih kecil. Ada berbagai layanan yang terkadang tidak digunakan bisnis, dan sebaiknya hentikan saat ini.

Jika perlu, pilih layanan yang lebih murah sehingga Anda dapat mengurangi biaya pengoperasiannya.

9. Go Green

Konsep "Go Green" bermanfaat bagi bisnis dalam jangka panjang karena akan mengurangi biaya operasional Anda. Ganti bola lampu dengan pencahayaan fluoresen, meminimalkan biaya pemanasan dan pendinginan, dan mengurangi limbah.

Dorong komunikasi melalui email dan telepon karena menggunakan media elektronik lebih murah daripada bepergian dari satu tempat ke tempat lain.

10. Mempekerjakan Pekerja Magang

Mempekerjakan pekerja magang adalah situasi yang menguntungkan baik bagi pekerja magang itu sendiri maupun perusahaan. Anda tidak perlu membayar mereka sebagaimana Anda membayar karyawan tetap Anda, dan Anda juga tidak perlu bertanggung jawab atas tunjangan sampingan seperti tunjangan karyawan.

Pelatihan yang ditawarkan kepada pekerja magang adalah hadiahnya yang sebenarnya, dan dengan demikian, dia setuju untuk bekerja dengan jumlah sewa komparatif. Beberapa jenis bisnis penting menunjuk pekerja magang untuk mengurangi biaya operasional mereka.

11. Membeli Peralatan Bekas

Ada beberapa situs di mana Anda dapat dengan mudah membeli peralatan bekas yang masih memiliki banyak sisa masa pakai. Sering kali, Anda akan menemukan produk bagus di situs terkenal yang akan menawarkan kinerja terbaik. Ini akan membantu Anda mengurangi biaya operasional.

12. Membeli Dalam Jumlah Besar

Perlengkapan kantor adalah pengeluaran penting yang harus Anda keluarkan untuk menjaga operasional sehari-hari. Satu hal yang dapat dilakukan oleh bisnis adalah membeli dalam jumlah besar. Ini akan membantu Anda mendapatkan diskon bagus yang akan meminimalkan biaya operasional Anda dengan mudah.

Itulah ulasan artikel terkait dengan  Definisi, Jenis Dan Cara Mengurangi Biaya Operasional Perusahaan. Semoga ulasan artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Post a Comment for " Definisi, Jenis Dan Cara Mengurangi Biaya Operasional Perusahaan"