Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Elemen Kunci Strategi Pemasaran

7 Elemen Kunci Strategi Pemasaran

Istilah "strategi" mencakup berbagai konsep. Jika kita menganggap strategi pemasaran sebagai suatu lingkungan, tujuh elemen yang digambarkan dalam diagram adalah yang membuat perbedaan signifikan dalam strategi pemasaran.

Masing-masing komponen ini dinamis dalam dirinya sendiri. Ketika satu elemen berubah, wajar jika yang lain juga berubah. Masing-masing dari tujuh bagian penting dari strategi pemasaran memiliki seperangkat variabel dependen yang mendefinisikannya.

Sebagai contoh, pelanggan lebih dari sekadar klien; dia juga memasukkan variabel seperti layanan pelanggan perusahaan, harapan pelanggan, definisi nilainya, dan banyak variabel lain yang terus berubah. Dan kemudian ada campuran dari faktor-faktor ini untuk satu elemen, yaitu Pelanggan. 

Jadi, jika strategi pemasaran memiliki tujuh bagian penting yang berbeda, Anda dapat melihat berapa banyak variabel yang terlibat dalam menetapkan strategi pemasaran.

Akibatnya, keputusan strategis selalu menantang dan diserahkan kepada personel organisasi yang paling berpengalaman.

Aspek yang paling penting dari strategi pemasaran dipisahkan menjadi dua kategori. Lingkungan internal adalah satu hal, dan lingkungan luar adalah hal lain.

Pelanggan, perusahaan, dan persaingan membentuk lingkungan internal (lingkungan di mana perusahaan memiliki kendali). Ini adalah entitas yang perusahaan dapat mengontrol atau mempengaruhi dalam beberapa cara. Akibatnya, ketiga entitas ini membuat segitiga, masing-masing memiliki pengaruh satu sama lain.

Lingkungan PEST adalah lingkungan eksternal (lingkungan di mana organisasi tidak memiliki kendali). Pengambilan keputusan lingkungan internal dipengaruhi oleh lingkungan ini. Namun, tidak ada entitas lingkungan internal yang dapat berdampak pada lingkungan eksternal.

Terlepas dari kenyataan bahwa pelanggan memiliki kekuatan paling besar, faktor teknologi, politik, ekonomi, dan sosial semuanya dapat berubah kapan saja karena insiden apa pun. Akibatnya, untuk bertahan hidup di dunia luar, lingkungan dalam harus beradaptasi dengan cepat.

1. Klien

Pelanggan adalah alasan mengapa pemasaran berubah dan mengapa kita membutuhkan begitu banyak strategi. Saya seorang konsumen dan saya menulis artikel ini. Kebiasaan dan keputusan pembelian saya berbeda secara signifikan dari Anda yang membaca blog ini dan juga pelanggan. 

Pelanggan adalah titik awal untuk rencana apa pun, dan mulai dari sana. Akibatnya, sebagian besar rencana dimulai dengan segmentasi, penargetan, dan penentuan posisi sebelum melangkah lebih jauh.

2. Organisasi 

Yang dimaksud dengan korporasi adalah kekuatan dan kekurangan internal perusahaan. Analisis SWOT adalah alat analisis yang kuat yang digunakan oleh organisasi untuk menilai apa yang mereka mampu dan apa yang tidak bisa mereka capai. Korporasi harus melakukan studi internalnya sendiri dan kemudian membuat keputusan yang tepat untuk membangun sebuah rencana.

3. Lingkungan yang kompetitif

Baik perusahaan maupun pelanggan dipengaruhi oleh persaingan. Memang, persaingan dapat berkontribusi pada lingkungan eksternal, khususnya lingkungan teknologi. Memerangi persaingan adalah salah satu masalah yang paling sulit di lingkungan internal – kesulitan yang menghabiskan sebagian besar waktu perusahaan dan membutuhkan sumber daya paling banyak. Bagian dari alasan operasi branding dan pemasaran adalah ketakutan akan persaingan yang semakin meningkat.

4. Iklim politik 

Lingkungan politik suatu negara dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kontrol atas kebijakan, keramahan bisnis, struktur politik, dan berbagai elemen lainnya semuanya berkontribusi pada iklim politik dan hukum suatu negara. Suriah, Irak, dan Iran, misalnya, tidak memiliki lingkungan politik yang cocok untuk perusahaan.

5. Setting Teknologi

Artikel ini mungkin akan dibaca di smartphone oleh banyak pembaca saya. Apakah itu benar-benar bisa dibayangkan satu dekade yang lalu? Apa yang terjadi dengan semua bisnis top-of-the-line satu dekade lalu? Apa yang terjadi dengan Nokia? Perusahaan yang tidak beradaptasi dengan lingkungan teknologi yang berubah akan gagal. Akibatnya, teknologi merupakan bagian penting dari strategi pemasaran.

6. Pengaturan sosial

McDonald's mengubah menunya setiap kali berekspansi ke negara baru. Karena lingkungan sosial, hal ini terjadi. Daging sapi populer di Amerika Serikat dan Inggris Raya, tetapi dilarang di India, dan orang-orang menghindari hotel dan restoran yang menyajikan daging sapi. Akibatnya, lingkungan sosial bervariasi menurut lokasi. Strategi bervariasi tergantung pada lingkungan sosial.

7. Iklim ekonomi

Jika Anda ingin memperkenalkan produk kelas atas, iklim ekonomi suatu negara sangat penting. Banyak merek tersedia secara eksklusif di negara-negara kaya, sementara beberapa bahkan tidak tersedia di negara berkembang. Hal ini disebabkan oleh rendahnya PDB negara-negara berkembang dan terbelakang, yang tidak akan memberikan merek mapan premium dengan margin yang dibutuhkan. 

Akibatnya, ketika mengembangkan strategi, Anda harus memilih pasar ekonomi yang tepat untuk ditembus. Bahkan FMCG mengevaluasi ekonomi pasar sebelum memasukinya, meskipun faktanya item FMCG terkenal paling penetratif.

Secara keseluruhan, 7 aspek di atas sangat penting untuk merancang rencana pemasaran yang memadai dalam konteks strategi.

Post a Comment for " 7 Elemen Kunci Strategi Pemasaran"