Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Strategi Mengumpulkan Kekayaan Untuk Mencapai Kebebasan Finansial

finansial-freedom

Ada begitu banyak aspek untuk dipelajari dalam rangka mengumpulkan kekayaan sehingga dibutuhkan lebih dari satu halaman untuk membahas semuanya. Namun demikian, saya telah membuat pendekatan lima langkah sederhana untuk membantu Anda memulai menghasilkan uang selama sisa hidup Anda. Silahkan simak ulasannya berikut ini.

5 Strategi Mengumpulkan Kekayaan Untuk Mencapai Kebebasan Finansial, antara lain:

1. Tetapkan Tujuan Khusus

Menetapkan tujuan adalah proses yang mudah untuk ditunda, terutama jika Anda sangat sibuk dengan aktivitas sehari-hari. Penetapan tujuan, di sisi lain, merupakan tahap pertama dan paling penting dalam usaha untuk mengumpulan kekayaan dan mencapai kebebasan finansial. 

Tetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Tujuan harian, mingguan, dan bulanan adalah contoh tujuan jangka pendek. Tujuan jangka pendek ini harus mengungkapkan di mana Anda ingin berada secara finansial dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Tujuan jangka panjang mencakup jumlah uang yang ingin Anda kumpulkan dalam waktu satu tahun, dua tahun, atau sepuluh tahun. Untuk mengumpulkan kekayaan, kedua jenis tujuan tersebut sangat diperlukan. 

Tanpa adanya kedua tujuan tersebut, maka Anda hanya akan pergi mengembara tanpa tujuan dan tidak peduli tentang apa yang ada di depan. Cara hidup seperti ini pasti akan meninggalkan Anda dengan tangan kosong.

2. Membuat Strategi Bisnis

Setiap perusahaan yang sukses di masa lalu dan sekarang dimulai dengan strategi bisnis. Rencana bisnis Anda harus menunjukkan di mana  posisi Anda berada sekarang, ke mana Anda ingin pergi di masa depan, dan bagaimana cara Anda akan sampai di sana. 

Buatlah beberapa catatan penting dan tulis di atas kertas. Kemudian, untuk membuat rencana bisnis awal, isilah ruang-ruang tersebut. Ini tidak sesulit yang Anda bayangkan.

Catat hal - hal berikut ini:

1. Berapa pendapatan Anda saat ini.

2. Berapa keuntungan dan kerugian dalam bisnis (jika Anda sudah memiliki bisnis).

3. Berapa anggaran perusahaan (atau anggaran pribadi jika bekerja untuk orang lain).

4. Berapa modal di muka diperlukan untuk mengiklankan dan mengoperasikan perusahaan.

5. Pengaturan untuk mendapatkan dana yang dibutuhkan (sumber modal).

6. Rencana penganggaran (promosi, persediaan, inventaris, pengeluaran online, dan sebagainya.)

7. Harapan (Apa yang ingin Anda capai dengan usaha awal Anda?)

Untuk memperoleh kekayaan melalui perusahaan Anda sendiri, Anda harus terlebih dahulu membuat sebuah strategi bisnis. Bahkan jika Anda tidak menjalankan sebuah bisnis, Anda tetap harus membuat rencana untuk mencapai tujuan kekayaan pribadi Anda.

3. Jauhi Hutang yang Berbahaya

Salah satu alasan utama mengapa banyak orang tidak pernah kaya adalah karena hutang. Namun perlu diingat bahwa ada dua bentuk hutang, yaitu hutang destruktif dan hutang konstruktif. 

Hutang yang merugikan adalah hutang yang Anda keluarkan untuk hal-hal yang tidak Anda butuhkan, seperti belanja berlebihan, belanja barang - barang mewah, atau membeli mobil baru yang tidak terjangkau. 

Kebanyakan orang pasti memiliki hutang yang diperlukan untuk hidup, seperti rumah, pinjaman mobil (terjangkau), tagihan medis, biaya kuliah, dan sebagainya. Bagi kebanyakan keluarga, hutang adalah bagian hidup yang tidak terhindarkan, dan itu akan berlangsung lama.

Bahkan jenis pinjaman ini, bagaimanapun, harus dikelola dengan kuat dalam batas pendapatan Anda. Jika Anda mampu membayar pinjaman mobil Rp. 2.500.000 per bulan, lihat sekeliling sampai Anda menemukannya. 

Jangan menyerah pada dorongan untuk membeli mobil baru yang lebih mahal dan lebih mewah dengan pembayaran bulanan yang mencapai Rp. 4.500.000. Tidak ada gunanya mengambil kesempatan itu.

"Saya pikir prosedur ini adalah tentang membangun kekayaan?" Anda mungkin bertanya-tanya.

Htang, ternyata, adalah kebalikan dari kekayaan. Anda akan mengumpulkan lebih sedikit kekayaan jika Anda memiliki hutang yang lebih besar. Anda tidak dapat menyimpan atau menginvestasikan uang yang bukan milik Anda. 

Anda tidak mungkin memiliki uang cadangan untuk ditabung jika Anda memperoleh Rp. 5.000.000 bulan ini namun berhutang Rp. 3.500.000 dalam bentuk pinjaman (sebelum biaya hidup normal). Untuk melunasi hutang Anda, Anda harus mendapatkan lebih banyak uang atau menjual sebagian dari harta milik Anda. Jika Anda ingin menghasilkan kekayaan untuk masa depan, Anda harus menghindari "jebakan utang" ini.

Hutang bisnis adalah bentuk hutang yang berbeda. Anda dapat memperoleh pinjaman usaha kecil untuk membantu Anda memulai atau mengiklankan perusahaan Anda. Jika Anda tidak yakin apakah bisnis Anda akan menghasilkan uang, hindari mengambil hutang bisnis sampai Anda memberinya kesempatan untuk membuktikan dirinya.

4. Buat Rencana Pribadi

5 Strategi Mengumpulkan Kekayaan Untuk Mencapai Kebebasan Finansial

Anda telah membuat sebuah rencana bisnis di bagian sebelumnya. Sekarang saatnya untuk menetapkan strategi pribadi Anda. Tugas apa yang akan Anda lakukan setiap hari untuk meningkatkan kekayaan Anda? Buat jadwal untuk diri sendiri dan patuhi itu. 

Buat daftar tugas harian dan coret item saat Anda menyelesaikannya. Sertakan sejumlah uang tetap dalam anggaran Anda yang akan Anda sisihkan untuk tabungan (rekening tabungan, IRA, saham, obligasi, dan sebagainya.). 

Jika Anda akan berinvestasi, pastikan Anda mendiversifikasi portofolio Anda. Hanya berinvestasi dalam satu atau dua usaha berisiko tinggi dan beberapa produk "aman" seperti reksa dana atau obligasi.

5. Pertahankan Perhatian Anda pada Tujuan daripada Keadaan

Tetap fokus pada tujuan membangun kekayaan di depan, tidak peduli keadaan apa yang Anda hadapi. Bahkan jika penjualan perusahaan Anda turun, jangan menyerah sepenuhnya. Perlu diingat bahwa bisnis memiliki masa pasang dan surut. 

Jika Anda tetap fokus pada tujuan Anda selama periode lambat, waktu sibuk akan jauh lebih baik dari sebelumnya. Penghasilan Anda akan meningkat, dan Anda akan memiliki dana ekstra yang Anda perlukan untuk mencapai tujuan membangun kekayaan Anda.

Singkatnya, mengumpulkan kekayaan tidak akan pernah terjadi dalam semalam dengan satu skema cepat kaya. Itu terjadi ketika Anda terus berupaya mencapai tujuan dan tugas yang telah Anda tetapkan untuk diri sendiri. 

Jika Anda tetap berpegang pada fakta-fakta sederhana yang telah bekerja untuk jutaan orang lain, maka Anda dapat menghasilkan uang untuk masa depan Anda!

Demikianlah ulasan tentang 5 Strategi Mengumpulkan Kekayaan Untuk Mencapai Kebebasan Finansial. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda.

Post a Comment for " 5 Strategi Mengumpulkan Kekayaan Untuk Mencapai Kebebasan Finansial"