Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Langkah Untuk Sukses Bisnis Waralaba

 

10 Langkah Untuk Sukses Bisnis Waralaba
image via pixabay

10 Langkah Untuk Sukses Bisnis Waralaba - Anda mungkin sudah sangat akrab dengan titik awal bisnis Anda, yakni bisnis yang telah Anda pelihara dan Anda kembangkan. Anda telah memahami apa tujuan Anda. Anda telah menjalankan sebuah bisnis waralaba yang sukses.

Namun demikian, saat Anda telah memiliki hasrat dan konsep, Anda tidak memiliki peta jalan untuk berpindah dari titik A ke titik B, sehingga membuat Anda merasa kebingungan. Namun, tenang karena Anda tidak sendiri.

Sebagian besar pemilik bisnis yang ingin mengembangkan bisnis waralaba mereka merasa cemas, khawatir namun bersemangat, tidak yakin dan percaya diri. Tentunya ini sangat membantu jika belajar dari mereka yang telah menempuh jalan yang akan Anda lalui, baik untuk menghindari lubang maupun untuk mengenali penanda yang mengarah pada kesuksesan. 

Mungkin sulit untuk memutuskan kapan mengambil model yang tepat ke dalam bisnis waralaba, dan pada kenyataannya adalah bahwa tidak ada model satu ukuran yang tepat untuk semua. 

Ada empat faktor sejalan yang utama yaitu: 

  • Perusahaan yang stabil dan sukses
  • Konsep unik
  • Produk dalam permintaan
  • Sistem dan proses yang dapat direplikasi

Dan sebagai referensi untuk Anda, berikut ini adalah  10 Langkah Untuk Sukses Bisnis Waralaba, antara lain:

1. Dokumentasikan Pengetahuan Anda

Hanya Anda yang memahami jalan yang Anda ambil untuk sampai pada titik ini dalam perjalanan Anda. Anda telah menavigasi jalan berbatu itu dan membersihkan cabang-cabang pohon yang jatuh yang menghalangi jalan Anda. Anda memiliki pemahaman unik tentang penghalang dan rintangan yang Anda temui. 

Penerima waralaba Anda tidak pernah berpikir dan tidak akan memiliki kebijaksanaan itu, jadi penting untuk mendokumentasikan solusi Anda, sistem dan proses serta masalah Anda. Dokumentasi rajin Anda akan menjadi dasar dari manual pengoperasian Anda. Penerima waralaba Anda akan memahami alasan pilihan yang Anda buat dan akan mencegah mereka membuat kesalahan. 

2. Bergantung Pada Pengetahuan Orang Lain

Anda memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk menciptakan kesuksesan Anda, tetapi Anda tidak memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk menirunya. Itu adalah keahlian yang sama sekali berbeda, itulah mengapa penting untuk memanfaatkan pengetahuan mereka yang telah mengalami kesuksesan waralaba. 

Mereka dapat memperingatkan Anda tentang kemungkinan jalan lain dan membantu Anda menemukan rute terbaik untuk mencapai tujuan Anda. Untuk menemukan penasihat terbaik, sangat membantu untuk melihat jaringan Anda untuk mendapatkan referensi dan rekomendasi dari koneksi dalam jaringan tersebut. 

Pada akhirnya, Anda harus menemukan seseorang yang memiliki kesamaan nilai dengan perusahaan Anda dan visi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda. 

3. Lindungi Waktu Dan Uang Anda

Jalan menuju waralaba yang sukses sangat sulit dan curam, dan dapat dengan cepat menguras sumber daya Anda. Memahami perbedaan antara layanan yang Anda butuhkan dan layanan yang Anda inginkan dan tetap berpegang pada yang pertama, akan memungkinkan Anda untuk bijaksana dalam membelanjakan uang dan waktu yang Anda miliki. Selektivitas ini berarti Anda tidak akan membayar mahal, atau membuang waktu dalam rapat yang tidak produktif.

4. Gunakan Suara Dan Platform Anda

Dengan energi Anda yang sangat terfokus pada waralaba sambil menjaga bisnis Anda tetap berjalan, Anda mungkin memiliki dorongan untuk sekedar berjongkok dan berbaring. Penting untuk menahan diri agar tidak menarik diri ke permukaan bisnis Anda. 

Sebaliknya, gunakan suara dan platform Anda. Semua orang ingin tahu wajah dibalik merek tersebut. Carilah peluang PR, relawan untuk memimpin acara di konferensi waralaba, dan terlihat di komunitas investasi yang lebih luas. Anda akan mendapatkan momentum dengan meningkatkan pengenalan wajah Anda di antara rekan kerja dan calon penerima waralaba. 

5. Mengasah Misi Anda

Wajar jika Anda ingin mengembalikan investasi Anda dengan cepat. Tetapi investasi itu akan sia-sia jika pewaralaba Anda tidak membantu Anda untuk meningkatkan penawaran dan mengembangkan merek Anda. Asah misi dan visi organisasi Anda. 

Selanjutnya, ciptakan budaya yang mencerminkan nilai-nilai tersebut. Hasilnya? Anda akan menarik prospek waralaba dan staf yang akan mengambil kemudi dan mengarahkan perusahaan Anda untuk melewati setiap rintangan yang menghalangi jalan mereka. 

6. Batch Franchisee Anda

Sangat menarik untuk menerima batch pertama aplikasi franchisee Anda, dan Anda mungkin akan tergoda untuk menerima semuanya. Jangan lakukan itu. Ini adalah perjalanan Anda, dan Anda tidak ingin membagikan SIM kepada semua orang. Dalam setiap tahap perjalanan waralaba Anda, cari orang yang akan memoles merek Anda. Selalu pilih kualitas daripada kuantitas. 

7. Membina Kolaborasi Dengan Franchisee

Anda ingin franchisee mengadopsi jalan Anda, tetapi Anda tidak harus tahu segalanya atau menjadi segalanya. Setiap pewaralaba menghadirkan pengalaman hidup mereka ke meja dan dapat menawarkan ide-ide berharga yang berkontribusi pada pertumbuhan merek Anda. 

Meskipun tidak semua ide akan layak bagi Anda, mengadopsi ide yang paling layak akan meningkatkan kekuatan pewaralaba. Ini juga memungkinkan mereka menjadi bagian dari tim kolaboratif yang berkontribusi pada pertumbuhan merek Anda.

8. Ingat Tujuan Anda

Waralaba adalah lari maraton, dan bukan lari cepat, artinya Anda membutuhkan daya tahan yang kuat. Dalam jangka panjang, mudah untuk melihat-lihat merek dengan pertumbuhan eksponensial dan bereaksi dengan ketidaksabaran atau keraguan. Ingatlah bahwa pewaralaba terbaik memberikan dukungan yang luar biasa kepada pewaralaba mereka. Dukungan ini adalah pencapaian Anda untuk mengukur kesuksesan Anda. 

9. Gunakan Sistem Pendukung

Semua perjalanan jarak jauh akan terasa melelahkan, bahkan untuk sebuah perjalanan yang tidak memiliki masalah dengan ban kempes misalnya, atau kerusakan lainnya di sepanjang jalan Anda. Anda hanya akan sampai di tujuan jika Anda menerima bantuan dan dukungan dari orang-orang di sekitar Anda, baik di tempat kerja maupun di rumah. 

Istilah "Work-Life Balance" mungkin terdengar usang dan kuno, akan tetapi pada praktiknya itu sangat penting untuk kesuksesan Anda. Bisnis Anda adalah prioritas, tetapi kesehatan mental dan fisik Anda juga harus menjadi prioritas. Ketika Anda bisa menikmati perjalanan Anda, maka tujuannya akan lebih memuaskan nantinya. 

10. Bayar Ke Depan

Dimanapun Anda berada dalam perjalanan Anda, ada seseorang yang menunggu untuk memulai perjalanan mereka. Bagikan pembelajaran Anda dengan orang lain. Menjadi mentor bagi pemilik bisnis lain adalah cara untuk membayar kembali orang-orang yang membantu Anda dengan membayarnya. 

Anda dapat mencegah orang lain tersesat, terpaksa harus melalui jalan memutar yang keliru, dan menghadapi hambatan yang sudah pernah Anda alami. Suatu hari, mereka yang Anda bimbing akan dapat membantu orang lain juga. 

Waralaba adalah perjalanan yang penuh petualangan, tetapi yang sangat memuaskan. Sukses terletak pada bagaimana cara Anda menyelaraskan misi, visi, dan budaya merek Anda, dan kemudian memanfaatkan keahlian mereka yang pernah berada di posisi Anda.

Kunjungi blog saya di www.bizznet.my.id untuk mendapatkan artikel - artikel menarik lainnya.

referensi materi: https://www.entrepreneur.com/

Post a Comment for "10 Langkah Untuk Sukses Bisnis Waralaba"