Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Antara Sales (Penjualan) dan Marketing (Pemasaran)

 

Perbedaan Antara Sales (Penjualan) dan Marketing (Pemasaran)

Jutaan orang yang merupakan lulusan dari perguruan tinggi saat ini mencari pekerjaan selama berlangsungnya resesi ekonomi akibat pandemi COVID-19 yang tidak kunjung selesai. 

Meskipun masih jauh dari waktu terbaik untuk mencari pekerjaan, sebagian besar pada akhirnya akan berhasil. Dan banyak yang akan berakhir di penjualan atau pemasaran.

Tapi apa perbedaan antara penjualan dan pemasaran? Kedua kata tersebut sering digunakan secara bergantian, meskipun keduanya memenuhi dua kebutuhan yang sangat berbeda.

Pemasaran (marketing) adalah puncak dari semua aktivitas yang mengatur panggung untuk penjualan (misalnya, transaksi itu sendiri) berlangsung. Pemasarlah yang membangun merek dan mempertahankan reputasinya di mata orang lain. 

Pemasar melibatkan pelanggan dan klien (prospektif dan saat ini), meningkatkan profil merek sehingga menarik orang-orang yang "tepat" - mereka yang paling mungkin melakukan pembelian.

Pemasaran adalah tentang Empat P, yakni:

  • Produk (Product)
  • Harga (Price)
  • Tempat (Place)
  • Promosi (Promotion)

Pemasar menentukan manfaat dari merek tertentu, menarik pembeli dengan mengedukasi mereka tentang hal-hal khusus.

Sementara pemasaran dikaitkan dengan pelanggan atau klien, tenaga penjualan memiliki hubungan yang lebih mendasar. Penjualan adalah tentang membuat transaksi akhir terjadi, yang berpuncak pada semua aktivitas yang mengarah pada pembelian langsung barang dan jasa. 

Sementara pemasaran membangun dan mempertahankan reputasi merek, perwakilan penjualan memastikan bahwa merek dapat bertahan secara finansial dengan mengamankan pendapatan nyata. 

Oleh karena itu, rencana penjualan mencakup alat dan sumber daya yang akan digunakan untuk benar-benar memindahkan pembeli dari "minat" ke "pembelian".

Mari kita perjelas lagi, karena kedua peran itu penting. Pemasar melempar bola ke adonan, sementara pemukul menghancurkannya keluar dari taman. Tanpa pemasar, penjualan tidak akan berhasil. Tanpa perwakilan penjualan, bola akan dijatuhkan. 

Orang-orang pemasaran menyiapkan panggung bagi tenaga penjualan untuk berjalan ke atas panggung dan mendapatkan tepuk tangan meriah dari penonton. Ini adalah audiens yang telah dihangatkan melalui pengenalan merek, konten yang relevan, dan pesan bertarget.

Pemasaran vs. Penjualan

Pemasaran dan penjualan sama-sama ditujukan untuk meningkatkan pendapatan. Keduanya terjalin sangat erat sehingga orang sering tidak menyadari perbedaan di antara keduanya. 

Memang, dalam organisasi kecil, orang yang sama biasanya melakukan tugas penjualan dan pemasaran. Namun demikian, pemasaran berbeda dari penjualan dan seiring dengan pertumbuhan organisasi, peran dan tanggung jawab menjadi lebih terspesialisasi.

Pemasaran

  • Pemasaran adalah perencanaan sistematis, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan bisnis untuk mempertemukan pembeli dan penjual.
  • Berbagai aktivitas yang lebih luas untuk menjual produk atau layanan, hubungan klien, dan sebagainya, menentukan kebutuhan masa depan dan memiliki strategi untuk memenuhi kebutuhan tersebut untuk hubungan jangka panjang.
  • Gambaran keseluruhan untuk mempromosikan, mendistribusikan, memberi harga produk / layanan, memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan melalui produk dan / atau layanan yang dapat ditawarkan perusahaan.
  • Analisis pasar, saluran distribusi, produk dan layanan kompetitif, Strategi penetapan harga, Pelacakan penjualan dan analisis pangsa pasar, Anggaran.
  • Riset pasar, Periklanan, Penjualan, Hubungan Masyarakat, Layanan dan kepuasan pelanggan.
  • Long Term
  • Pull
  • Marketing menunjukkan bagaimana menjangkau Pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang.
  • Pemasaran menargetkan pembangunan identitas merek sehingga mudah dikaitkan dengan pemenuhan kebutuhan.

Penjualan 

  • Transaksi penjualan antara dua pihak dimana pembeli menerima barang (berwujud atau tidak berwujud), jasa dan / atau aset dengan imbalan uang.
  • Buat permintaan pelanggan sesuai dengan produk yang ditawarkan perusahaan saat ini.
  • Memenuhi tujuan volume penjualan
  • Setelah produk dibuat untuk kebutuhan pelanggan, bujuk pelanggan untuk membeli produk untuk memenuhi kebutuhannya.
  • Short Term
  • Push
  • Selling adalah hasil akhir dari pemasaran.

Penjualan adalah strategi memenuhi kebutuhan dalam metode individu yang oportunistik, didorong oleh interaksi manusia. Tidak ada premis tentang identitas merek, umur panjang, atau kontinuitas. Ini hanyalah kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pada waktu yang tepat.

Aktivitas Penjualan vs Pemasaran

Tujuan umum dari pemasaran adalah untuk menghasilkan minat pada produk dan menciptakan prospek atau prospek. 

Kegiatan pemasaran meliputi:

  • Riset konsumen untuk mengidentifikasi kebutuhanpelanggan
  • Pengembangan produk- merancang produk inovatif untuk memenuhi kebutuhan yang ada atau laten
  • Mengiklankan produk untuk meningkatkan kesadaran dan membangun merek.
  • Menentukan harga produk dan layanan untuk memaksimalkan pendapatan jangka panjang.

Di sisi lain, aktivitas penjualan difokuskan untuk mengubah prospek menjadi pelanggan yang membayar. Penjualan melibatkan interaksi langsung dengan prospek untuk membujuk mereka membeli produk.

Dengan demikian, pemasaran cenderung berfokus pada populasi umum (atau, dalam kasus apa pun, sekelompok besar orang) sedangkan penjualan cenderung berfokus pada individu atau sekelompok kecil prospek.

Kesimpulan

Penjualan dan pemasaran adalah dua fungsi bisnis dalam sebuah organisasi - keduanya memengaruhi perolehan prospek dan pendapatan. Tidak ada kesenjangan besar antara penjualan dan pemasaran, tetapi ada perbedaan antara penjualan dan pemasaran. 

Setiap perusahaan mempekerjakan profesional penjualan dan pemasaran. Pemasaran termasuk meningkatkan kesadaran tentang produk dan layanan Anda dengan tujuan mengembangkan bisnis. Penjualan mengacu pada semua aktivitas yang mengarah pada penjualan barang dan jasa. 

Tujuan penjualan dan pemasaran keduanya adalah untuk menumbuhkan bisnis perusahaan. Meski pendekatannya berbeda satu sama lain. 

Dalam pemasaran diadopsi pendekatan kreatif untuk membangun merek yang dilakukan untuk meningkatkan bisnis perusahaan. 

Dalam penjualan, profesional penjualan langsung menghubungi pelanggan untuk menutup kesepakatan. Di sini keputusan pelanggan sangat dipengaruhi oleh pelaksanaan pembangunan merek perusahaan itu.

Referensi: https://www.forbes.com/

Post a Comment for "Perbedaan Antara Sales (Penjualan) dan Marketing (Pemasaran)"