Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menganalisa Dan Mengalahkan Kompetitor Bisnis Anda

Cara Menganalisa Dan Mengalahkan Kompetitor Bisnis Anda

Cara Menganalisa Dan Mengalahkan Kompetitor Bisnis Anda - Seringkali pelaku bisnis tidak cukup termotivasi karena mereka mengenal pesaing mereka tetapi tidak bisa menganalisis persaingan langsung dengan mereka. Di lain waktu, bisnis mungkin terlena jika Anda tidak memiliki daftar pesaing langsung Anda dan apa yang mereka lakukan di pasar.

Mengapa penting untuk menganalisis kompetitor Anda?

Setelah Anda melakukan analisis persaingan langsung, maka Anda akan menerima jawaban atas empat pertanyaan yang sangat penting tentang bisnis Anda, yaitu:

  • Mencari tahu posisi produk Anda di pasar dan pangsa pasar Anda.
  • Menemukan pesaing langsung Anda dan pesaing yang harus Anda waspadai.
  • Menargetkan pesaing utama yang ingin Anda kalahkan untuk menaiki tangga kompetitif
  • Memahami kelemahan Anda sendiri sesuai peringkat kompetitif Anda. Dan apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan.

Jawaban atas pertanyaan di atas penting jika Anda ingin bisnis Anda berkembang di pasar Anda. Dan tidak satu pun dari jawaban ini dapat diperoleh jika Anda tidak menganalisis persaingan langsung Anda. 

Sebagian besar bisnis tahu siapa pesaing langsung mereka di pasar. Tetapi menganalisis strategi bisnis pesaing Anda dapat memberi Anda keuntungan atas mereka.

Berikut ini adalah Cara Menganalisa Dan Mengalahkan Kompetitor Bisnis Anda, antara lain:

1. Temukan Pesaing Anda

Ada banyak pesaing di suatu wilayah untuk bisnis tunggal mana pun. Namun, saat memilih persaingan langsung, Anda harus bersikap realistis. Di sini, saya ingin Anda menganalisis persaingan langsung dan meningkatkan bisnis Anda. Jika Anda mengambil bisnis yang salah sebagai pesaing Anda, maka analisis Anda bisa juga salah.

Contohnya, untuk sebuah toko retail, toko E-commerce dapat menjadi persaingan langsung. Namun, toko ritel lain yang berjarak 3,2 km dari toko Anda mungkin bukan pesaing langsung Anda. Atau mungkin bukan itu alasan Anda kehilangan pangsa pasar secara lokal.

Jadi pertama, Anda harus realistis dalam memilih siapa pesaing langsung Anda. Setelah Anda melakukannya, Anda perlu memberi peringkat sesuai kemampuan mereka. Setelah Anda selesai dengan latihan ini, Anda mungkin memiliki 10 pesaing, Anda berada di peringkat ke-4, dan 3 pesaing di atas Anda sedangkan 6 pesaing di bawah Anda.

Jika Anda bingung bagaimana cara mengetahui persaingan, maka analisis pesaing ini akan membantu Anda.

2. Bandingkan Pasar Anda Dengan Pesaing Langsung

Setelah Anda mengetahui siapa pesaing langsung Anda, maka Anda perlu melihat pasar Anda dan menganalisis pasar sebagai gantinya. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang mungkin perlu Anda perhatikan, antara lain:

  • Akan ada beberapa area di mana Anda hadir secara eksklusif
  • Beberapa area hanya akan dihadiri pesaing - Serang area ini
  • Sebagian besar area akan menampilkan Anda berdua - Bersaing di area ini berdua
  • Akan ada area di mana Anda tidak hadir - Pikirkan di luar kotak untuk area ini

Grafik di atas memberi Anda analisis yang adil tentang di mana Anda salah dalam hal pangsa pasar Anda. 

Berikut adalah strategi yang dapat Anda terapkan untuk mengalahkan persaingan langsung Anda di area tersebut, antara lain:

  • Pertahankan area tempat Anda hadir secara eksklusif. Untuk ini, Anda perlu memastikan bahwa dealer dan distributor Anda ada di tangan Anda dan tidak tergelincir ke pesaing.
  • Serang area di mana pesaing hadir atau Anda berdua berada - Ini adalah area di mana Anda bisa mendapatkan pangsa pasar maksimum dan Anda perlu menyerang area ini melalui promosi, iklan, atau cara lain yang memungkinkan.

Bedakan atau pikirkan di luar kotak untuk area yang tidak terjangkau oleh Anda berdua. Jika tidak ditanggung oleh Anda berdua maka ada yang kurang dari segi cakupan atau produk tidak digunakan oleh orang-orang tersebut. Kemudian Anda perlu berpikir di luar kotak untuk menawarkan produk ke pasar ini yang belum tersentuh.

3. Membandingkan Bisnis Dengan Bisnis

Kalahkan persaingan langsung Anda. Sekarang, lebih mudah untuk membandingkan di tingkat pasar karena Anda akan mendapatkan statistik dari dealer, distributor, atau mitra penyalur Anda atau bahkan melalui observasi visual. 

Namun, membandingkan bisnis dengan bisnis memberi Anda wawasan aktual dan jalan ke depan untuk mengalahkan pesaing langsung Anda.

Berikut adalah cara Anda dapat membandingkan dari bisnis ke bisnis dan membuat rencana Anda untuk mengalahkan pesaing langsung, yaitu:

a. Analisis portofolio produk 

Analisis lini produk dan panjang diri Anda dan pesaing Anda. Jika ada perbedaan besar, atau jika ada beberapa produk hit di portofolio pesaing, maka sesuaikan juga produk tersebut dalam portofolio Anda.

b. Analisis pendapatan penjualan 

Anda akan mendapatkan pendapatan penjualan dari laporan perdagangan atau dari analisis pasar. Pendapatan penjualan akan memberi Anda rincian keseluruhan dari mana pesaing memperoleh pendapatan besar. 

Jadi, jika dari 4 unit bisnis, 2 menghasilkan banyak untuk pesaing, Anda perlu menyerang 2 unit bisnis ini dan mendapatkan kembali pangsa pasar.

c. Lakukan analisis SWOT 

Meskipun ini terdengar seperti jargon manajemen, lakukan analisis SWOT terhadap diri Anda sendiri vs semua pesaing langsung yang telah Anda daftarkan. Anda akan menemukan banyak celah yang harus ditutup melalui bagian kelemahan atau peluang. Ini akan banyak membantu dalam mengalahkan persaingan.

Setelah Anda memiliki studi persaingan bisnis ke bisnis, Anda dapat mengambil bagian di mana Anda lemah dan kemudian bertindak sesuai dengan itu. Inilah poin terakhir yang ingin saya sarankan.

4. Bangun Nilai Untuk Mengalahkan Persaingan

Jika Anda ingin menjadi nomor 1, maka Anda perlu memahami cara membangun nilai dalam bisnis Anda. 

Contoh, Seorang pengecer dapat membangun nilai dengan secara teratur memiliki bundel penawaran untuk pelanggan. Ia juga dapat meningkatkan interior toko sehingga pelanggan senang mengunjungi toko tersebut. 

Sebuah restoran dapat membangun nilai dengan menyajikan makanan yang sangat bagus dan berkualitas. Itu juga dapat membangun nilai dengan mengkomunikasikan kepada pelanggan mengenai kualitas makanan yang dimilikinya.

Hal-hal kecil seperti itu sangat membantu dalam mengubah pelanggan Anda dari persaingan menjadi diri Anda sendiri. Langkah-langkah membangun nilai ini mengatakan kepada pelanggan "Kami akan menjaga Anda". 

Jika pesaing Anda tidak mengatakan itu, itu membuat perbedaan besar dalam pikiran pelanggan, dan saat itulah dia terikat dengan bisnis Anda. Pada hari Anda mulai kehilangan pelanggan, Anda harus mengaudit nilai yang diberikan oleh produk Anda.

Jadi, meringkas semua yang dikatakan di atas adalah, Anda perlu memiliki kombinasi analisis statistik dan insting Anda untuk memahami apa yang sedang dilakukan pesaing Anda. Kombinasi keduanya, bersama dengan rasa hormat yang sehat kepada pelanggan, akan membantu Anda mengalahkan pesaing langsung Anda.

Demikian artikel mengenai Cara Menganalisa Dan Mengalahkan Kompetitor Bisnis Anda. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda.

Post a Comment for "Cara Menganalisa Dan Mengalahkan Kompetitor Bisnis Anda"