Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengaruh Influencer Terhadap Brand Awareness

Pengaruh Influencer Terhadap Brand Awareness Anda
image via freepik

Pengaruh Influencer Terhadap Brand Awareness - Influencer marketing melibatkan kegiatan mengidentifikasi dan mendukung individu yang dapat membuat percakapan yang bermakna di sekitar merek bisnis Anda. Ini adalah aktivitas pemasaran digital yang semakin diminati para pemasar bisnis saat ini. Dengan investasi yang mahal, mereka datang dengan rasa optimisme yang tinggi terkait Pengaruh Influencer Terhadap Brand Awareness mereka.

Sebagai contoh, Pemasar GetCRAFT yang disurvei di Filipina dan Indonesia menempatkan influencer marketing tinggi dalam daftar prioritas mereka. Influencer marketing untuk mereka adalah prioritas yang lebih besar daripada pemasaran melalui email, pencarian berbayar, dan terutama iklan display, yang telah meluncur ke bagian bawah daftar prioritas digital terkait pemasaran.

Munculnya pendekatan ini menunjukkan bahwa mereka sekarang menyadari pentingnya nilai dari influencer marketing ini, terutama bagaimana pesan mereka diperlukan untuk memotong kekacauan digital yang terjadi. 

Penggunaan pemblokir iklan (adblocker) telah meningkat secara global, dan bahkan mereka yang tidak benar-benar menggunakan perangkat lunak pemblokiran iklan di perangkat mereka tetap cenderung menghindari iklan banner. Hal ini tentu semakin menyulitkan para pemasar bisnis untuk melakukan kampanye merek mereka.

Mengapa Influencer Marketing Penting?

Salah satu manfaat dari influencer marketing adalah memungkinkan Anda mengatasi pemblokiran iklan dan meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan interaksi langsung dari audiens target Anda, dimana mereka akan mendengarkan pesan Anda melalui influencer tersebut. 

Melalui pemasaran influencer, Anda mengetuk perhatian pemirsa melalui peran media sosial, dan bekerja dengan mereka bagi Anda seolah-olah mereka adalah penerbit mini.

Influencer media sosial telah mengumpulkan jumlah pengikut (follower) yang besar mereka karena suatu alasan, apakah popularitas, kredibilitas, atau keahlian. Influencer marketing memungkinkan Anda untuk memanfaatkan popularitas, kredibilitas, atau keahlian tersebut untuk membuat percakapan yang berdampak tinggi di sekitar merek Anda. 

Dan itu membuktikan bahwa Pengaruh Influencer Terhadap Brand Awareness masih dapat di andalkan dan dijadikan sebagai pilihan utama dari para pemasar bisnis.

Di antara alasan yang sering dikutip untuk melakukan pemasaran konten, yang paling menarik adalah fakta bahwa konsumen jauh lebih mungkin percaya pada apa yang dikatakan oleh influencer daripada Anda yang mengatakannya sendiri. 

Laporan Global Trust in Advertising Nielsen mengungkapkan bahwa sebanyak 83% konsumen lebih mempercayai pendapat orang-orang yang mereka kenal.

Sosok seperti itu dulu hanya dikaitkan dengan cara dari mulut ke mulut. Tetapi popularitas internet dan media sosial telah membuat kita seolah-olah mengetahui dan akrab dengan orang-orang yang belum kita kenal secara pribadi sebelumnya. Bahkan seorang selebriti yang dulu begitu jauh sekarang ini sangat mudah untuk berinteraksi dengan kita di Facebook, Twitter, atau Instagram.

Biaya Influencer Marketing

Selain efektivitas, biaya juga merupakan salah satu faktor yang harus di pertimbangkan dalam menggunakan strategi influencer marketing. Meskipun benar, bahwa biaya yang dibutuhkan cenderung meningkat ketika jumlah pengikut (follower) mereka meningkat, pengalaman telah menunjukkan bahwa hasilnya juga sebanding bahkan lebih dari yang di harapkan oleh Anda.

Selain itu, ketika memutuskan untuk menggunakan influencer marketing kita pasti memiliki sebuah tujuan. Artinya kita pasti telah mempertimbangkan ketika menggunakan inluencer seorang selebritis media sosial yang pengikutnya berjumlah ratusan ribu hingga jutaan orang. Kita telah melakukan analisa mengenai biaya dan keuntungan yang akan kita dapatkan nantinya.

Jika Anda, memiliki anggaran yang tidak begitu besar, maka disarankan untuk bekerja dengan micro-influencer. Pengikut mereka mungkin memang terbatas, akan tetapi mereka sering dianggap sebagai pemimpin dalam pemikiran dan gagasan, dan mereka lebih cenderung terlibat dengan audiens mereka. Mereka juga bagus untuk menargetkan ceruk pasar yang lebih spesifik.

Tidak ada salahnya juga bahwa seorang influencer biasanya membuat konten mereka sendiri. Menghemat biaya juga merupakan salah satu manfaat dari influencer marketing. Biaya yang harus disediakan untuk bekerjasama dengan influencer termasuk produksi dan distribusi konten adalah alasannya. Tidak hanya mengurangi biaya, itu juga membuat kampanye berjalan dengan jauh lebih mudah.

Apakah Anda pikir influencer marketing akan bekerja dengan baik untuk merek bisnis Anda? Tujuan bisnis apa yang menurut Anda dapat mendorong influencer marketing? Melakukan brainstorming lebih lanjut tentang influencer marketing dengan pakarnya akan meyakinkan Anda bahwa semua kampanye yang dapat Anda jalankan akan menghasilkan ROI (Return of Investment) seperti yang Anda harapkan.

Itulah sekelumit artikel tentang Pengaruh Influencer Terhadap Brand Awareness. Semoga berguna dan bermanfaat untuk Anda.

Kunjungi blog saya di www.bizznet.my.id untuk mendapatkan artikel - artikel tentang marketing lainnya.

Post a Comment for "Pengaruh Influencer Terhadap Brand Awareness "