Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendekatan Analisis Peluang Usaha Melalui Metode SWOT Dan 5W+1H

Analisis Peluang Usaha

Metode 5W+1H telah lama dikenal di dunia manufaktur. Selain itu, ternyata metode 5W+1H ini juga di gunakan dalam dunia bisnis dan marketing yakni terkait dengan analisis peluang usaha.

Bagaimana cara kita menggunakan metode 5W+1H ini dalam analisis peluang usaha? Untuk mengetahuinya, silahkan membaca artikel ini hingga selesai karena saya akan bahas lebih lanjut tentang metode ini dalam uraian artikel berikut ini.

Peluang usaha baru dapat muncul dari sekitar kita, dan biasanya peluang tersebut sering muncul dari situasi yang tidak diduga. Untuk mengembangkan ide atau gagasan tentang peluang usaha baru, maka kita harus mulai untuk berpikir seperti berikut ini: 
  • Positif, pikiran Anda harus diarahkan pada hal-hal yang mempermudah dan bermanfaat. 
  • Kreatif, pikiran Anda harus arahkan pada hal-hal yang dapat membuat konsumen tertarik pada produk kita. 
  • Inovatif, pikiran Anda harus diarahkan pada kreasi produk baru yang bermanfaat.
  • Inisiatif, segera mulai dengan tindakan nyata dan jangan menunda atau menunggu.
  • Fleksibel, sesuaikan dengan perubahan yang ada.
  • Responsif, selalu mengikuti perkembangan zaman.
Analisis peluang usaha merupakan salah satu cara atau strategi dalam memulai sebuah usaha agar dalam menjalankan usaha tersebut seorang Wirausahawan telah memiliki gambaran seperti apa usaha yang akan dilakukan dan bagaimana cara mengelola serta menjalankan usahanya tersebut. 

Dalam melakukan pemilihan produk, berupa barang - barang yang dapat menciptakan peluang usaha baru, maka perlu mempertimbangkan hal - hal berikut ini: 
  1. Mudah dalam penggunaannya
  2. Efisien dalam penggunaannya 
  3. Kualitas produk terjamin 
  4. Hemat dalam penggunaannya 
  5. Adanya jaminan kemanan produk 
Adapaun dalam melakukan pemetaan analisis produk dapat diperjelas dan dikelompokkan menjadi seperti berikut ini: 

a. Produk tersebut adalah produk yang mampu mempermudah atau meringankan pekerjaan kita di rumah. Artinya dengan adanya produk tersebut kita dapat menyelesaikan lebih dari satu pekerjaan dalam waktu yang bersamaan secara cepat dan efisien. Contoh produk - produk tersebut misalnya panci multiguna, atau perajang sayuran dan sebagainya.

b. Produk tersebut adalah produk yang mampu mempermudah pekerjaan kita di luar rumah. Contoh produk- produk tersebut seperti tas multifungsi, air dalam kemasan, mie dalam cup, dan sebagainya.

Dalam melakukan analisis peluang usaha, metode yang sering digunakan ada 2 macam, yaitu:
  • Metode Analisis SWOT
  • Metode analisis 5W+1H

METODE ANALISIS SWOT 

Metode Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang mengevaluasi hal - hal seperti:
  • Kekuatan (strengths) 
  • kelemahan (weaknesses) 
  • Peluang (opportunities)
  • Ancaman (threats)
Keempat faktor diatas sering disebut SWOT (merupakan singkatan dari strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor - faktor internal dan eksternal, baik yang mendukung dan yang tidak mendukung dalam rangka mencapai tujuan tersebut. 

Analisis SWOT dapat kita terapkan dengan SWOT ANALYSIS, yakni dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktor tersebut diatas.  Kemudian kita dapat menerapkannya dalam bentuk gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) akan mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, kemudian bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari sebuah peluang (opportunities) yang ada.  

Selanjutnya adalah bagaimana kekuatan (strengths) akan mampu untuk menghadapi berbagai macam ancaman (threats) yang muncul, dan terakhir adalah bagaimana cara untuk mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) tersebut menjadi kenyataan atau malah  justru menciptakan sebuah ancaman baru. 

METODE ANALISIS 5W + 1H 

Selain menggunakan analisis SWOT diatas, seorang Wirausaha juga bisa menggunakan metode  analisis lainnya, seperti  5W + 1H yang sudah cukup populer saat ini.

Adapaun metode analisis 5W+1H terdiri dari:

What = Jenis atau bidang usaha apa yang akan kita ambil. 

Why = Kenapa memilih usaha tersebut. 

When = Kapan akan memulai usaha tersebut. 

Where = Dimana kita akan memulai usaha (lokasinya di mana).

Who = Siapa yang akan terlibat dalam usahanya. 

How = Bagaimana cara membuatnya (proses produksinya).

Dengan menggunakan metode analisis tersebut, seorang Wirausahawan akan lebih mengetahui tentang usaha yang akan dipilihnya sehingga dapat memberikan gambaran mengenai pelaksanaan usaha tersebut. 

Bagaimana Cara Menentukan Target Pasar Yang Di Tuju?

Berikut adalah langkah-langkah penyusunan analisis target pasar secara lebih jelas, antara lain:
  • Amati kebutuhan apa yang paling banyak diperlukan oleh masyarakat
  • Kapan mereka membutuhkan barang tersebut, lihat karakteristik konsumen dan kebutuhannya, dengan demikian maka produknya bisa disesuaikan dengan segmen konsumen tersebut.. 
  • Daya beli konsumen
  • Apakah produk tersebut berkualitas atau tidak. 
  • Lihat ada pesaingnya atau tidak, jika kompetitornya banyak, maka lebih baik cari peluang pasar yang belum digarap oleh pesaing tersebut.
Selain dua metode analisis di atas, seorang wirausahawan juga bisa menggunakan dan memakai metode studi kelayakan usaha dalam melakukan analisis atau menilai peluang usaha yang akan diambil.

Setiap analisis peluang usaha akan menyesuaikan dengan produk dan lingkungan sekitarnya karena setiap produk dan lingkungan (wilayah pemasaran) akan memiliki karakteristik dan ciri khas yang berbeda - beda.

Oleh karena itu, maka seorang Wirausahawan hendaknya mengetahui hal - hal penting di bawah ini: 
  • Situasi dan kondisi kebiasaan masyarakat (konsumen).
  • Sosial dan budaya dari pola hidup masyarakat (konsumen).
  • Tingkat pendapatan dan pengeluaran serta pola ekonominya.
  • Keragaman masyarakatnya 
  • Pola kebutuhan masyarakatnya 
Ketika perkembangan teknologi dan komunikasi yang semakin cepat, maka semakin banyak memberi kan kemudahan sehingga kemudian berkembanglah suatu pola baru yang harus diikuti oleh seorang Wirausahawan. 

Munculnya begitu banyak aplikasi dalam smartphone semakin memberikan peluang tambahan yang harus dianalisis secara cermat agar memberikan keuntungan untuk usaha yang kita lakukan. 

Contohnya, pada awal kemunculannya, banyak orang yang berpikir bahwa GOJEK akan semakin berkembang, dan telah merubah pola hidup masyarakat hanya dari satu aplikasi saja. 

Itulah artikel tentang Pendekatan Analisis Peluang Usaha Melalui Metode SWOT Dan 5W+1H. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda.

Post a Comment for "Pendekatan Analisis Peluang Usaha Melalui Metode SWOT Dan 5W+1H"