Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Faktor Utama Kesuksesan Bisnis

5 Faktor Utama Kesuksesan Bisnis

5 Faktor Utama Kesuksesan Bisnis - Apa yang perlu Anda miliki untuk sebuah bisnis yang sukses? Banyak orang terlalu fokus pada masalah uang dan mengabaikan hal - hal penting lainnya dari sebuah bisnis yang sukses. 

Berikut Adalah  5 Faktor Utama Kesuksesan Bisnis, Antara Lain:

1. Waktu (Time)

Anda harus memahami bahwa dalam bisnis, waktu adalah uang. Dalam bisnis, tujuan utama Anda adalah untuk menghasilkan uang. Tetapi pertanyaannya adalah seberapa produktif Anda dalam mengubah waktu Anda untuk menjadi uang. Apakah Anda memanfaatkan penuh waktu Anda atau Anda hanya membiarkan waktu yang Anda miliki berlalu begitu saja?

Adalah sebuah hal yang menarik dan perlu Anda ketahui bahwa satu - satunya hal yang diberikan oleh Tuhan kepada semua mahluknya (termasuk kita manusia) adalah waktu. Ya benar, Tuhan telah memberikan jumlah waktu yang sama kepada kita setiap harinya yakni 24 jam. Faktor yang akan menjadi pembeda adalah, bagaimana kita menggunakan waktu tersebut, itu yang tidak sama.

Berapa banyak yang Anda hasilkan tergantung pada seberapa baik Anda mengkonversi waktu menjadi uang. Jika Anda sudah produktif, maka Anda mungkin ingin bertanya, apa hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan rasio uang Anda / detik? 

Jika Anda menghasilkan Rp. 1.000 / detik, apa yang dapat Anda lakukan untuk membuatnya menjadi Rp. 2.000 / detik? Atau bahkan lebih. Ingat waktu adalah aset yang paling berharga dan setelah itu berlalu maka ia akan hilang, dan tidak mungkin akan terulang. Seperti yang sudah saya katakan diatas, bahwa waktu merupakan distribusi sumber daya yang paling adil bagi setiap manusia yang diterima dari Tuhan.

2. Orang (Man)

Untuk menjadi sukses dalam bisnis, Anda harus memiliki koneksi orang. Maksudnya, adalah orang yang tepat. Orang-orang terdiri dari pelanggan, pemasok, mitra, staf, dan rekanan.

Satu hal yang tidak boleh Anda tinggalkan adalah mentor atau pelatih Anda. Memiliki mentor atau pelatih yang tulus sangat penting dan dapat membuat perbedaan yang sangat besar dalam bisnis Anda.

Untuk memastikan bahwa Anda memiliki lebih banyak keuntungan, maka Anda harus melayani orang dengan baik. Atur database koneksi orang Anda. Dengan hanya mengetahui siapa yang melakukan apa, siapa yang memasok apa, siapa yang membutuhkan apa, di mana mendapatkan apa akan membuat Anda berada jauh di depan orang lain. Untuk mengatur koneksi, Anda dapat menggunakan folder kertas atau spreadsheet komputer.

3. Pengetahuan Dan Keterampilan (Knowledge And Skill)

Ketika saya berbicara tentang pengetahuan dan keterampilan, saya tidak mengacu pada pengetahuan akademis yang Anda temukan di sekolah atau di perguruan tinggi. Yang lebih penting bagi Anda adalah pengetahuan dan keterampilan yang dapat memberi Anda hasil yang Anda inginkan.

Berapa banyak pemegang MBA yang Anda ketahui telah menjadi pemilik bisnis dan telah membuat uang? Itu menunjukkan bahwa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang tepat adalah penting. Jangan secara membabi buta mengejar pengetahuan yang bisa menenggelamkan Anda. Pergi untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang diuji secara universal dan terbukti.

Contoh pengetahuan dan keterampilan yang tepat adalah tempat untuk mendapatkan apa dari siapa, tren menghasilkan uang, strategi pemasaran, seni berurusan dengan orang, keterampilan negosiasi, keterampilan menjual, keterampilan mengelola dan menumbuhkan uang, keterampilan investasi, hukum universal kesuksesan, dan banyak lagi yang lainnya.

Jangan buang waktu Anda pada pengetahuan yang tidak perlu seperti yang Anda pernah lakukan sebelumnya. Hanya ada begitu banyak yang perlu Anda ketahui dan pelajari. Jadilah tajam dan fokus ketika Anda memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Jangan ikuti apa yang orang normal lakukan. Berpikir dengan cara berbeda atau out of the box. Berani berbeda juga akan menjadi peluang Anda untuk meraih kesuksesan bisnis.

4. Kesehatan (Healthy)

Bahkan, ini merupakan faktor yang paling penting dari semua itu. Bagaimana Anda bisa menjalankan sebuah bisnis tanpa tubuh yang sehat? Untuk menjaga kesehatan yang optimal, maka Anda harus memberi tubuh Anda nutrisi dan makanan yang bergizi serta olahraga yang cukup. Dan juga jangan lupakan tentang kesejahteraan emosional. Jangan biarkan kemarahan dan emosi negatif lainnya datang dan mengendalikan diri Anda.

Di sinilah sikap positif dan memberdayakan ikut bermain. Menjaga tubuh sama seperti menjaga mobil Anda. Jika Anda mengirim mobil Anda ke bengkel untuk servis rutin dan memompa bensin secara teratur, mengapa Anda tidak melakukan hal yang sama untuk tubuh Anda? 

Ini adalah sesuatu penting untuk Anda pikirkan. Jangan pelit dan sayang karena menghabiskan uang untuk melakukan perawatan kesehatan Anda sendiri, karena kesehatan fisik dan mental dapat menyebabkan Anda mendapatkan banyak uang dalam jangka panjang dimasa depan.

5. Uang (Money)

Mari kita berhitung berapa bayak uang yang Anda butuhkan untuk menjalankan bisnis Anda. Kenyataannya, Anda mungkin tidak perlu banyak uang untuk memulai bisnis karena ada banyak cara untuk memulainya dengan modal yang rendah atau bahkan tanpa modal.

Saya bertemu dengan banyak sekali orang yang ingin menjadi kaya tetapi tidak bersedia menginvestasikan uang mereka. Anda harus berinvestasi dalam sesuatu agar Anda mendapatkan sesuatu. Hukum menabur dan menuai akan selalu relevan. Jangan mengharapkan sesuatu tanpa pernah menginvestasikan sesuatu.

Meskipun Anda tidak perlu memiliki modal untuk memulai bisnis Anda, tetapi setidaknya Anda harus dapat menutupi pengeluaran Anda saat membangun bisnis Anda. Anda juga perlu uang untuk membeli produk untuk persediaan dan barang-barang lainnya. Jadi, Anda setidaknya harus datang dengan jumlah berapa pun yang Anda harus miliki untuk memulai sebuah bisnis.

Ini adalah 5 faktor utama kesuksesan bisnis. Lakukan yang terbaik untuk memperoleh atau menumbuhkan atau berinvestasi dengan kelima faktor ini. Tapi hal yang baik adalah Anda tidak perlu memiliki kombinasi bahan yang sempurna untuk memulai bisnis Anda. Anda masih dapat menyempurnakan faktor - faktor tersebut sambil jalan. Entah bagaimana, rasanya akan jauh lebih baik untuk segera memulai bisnis Anda dengan apa yang Anda punya saat ini.

Silahkan berkunjung ke blog saya di www.bizznet.my.id untuk mendapatkan artikel - artikel menarik lainnya.

Post a Comment for "5 Faktor Utama Kesuksesan Bisnis"