Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Perencanaan Untuk Membuat Keputusan Dalam Bisnis

 

Business Plan
image via freepik

Pentingnya Perencanaan Untuk Membuat Keputusan Dalam Bisnis - Semakin lama Anda berada dan bekerja dalam sebuah perusahaan, maka Anda akan semakin percaya dengan kata-kata "Perencanaan" dan "Keputusan". 

Kedua kata tersebut saling terkait satu sama lain, namun jarang digunakan dalam kalimat yang sama.  Dan kejatuhan sebuah bisnis akan dimulai karena sebuah perencanaan yang buruk ketika membuat keputusan penting.

Efek dari keputusan yang buruk mungkin tidak akan terasa selam berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, akan tetapi secara perlahan hal itu bisa mempengaruhi bisnis Anda, bahkan bisa menyebabkan bisnis Anda hancur berantakan.  

Ini adalah fakta bahwa sebagian besar bisnis yang gagal gagal bukan karena mereka tidak membuat sebuah keputusan, akan tetapi karena mereka tidak membuat sebuah keputusan yang baik dengan sebuah perencanaan yang matang. 

Dengan begitu banyak kemampuan pada diri Anda untuk membuat sebuah keputusan yang tepat, maka sangat bijaksana rasanya jika Anda mempelajari teknik pengambilan keputusan dan proses yang terlibat dalam perencanaan untuk membuatnya. 

Perencanaan akan memungkinkan sebuah keputusan dibuat berdasarkan persyaratan Anda dan dengan cara yang jauh lebih nyaman dan cerdas.  Ini memungkinkan Anda waktu untuk mempertimbangkan beberapa opsi tanpa terburu-buru hingga sampai pada menit terakhir. 

Ada 4 Manfaat Perencanaan Untuk  Pengambilan Keputusan Dalam Bisnis, yaitu: 

1. Perencanaan Memungkinkan Anda Untuk Menetapkan Tujuan Yang Anda Inginkan.

Itu berarti Anda tidak begitu fokus pada peristiwa eksternal yang tidak berhubungan dengan apa yang ingin Anda capai.  Banyak keputusan yang salah dibuat berdasarkan hal-hal yang mengarahkan kehidupan seseorang daripada menjadi pembuat keputusan proaktif. 

2. Perencanaan Menyediakan Cara Untuk Mengukur Keberhasilan. 

Rencana tindakan adalah cermin Anda untuk mengukur seberapa dekat (atau jauh) Anda dari mencapai tujuan Anda. 

Langkah ini penting karena dapat menunjukkan kepada Anda segera ketika Anda merasa bahwa tidak mungkin bisa mencapai tujuan Anda dengan begitu mbanyak masalah yang terjadi, sehingga Anda perlu melakukan penyesuaian dan koreksi. 

3. Perencanaan Mengubah "Lakukan" Menjadi "Dapatkan".

Perencanaan adalah mengubah ide, nilai, dan aktivitas menjadi tindakan.  Perencanaan bukanlah hasil akhirnya, akan tetapi ini adalah alat untuk mengubah ide menjadi tindakan atau tindakan tertentu.

Perencanaan akan membantu Anda untuk mengkonversikan tujuan perusahaan Anda menjadi tujuan individu Anda dan membantu Anda untuk mendapatkan hasil sesuai dengan yang Anda inginkan. Ingat sebagian besar perusahaan membayar Anda untuk tindakan BUKAN aktivitas.  

Ini bukan tentang "Lakukan", akan tetapi tentang "Dapatkan". Hal itulah yang akan membuat sebuah perbedaan.  Rencana yang baik adalah menjaga apa yang Anda coba capai dalam fokus Anda setiap saat dan setiap waktu.  Tanyakan pada diri sendiri, apa yang Anda "Lakukan" sekarang, untuk "Mendapatkan" hasil yang Anda yang menjadi tanggung jawab Anda? 

4. Perencanaan Membantu Mengalokasikan Sumber Daya Dengan Cara Yang Efektif Dan Efisien. 

Hanya sedikit perusahaan yang memiliki sumber daya yang tak terbatas. Sebuah perencanaan yang baik akan membantu Anda untuk memaksimalkan sumber daya yang Anda miliki. Anda harus ingat bahwa uang bukanlah satu-satunya sumber daya Anda.  

Jalan keluar yang perlu Anda kelola mencakup orang, alat, aset, dan informasi kepatutan perusahaan.  Dengan adanya perencanaan, Anda dapat melihat kekhawatiran sebelum hal itu menjadi masalah dan Anda dapat menggeser sumber daya yang tersedia untuk menutupi masalah yang tidak terduga tersebut. 

Pentingnya perencanaan untuk membuat keputusan dalam bisnis adalah contoh sempurna dari prinsip Pareto. Ide atau gagasan bahwa dengan melakukan 20% pekerjaan Anda dapat menghasilkan 80% dari keuntungan melakukan seluruh pekerjaan. 

Analisis Pareto adalah teknik formal untuk menemukan perubahan yang akan memberikan manfaat terbesar. Ini berguna di mana banyak kursus tindakan yang mungkin bersaing untuk mendapatkan perhatian Anda. 

Mungkin dengan menghabiskan 20% dari waktu Anda secara menyeluruh untuk merencanakan sebuah keputusan Anda berikutnya,  dapat menghemat 80% dari waktu Anda.  Mengapa Anda tidak mencobanya? 

Ada beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk melakukan perencanaan.  Kata-kata seperti Strategis, Taktis, dan Operasional mungkin terlintas dalam pikiran Anda.  Namun, ini adalah prosedur perencanaan khusus. Masing-masing memiliki tempat mereka dalam bisnis.

Sekali lagi, Agar supaya bisnis Anda berkembang dan maju sesuai dengan keinginan Anda, maka Anda harus terus berlatih untuk membuat sebuah perencaan untuk membuat keputusan dalam bisnis Anda.

Kunjungi blog saya di www.bizznet.my.id untuk membaca artikel - artikel menarik lainnya.

Post a Comment for " Pentingnya Perencanaan Untuk Membuat Keputusan Dalam Bisnis"