Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Rahasia Layanan Pelanggan yang Baik

Rahasia Layanan Pelanggan yang Baik
image via freepik

7 Rahasia Layanan Pelanggan yang Baik - Jika Anda berada di sektor industri jasa, maka layanan pelanggan yang baik bisa menjadi kunci dari kesuksesan bisnis Anda. 

Dengan memiliki layanan pelanggan yang baik, maka Anda dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan karena akan mempromosikan loyalitas perusahaan. Ini dapat menciptakan win-win skenario untuk bisnis dan klien atau pelanggan Anda.

Untuk memiliki layanan pelanggan yang baik, maka berikut ini saya akan membagikan kepada Anda tentang  7 Rahasia Layanan Pelanggan yang Baik, antara lain:

1. Berusaha Untuk Membangun Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan adalah rahasia terpenting untuk mencapai sebuah layanan pelanggan yang baik. Akan lebih baik lagi jika Anda mengetahui informasi tentang pelanggan Anda, seperti nama lengkap, nomor kontak, dan nama pribadi lainnya. 

Beberapa orang mungkin melihat ini sebagai langkah untuk memata-matai pelanggan Anda, tetapi itu tidaklah benar. Data -data dan informasi terkait dengan pelanggan Anda hanya di gunakan ketika memang sangat di butuhkan oleh Anda untuk berkomunikasi dengan mereka. 

Penyalahgunaan informasi terkait data - data pelanggan Anda, hanya akan menghancurkan reputasi dan kredibilitas perusahaan Anda.

Jika Anda menunjukkan kepedulian terhadap apa yang penting bagi pelanggan, maka Anda hanya akan membangun loyalitas mereka dan Anda akan memperoleh pelanggan yang setia seumur hidup. 

2. Menyediakan Layanan Pelanggan Yang Otentik 

Sekarang layanan pelanggan telah dianggap klise dan hanya di anggap sebagai sebuah cara tradisional untuk berurusan dengan pelanggan Anda. Jika semua orang melakukannya, ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk mempersonalisasi layanan Anda. 

Menjadi kreatif; mengenal pelanggan Anda secara pribadi dan mengidentifikasi kebutuhan individu mereka. Pastikan bahwa Anda memberikan penawaran berharga bagi pelanggan Anda. 

3. Pepatah Lama "Pelanggan Selalu Benar" Masih Berlaku

Jika satu pelanggan mendekati Anda dan mengeluh, maka Anda harus mengambil langkah dan tindakan serius untuk menangani kekhawatirannya. Jika pelanggan Anda marah dan kesal, menenangkanny, pertama Anda bisa menenangkannya dengan kata-kata dan menunjukkan kepadanya betapa seriusnya Anda dalam memperbaiki masalah apapun.

Setelah pelanggan Anda merasa puas dengan cara Anda menangani keluhannya, maka ucapkanlah kata "Terima kasih atas telah menyampaikan masalah Anda." Perlu diingat bahwa iklan tidak akan cukup untuk memperbaiki kerusakan yang dilakukan akibat gagal dalam mengatasi keluhan pelanggan ini. 

Silent complainers juga dapat melakukan kerusakan besar pada bisnis Anda. Mereka hanya berjalan keluar dari toko Anda tanpa keluhan tetapi Anda tidak akan pernah melihat mereka lagi. Mereka secara terbuka mengkritik layanan Anda kepada orang lain, dengan demikian membangun reputasi buruk untuk bisnis Anda. 

4. Jujurlah Kepada Pelanggan Anda

Ketika pelanggan Anda merasa curiga bahwa Anda telah berbohong pada mereka, maka itu artinya Anda harus bersiap - siap untuk kehilangan mereka. Jika pelanggan mencari saran Anda tentang produk Anda, maka lebih baik secara terbuka memberi tahu mereka apa yang perlu mereka ketahui. Pada akhirnya, mereka akan berterima kasih untuk ketulusan Anda dalam melayani kebutuhan mereka.

5. Bekerjalah 

Jika Anda ingin sebuah layanan pelanggan yang luar biasa, Anda harus mengerahkan usaha ekstra. Anda dapat mengirim ucapan ulang tahun atau masukkan catatan terima kasih pada paket pelanggan. 

Anda dapat mengirim catatan ucapan selamat ketika klien Anda dipromosikan atau Anda mendapatkan klipping gambar jika Anda melihat foto atau nama mereka di cetak. Ada berbagai cara untuk mendekatkan Anda dengan klien (pelanggan) Anda.  

6. Berikan Edukasi Kepada Staf Anda

Jika Anda menangani mengedukasi dan melatih seluruh staf Anda tentang layanan pelanggan yang baik, maka itu akan sangat bermanfaat untuk bisnis Anda. Akan ada saat-saat ketika Anda tidak bisa langsung berurusan dengan pelanggan Anda dan staf Anda harus dapat menunjukkan kepada mereka layanan pelanggan yang sangat baik yang mereka butuhkan. 

Para pesaing Anda hanya bisa menatap untuk melayani mereka yang tidak puas dengan layanan pelanggan Anda, jadi lebih baik mengurus klien Anda melalui layanan pelanggan yang baik. 

Seharusnya itu tidak hanya berupa layanan bibir saja, akan tetapi sebuah layanan pelanggan otentik yang berasal dari hati dan dicapai melalui tindakan nyata. 

7. Pelanggan Tidak Pernah Salah

Dan realitasnya, beberapa pelanggan Anda menggunakan prinsip ini sepenuhnya. Apa yang dapat Anda lakukan ketika dihadapkan dengan pelanggan yang sulit? Beberapa pelanggan menjadikannya tujuan mereka untuk menyebabkan terjadinya perselisihan ketika mereka berbelanja. 

Mengetahui bahwa pelanggan Anda dapat memiliki masalah dari waktu ke waktu dan bersedia untuk membantu pelanggan dengan kekhawatiran mereka adalah sebuah hal yang baik.

Jika mereka adalah pelanggan yang telah berulang kali "telah bermasalah", maka Anda mungkin perlu untuk mempertimbangkan mencari sumbernya.  

Contoh pelanggan yang menyalahgunakan sistem adalah salah satu yang membeli item membawanya kembali ketika itu bukan "baru" lagi dan meminta untuk menggantinya dengan barang yang sama, sekali tidaklah terlalu buruk, bahkan dua kali dapat diabaikan. 

Namun untuk Pelanggan yang membawa barang-barang mereka berulang-ulang lagi, mungkin melihat kesempatan untuk mengambil keuntungan dari kebijakan toko Anda. Jadi Anda perlu waspada dengan kemungkinan tersebut.

Sebelum berdebat dengan pelanggan, bersiaplah untuk melihat ke masalah ini lebih dalam. Ini mungkin hanya memerlukan Manajer untuk memberi tahu pelanggan bahwa ini bukan praktik yang baik. Industri bisnis penuh dengan seniman penipuan yang hanya mencari keuntungan dari kebijakan Anda.

Mengetahui perbedaan antara pelanggan yang membutuhkan dan scammer mungkin tidak mudah, tetapi, Anda mungkin perlu mempertimbangkan bagaimana perusahaan Anda akan menangani Scammers. 

Setelah semua bahaya scammer dapat menyebabkan tidak hanya mempengaruhi keuntungan Anda, itu juga dapat mempengaruhi pelanggan lain dalam mendapatkan kebutuhan mereka. 

Cara Menangani Pelanggan Yang Sulit

1. Dengarkan - Jadilah pendengar yang baik. Jika Anda mendengar seluruh cerita dari pelanggan tersebut, maka itu dapat membantu dalam menentukan apa yang harus Anda lakukan untuk melayani kebutuhan pelanggan dengan lebih baik lagi. 

2. Pikirkan Dan Tanggapi - Pertimbangkan cara untuk memecahkan masalah, bicarakan keluhan mereka dengan manajemen Anda. 

3. Berempati - pernyataan empati dapat meredakan pelanggan yang mungkin tidak rasional. 

4. Atasi Masalah - Lakukan semua hal yang Anda bisa untuk memperbaiki situasi ini dan untuk memastikan bahwa masalah ini tidak akan terjadi lagi. Pelanggan dapat membuat atau merusak bisnis Anda. Bertindak dengan pemahaman dan kesopanan akan membuat reputasi bisnis Anda menjadi baik.

Itulah artikel tentang 7 Rahasia Layanan Pelanggan yang Baik. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk Anda dalam memahami layanan pelanggan.

Post a Comment for "7 Rahasia Layanan Pelanggan yang Baik"