Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dasar-Dasar Rencana Bisnis Atau Business Plan

Dasar-Dasar Rencana Bisnis Atau Business Plan

Dasar-Dasar Rencana Bisnis Atau Business Plan - Rencana bisnis atau disebut juga business plan adalah sebuah dokumen tertulis yang berfungsi untuk mengidentifikasi tujuan Anda dan menjabarkan metode Anda untuk mencapainya. Selain itu dokumen tersebut juga berfungsi sebagai playbook pribadi Anda untuk bisnis Anda sendiri.

Menulis rencana bisnis atau business plan sangat penting untuk keberhasilan setiap bisnis, mulai dari perusahaan besar hingga kewirausahaan pemula.  Banyak pengusaha yang sukses ketika berhubungan langsung dengan pentingnya kebutuhan rencana bisnis tersebut dan kemudian berhasil mengembangkannya.  

Terlepas dari tingkat keahlian Anda di bidang bisnis, jangan pernah tergoda untuk melewati langkah penting ini dalam proses pengembangan bisnis Anda.  Bayangkan, Anda pasti tidak ingin memulai sebuah perjalanan tanpa adanya sebuah peta atau panduan, bukan? Jadi mengapa Anda harus melompat ke sebuah bisnis tanpa adanya sebuah rencana bisnis yang tepat?

Pepatah bijak menyatakan, "Individu yang terbang di kursi celana mereka sering berakhir dengan celana robek."  Pepatah tersebut tentu saja berlaku dan relevan di dunia bisnis dan kewirausahaan.  Terlepas dari apakah Anda berusaha untuk mengembangkan perusahaan yang cukup besar atau  sebuah bisnis berbasis rumahan untuk memberikan Anda sumber pendapatan tambahan, maka Anda akan menemukan kenyataan bahwa menulis rencana bisnis akan sangat membantu Anda dalam mengatasi dan mencapai tujuan Anda.  

Ketika datang ke dasar-dasar rencana bisnis ini, mulailah dari awal.  Pertimbangkan untuk menulis sejarah (history) dari bisnis Anda dan pastikan untuk memasukkan alasan mengapa Anda merasa tertantang untuk memasuki dunia kewirausahaan.  

Biasanya, seseorang akan meninggalkan pekerjaan mereka saat ini untuk bekerja sendiri karena suasana di kantor yang tidak nyaman, ketidaksukaan pengusaha atau rekan kerja, atau standar kantor yang tidak adil.  Apa pun hal yang mendorong Anda untuk memulai bisnis Anda sendiri harus dimasukkan dalam rencana bisnis Anda.

Bagian utama dan paling penting dari setiap rencana bisnis atau business plan adalah pernyataan tujuan.  Kenapa Anda membentuk perusahaan ini?  Produk atau layanan apa yang akan Anda tawarkan kepada klien dan mengapa mereka harus tertarik pada produk Anda?  

Pertanyaan-pertanyaan ini cukup penting ketika meletakkan gerak kaki untuk operasi fledgling Anda.  Jika Anda menemukan diri Anda tidak dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, pertimbangkan untuk melakukan penelitian lebih dalam terkait dengan tujuan Anda dan klien potensial di daerah Anda.  

Lihatlah ke bisnis lain yang menawarkan barang atau layanan serupa di daerah Anda.  Anda mungkin tidak memiliki sumber iklan atau reputasi untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan yang sudah mapan tersebut, jadi pertimbangkan untuk memilih rute alternatif yang akan membawa Anda ke tujuan yang sama dengan mereka.

Uang adalah bagian besar dari rencana bisnis Anda.  Menemukan sumber keuangan apa yang akan menyediakan dana untuk memulai biaya dan membayar tagihan lain yang diperlukan, merupakan point yang sangat penting untuk keberhasilan bisnis Anda.  

Gunakan kesempatan ini untuk memeriksa dengan cermat dana yang dapat Anda gunakan dan menentukan siapa yang akan menyediakan uang untuk biaya start up bisnis Anda tersebut.  Biasanya, topik keuangan tidak akan membuat Anda nyaman, tetapi luangkan waktu untuk mengatasi masalah tersebut dengan pemikiran yang logis dan rasional.  

Jika Anda perlu berbicara dengan perwakilan perbankan untuk mengajukan pinjaman keuangan, luangkan waktu untuk melakukannya sebelum Anda menulis rencana bisnis Anda.  Setelah menulis rencana bisnis Anda, maka Anda harus dapat mempertanggungjawabkan setiap sen uang yang telah dikeluarkan terkait dengan bisnis Anda tersebut.

Menggunakan dasar-dasar rencana bisnis atau business plan ini akan memungkinkan Anda dan pengusaha lainnya untuk secara cepat dan mudah mengembangkan sejumlah gagasan (ide) dan keluar dari permasalahan yang mungkin muncul.  Setelah bisnis Anda "lahir" di atas kertas, maka itu lebih mungkin untuk berhasil di dunia nyata. Ingat, sesuatu yang besar selalu di mulai dari hal - hal yang kecil.

Itulah uraian artikel tentang  Dasar-Dasar Rencana Bisnis Atau Business Plan. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi Anda.

Post a Comment for " Dasar-Dasar Rencana Bisnis Atau Business Plan"