Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara Jitu Membangun Kepercayaan Pelanggan

  

10 Cara Jitu Membangun Kepercayaan Pelanggan
image via freepik

10 Cara Jitu Membangun Kepercayaan Pelanggan - Pelanggan bekerja dengan pengusaha profesional yang mereka percayai.  Membangun kepercayaan dalam dunia bisnis adalah proses yang tidak mudah dan butuh kerja keras dari semua pihak yang terlibat didalamnya.

Namun demikian, untuk menjamin kelangsungan bisnis Anda, maka Anda harus menjadikan kepercayaan pelanggan ini sebagai prioritas dari layanan bisnis Anda. Artinya orientasi bisnis Anda adalah untuk mendapatkan kepuasan pelanggan. Dan kepuasan pelanggan hanya bisa di capai jika produk Anda berkualitas baik dan mendapatkan kepercayaan dari pelanggan Anda.

Sebagai referensi untuk Anda, maka pada uraian artikel berikut ini saya akan membagikan kepada Anda terkait dengan panduan untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Berikut adalah 10 Cara Jitu Membangun Kepercayaan Pelanggan, antara lain:

1. Simpan Surat Perjanjian Anda Dengan Pelanggan Anda

Jika Anda menjanjikan pengiriman produk kepada pelanggan Anda pada hari tertentu, pastikan untuk mengirimkan produk yang dijanjikan tersebut tepat waktu.  Bahkan sekecil apapun point yang ada dalam dokumen tersebut, maka itu adalah perjanjian.  Artinya, setiap kali Anda melanggar perjanjian dengan klien, maka Anda melanggar kepercayaan dari mereka.

2. Buat Ekspektasi Pelanggan Yang Realistis 

Bantu Pelanggan atau klien Anda untuk memahami dengan tepat apa yang akan Anda lakukan untuknya.  Letakkan batasan di sekitar apa yang termasuk dalam layanan Anda dan apa yang tidak.  Point apa saja yang akan membuat biaya tambahan?  Bagaimana dan kapan Anda akan menagih pembayaran pada klien Anda?  Memenuhi harapan yang Anda buat dapat membantu klien Anda untuk membawa Anda pada kebutuhan Anda secara tepat.

3. Bantu Pelanggan Anda Untuk Memahami Prosesnya

Jika Pelanggan Anda telah mengetahui dan memahami cara kerja Anda, maka mereka kemudian dapat mengetahui apa yang diharapkan dari Anda dan kapan mengharapkannya. 

 4. Jelaskan Rencana Dan Strategi Anda 

Pelanggan perlu memahami prosedur kantor Anda,  rencana dan strategi Anda untuk kasus dan kondisi tertentu.  Hal ini akan membantu Pelanggan Anda untuk mengetahui apa yang diharapkan dan kapan mengharapkannya.  Kepercayaan datang ketika Pelanggan merasa percaya diri dan nyaman dengan rencana dan strategi yang Anda miliki.

5. Jangan Pernah Mengobral Janji

Adalah hal yang sangat menggoda untuk menjanjikan apapun permintaan Pelanggan Anda tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan pembuat jadwal produksi atau bertanya apakah itu dapat dilakukan atau tidak kepada pihak - pihak terkait lainnya di internal perusahaan.  Terlalu sering mengobral janji bisa menyebabkan perjanjian kerjasama yang ada menjadi rusak dan dengan demikian akan merusak kepercayaan. dari pelanggan Anda

6. Jelaskan Peran Pelanggan Anda Secara Hati - Hati

Ketika Pelanggan Anda merasa jelas tentang apa peran mereka, maka mereka akan menjadi jelas tentang kemajuan apa yang dapat dibuat tanpa keterlibatan mereka dan apa yang membutuhkan masukan dari mereka sebelum melangkah lebih lanjut.  Menjadi sangat jelas tentang apa yang perlu dilakukan Pelanggan Anda untuk memindahkan kasusnya ke depan, membantu Anda bekerja sebagai tim dan membangun kepercayaan mereka.

7. Diskusikan Potensi Kegagalan

Tidak ada yang mengganggu kepercayaan Pelanggan Anda lebih dari ketika sesuatu yang tidak terduga terjadi. Menjaga terhadap sesuatu hal yang negatif terjadi sebagai kejutan dengan membahas potensi tersebut dapat terjadi dengan pelanggan Anda akan meningkatkan kepercayaan mereka.

8. Tinjau Isi Perjanjian Kerjasama Secara Rinci

Setiap perjanjian yang dibuat dengan Pelanggan Anda harus dibahas secara rinci dan detail.  Kepercayaan dibangun dalam jangka waktu yang lama tetapi dapat dipatahkan dengan sangat mudah. Tinjau dan bicarakan kembali detail perjanjian tersebut secara berkala dengan mereka, untuk menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi di luar perkiraan ketika perjanjian tersebut di buat.

9. Hindari Membuat Pelanggan Anda Merasa Bodoh  

Tidak ada orang yang suka merasa bodoh.  Jika Pelanggan merasa bahwa Anda berpikir mereka bodoh, maka mereka tidak akan lagi mempercayakan Anda dengan ide atau pemikiran mereka. Pelanggan yang tidak merasa dihargai oleh profesional dapat berhenti mempercayai orang tersebut.  

Profesional mungkin tidak ada niat untuk membuat Pelanggan Anda merasa bodoh.  Bahkan hal itu mungkin karena sikap, komentar yang tidak disengaja, atau tampilan yang memberi kesan itu pada mereka.  Waspadai pikiran batinmu. Mereka muncul tanpa memperhatikan Anda.  Gunakan bahasa yang cermat setiap kali berkomunikasi dengan Pelanggan Anda.

10. Jangan Biarkan Gangguan Pada Saat Rapat Dengan Pelanggan Anda 

Jika Anda mengambil gangguan selama rapat dengan Pelanggan, itu akan membuat mereka merasa bahwa mereka tidak penting bagi Anda.  Akhirnya Anda mengikis niat baik dan kepercayaan yang Anda miliki dengan mereka. Bahkan untuk sekedar menjawab panggilan telpon di ponsel Anda, harus Anda pertimbangkan kembali ketika sedang rapat dengan mereka. Lebih baik untuk mematikan ponsel Anda atau menyetel mode silence selama rapat tersebut berlangsung.

Demikianlah artikel mengenai 10 Cara Jitu Membangun Kepercayaan Pelanggan. Semoga bermanfaat.



Post a Comment for "10 Cara Jitu Membangun Kepercayaan Pelanggan"