Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor Penyebab Keberhasilan Dan Kegagalan Wirausaha


Faktor Penyebab Keberhasilan Dan Kegagalan Wirausaha
image via freepik

Jika Anda bercita - cita untuk menjadi seorang Entreupreneur atau Wirausahawan maka itu adalah sebuah cita - cita yang sangat baik dan patut utuk di berikan apresiasi. Dengan menjadi seorang Wirausahawan, maka Anda akan menciptakan lapangan kerja untuk diri Anda sendiri dan orang lain.

Namun demikian, untuk mencapai cita - cita tersebut tentunya bukan perkara mudah, karena Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari sekarang.

Sebagai salah satu referensi untuk Anda, berikut ini saya akan menulis sebuah artikel yang membahas tentang Faktor Keberhasilan Dan Kegagalan Wirausaha. Harapannya adalah agar artikel ini bisa menjadi bahan masukan untuk Anda dalam mempersiapkan diri menjadi seorang Entreupreneur atau Wirausahawan.

FAKTOR PENYEBAB KEBERHASILAN WIRAUSAHA 

Keberhasilan seorang wirausahawan tidak terlepas dari beberapa aspek berikut: 

a. Unsur pengetahuan (kognitif), yang berkaitan dengan tingkat penalaran (reasoning) yang dimiliki oleh seseorang atau kemampuan berpikir yang pada umumnya ditentukan oleh tingkat pendidikan atau bisa dikembangkan melalui self study (otodidak). 

b. Unsur keterampilan (psikomotorik), yang berasosiasi pada kerja fisik. Pada umumnya ketrampilan ini diperoleh melalui proses latihan dan pengalaman kerja nyata di lapangan. 

c. Unsur sikap mental, terutama terkait dengan respon, tanggapan atau tingkah laku seseorang jika dihadapkan pada situasi tertentu, terutama pada sebuah masalah yang muncul. 

d. Unsur kewaspadaan, adalah sebuah unsur yang cukup penting karena berhasil tidaknya bisnis Anda ditentukan pada ketepatan prakiraan (forecasting) tentang apa yang akan terjadi dan tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasinya. 

Keberhasilan seorang Wirausahawan juga erat kaitannya dengan 2 sikap berikut ini:

1. Jujur terhadap diri sendiri maupun terhadap orang lain dan tujuan yang akan dicapai 

2. Disiplin dan berani, artinya dengan bekal pengalaman dan pengetahuannya maka seseorang akan lebih berani dan percaya diri untuk berbuat sesuatu dengan mengambil risiko yang mungkin saja muncul. 

Menurut pendapat dari salah seorang tokoh nasional yakni bapak Adyaksa Dault, dalam menjalankan sebuah usaha atau bisnis, Anda bisa mengaplikasikan prinsip "DORAEMON". 

Apa itu prinsip "DORAEMON"? 

Prinsip "DORAEMON" adalah sebagai berikut:

1. Dream

Artinya sebuah bisnis bisa berawal dari sebuah mimpi, bahkan mimpi yang terlihat tidak akan mungkin dicapai sekalipun. 

2. Opportunity

Artinya selalu mencari peluang yang ada disekitar kita. 

3. Reform

Artinya menyusun sebuah perencanaan dan mengimplementasikannya secara sistematis 

4. Action 

Artinya mulailah bisnis Anda dengan melaksanakan suatu tindakan yang benar - benar nyata. 

5. Energy

Artinya, untuk memulai dan menjalankan sebuah bisnis Anda harus memiliki semangat (energy) yang kuat dan powerful. 

6. Mapping

Artinya ketika memulai sebuah bisnis hendaknya di mulai dengan melakukan pemetaan usaha kita dengan analisis SWOT (akan saya ulas pada artikel selanjutnya).

7. Organization

Bergabunglah dengan suatu organisasi yang teratur dan sesuai dengan bisnis Anda. 

8. Network 

Agar bisnis Anda cepat berkembang, maka ciptakanlah jaringan (relasi) seluas mungkin. Dengan relasi dan jaringan yang kuat maka bisnis Anda akan cepat di kenal dan akan cepat menjadi populer di mata pelanggan Anda. 

Beberapa faktor lain yang juga berpengaruh terhadap keberhasilan dan kesuksesan bisnis Anda adalah sebagai berikut:
  • Innovation (Inovasi)

  • Triggering (pemicu)

  • Implementation (pelaksanaan)

  • Growth (pertumbuhan)

Menurut "Small Business Development Center", untuk mencapai keberhasilan usaha atau bisnis akan bergantung pada 6 hal berikut ini:

1.  Individual skill and attitudes (Keterampilan dan sikap individual) 

2. Knowledge of business (Pengetahuan tentang usaha yang akan dilakukan) 

3. Estabilisment of goal (Keyakinan dalam menentukan tujuan bisnis) 

4. Take advantages of the oportunities (Keunggulan dalam mencari peluang) 

5. Adapt the change (Kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan) 

6. Minimize the threats to business (Kemampuan untuk meminimalkan ancaman terhadap bisnis) 

Sementara itu dalam majalah Fortune di tulis, bahwa perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat yang berkembang  dengan cepat dalam mencapai kesuksesan mereka memiliki beberapa ciri, di antaranya sebagai berikut: 

a. Mengikuti tren yang terjadi secara nasional dan internasional

Sebagai contoh adalah Compaq computer yang mengalami peningkatan penjualan sebesar 95% pada tahun 1987 atau setara dengan 1,2 miliar US$, dan terus meningkat.  

Sekarang mereka telah berkembang menjadi bagian dari perusahaan internasional yang terkenal di dunia berkat personal computer. 

Dari contoh tersebut, terbukti bahwa penting bagi perusahaan untuk berada pada jalur yang tepat, karena itu merupakan faktor penting daripada menjadi pelopor dalam bisnis terkait. 

2. Berorientasi pada pelayanan pelanggan

Setiap konsumen atau pelanggan memiliki selera dan keinginan yang berbeda - beda sehingga perusahaan harus menyediakan orientasi pada pelayanan yang prima sehingga para pelanggan merasa nyaman dan puas. 

3. Tidak membangun sebuah pabrik atau membina sales force, akan tetapi menyediakan segala kebutuhan konsumen secara lengkap dalam satu tempat

4. Menekankan gaya dan kenyamanan

Mengapa? Karena ternyata sebagian besar konsumen atau pelanggan lebih menginginkan dalam setiap penampilan dan aktivitas mereka tetap tampil penuh gaya tanpa mengurangi kenyamanan.

Keberhasilan dalam wirausaha di masa depan juga dipengaruhi oleh beberapa skill atau kemampuan Anda, seperti berikut ini: 

1. Kemampuan Berbahasa Asing

Seorang wirausahawan harus mampu menguasai beberapa bahasa sehingga mampu bekerjasama dengan orang lain, terutama dengan orang berbeda negara. Manfaatnya tentu saja akan memudahkan bisnis Anda dalam menjakau pasar internasional.

2.  Kemampuan Berhitung / Finansial

Kemampuan Anda dalam mengelola keuangan dan mampu menguasai hitungan akutansi dan pembukuan mutlak harus dikuasai agar pengelolaan keuangan dan perhitungan bisa lebih tepat. 

3. Kemampuan Teknologi Dan Informasi

Sebagai seorang Wirausahawan, Anda harus mampu mengikuti dan menguasai teknologi sesuai dengan perkembangnnya. 

4. Inovatif Dan Kreatif

Ini adalah merupakan kemampuan dalam menemukan sesuatu yang baru dengan sudut pandang berbeda. 

5. Fleksibel

Yakni  kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan segala perubahannya. 

FAKTOR PENYEBAB KEGAGALAN WIRAUSAHA 

Terkadang bagi seorang Wirausahawan akan dihadapkan pada sebuah kegagalan dalam berwirausaha.
 
Ada beberapa  faktor penyebab kegagalan wirausaha, antara lain:
  • Tidak ada perencanaan yang matang
  • Bakat yang tidak cocok
  • Kurangnya pengalaman dalam berwirausaha
  • Tidak mempunyai semangat dalam berwirausaha
  • Kurangnya modal 
  • Lemahnya pemasaran hasil produk
  • Tidak memiliki etos kerja yang tinggi 

Ada 3 kelompok yang menjadi penyebab kegagalan wirausaha, yaitu: 

1. Terkait produk dan pasar, contohnya launching produk baru yang kurang tepat waktunya, design produk yang tidak sesuai selera pasar, strategi penjualan yang tidak tepat, dan tidak mampu mendefinisikan bisnis usaha yang sedang dijalankan. 

2. Terkait masalah financial, contohnya terlalu rendah dalam memperhitungkan kebutuhan dan terlalu dini dalam berhutang dalam jumlah yang besar. 

3. Terkait masalah manajemen, contohnya bersikap lebih mengedepankan sikap nepotisme, sumber daya manusia (SDM) yang lemah dan teamwork yang lemah.

Dari penjelasan diatas tentang Faktor Penyebab Keberhasilan Dan Kegagalan Wirausaha, maka dapat kota lihat bahwa sebagian besar dari faktor tersebut bersumber dari kekuatan internal yang ada pada diri kita sendiri. 

Faktor - faktor tersebut harus terus dikembangkan dalam konteks hubungan sosial sebagai seorang Wirausahawan, Anda akan lebih mudah dalam mengembangkan bisnis Anda melalui pergaulan sosial dan jaringan yang ada (network). 

Jika bisnis Anda memiliki banyak produk, maka melakukan sebuah inovasi dengan merubah satu produk sedemikian rupa  sehingga memberikan nilai tambah berupa manfaat atau kegunaan baru yang di butuhkan oleh konsumen atau pelanggan Anda, merupakan hal yang harus di coba. 

Mengapa Anda perlu melakukan inovasi baru?

Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa sebuah bisnis memerlukan inovasi dan kreasi baru agar bisa terus bersaing dengan kompetitor, yaitu:

1. Selera pasar dan masyarakat yang selalu berubah setiap saat. 

2. Permintaan pasar, seorang wirausahawan harus mampu melihat permintaan yang ada, jangan sampai memproduksi produk di atas permintaan atau di bawah permintaan karena akan mengecewakan konsumen atau pelanggan Anda, sehingga mereka akan beralih keproduk yang lain. 

3. Kegunaan atau manfaat produk yang ditawarkan 

4. Kemudahan atau kepraktisan dalam penggunaan produk yang dihasilkan. 

satu hal yang sukup krusial adalah pentingnya menentukan segmen pasar yang akan dimasuki, jangan sampai merugikan karena segmentasi pasar mutlak diperlukan agar penjualan produk Anda tepat sasaran (target).

Demikianlah uraian tentang Faktor Penyebab Keberhasilan Dan Kegagalan Wirausaha. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda.

Post a Comment for "Faktor Penyebab Keberhasilan Dan Kegagalan Wirausaha"