Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Influencer Marketing? Cara Mengembangkan Strategi Bisnis Anda

 


Apa Itu Influencer Marketing? Selama satu dekade yang lalu, influencer marketing yang kita ketahui hanya terbatas pada kalangan selebriti dan beberapa blogger yang berdedikasi tinggi dan masuk golongan ahli (expert). Namun sekarang ini, sepertinya kita telah melihat bahwa influencer marketing di media sosial naik dengan begitu tajam, dan membuat jenuh pasar dan bahkan kadang terjebak dalam penipuan.

Jika Anda telah melakukan sebuah penelitian terkait dengan influencer marketing ini sebelumnya, maka Anda mungkin telah menemukan ada banyak sekali informasi yang saling bertentangan, dengan rekomendasi yang berkisar dari Anda, bahwa Anda harus benar-benar menggunakan influencer sosial atau bahwa mereka tidak diperlukan untuk pertumbuhan bisnis Anda.

Strategi pemasaran dengan menggunakan influencer menjadi lebih sulit dinavigasi daripada sebelumnya, dimana kita mengenal sebuah produk karena mereknya, akan tetapidi sini saya akan coba membagikan beberapa informasi dan panduan terkait dengan influencer marketing ini agar Anda dapat memahami semuanya.

Silahkan baca uraian artikel di bawah ini dan pada akhirnya nanti, Anda bisa menentukan apakah influencer marketing adalah hal yang penting sebagai cara mengembangkan strategi bisnis Anda.

Apa Itu Influencer Marketing?

Pada tingkat dasar, influencer marketing adalah jenis pemasaran media sosial yang menggunakan dukungan dan penyebutan produk dari influencer, yaitu individu yang memiliki pengikut sosial khusus dan dipandang sebagai ahli dalam niche (topik) mereka

Influencer marketing dapat bekerja dengan baik karena tingginya kepercayaan yang telah dibangun oleh influencer sosial tersebut dengan pengikut mereka, dan rekomendasi dari mereka berfungsi sebagai bentuk bukti sosial kepada pelanggan potensial merek bisnis Anda.

Realitas Influencer Marketing Saat Ini

Tampil menonjol pada tahun 2014 yang lalu di Instagram jauh lebih mudah daripada hari ini. Jika Anda cukup beruntung untuk ditampilkan di halaman unggulan Instagram atau tampilan Anda unik, maka peluang Anda untuk diminta sebagai influencer sangat tinggi. Setelah kemitraan merek yang cukup, beberapa faktor telah mengubah pemasaran influencer media sosial menjadi pekerjaan (karier) penuh waktu.

Di luar negeri misalnya, Feed Instagram Rosie Clayton dipenuhi dengan gaun dan pakaian berwarna-warni di dinding berwarna-warni. Selama beberapa waktu dia telah menjadi begitu populer, dan photo - photonya begitu cepat tersebar di seluruh dunia. Dia telah bekerja dengan merek di seluruh dunia, menyesuaikannya dengan estetikanya.

Rosie Clayton
Rosie Clayton, via [email protected]_violet

Kita dipengaruhi oleh apa yang kita lihat dan estetika tidaklah berbeda. Gambar-gambar cerah lebih umum sekarang serta dengan hati-hati meningkatkan popularitas makanan dengan latar belakang yang menarik. Ketika "tampilan khas" influencer marketing tidak lagi menjadi unik, apa yang akan terjadi selanjutnya?

Ada sebuah artikel menarik dari Taylor Lorenz di The Atlantic, dimana dia memperkirakan tren yang lebih otentik yang didorong oleh pengguna milenial dalam jaringan sosial media yang berusaha untuk kembali ke tampilan Instagram yang modis. Lorenz menulis, "Sementara influencer Milenial membawa kamera DSLR ke pantai dan menguasai pengeditan photo untuk mendapatkan bidikan gambar yang sempurna, maka generasi yang lebih muda dari mereka sebagian besar memposting langsung dari ponsel mereka."

Untuk menjadi influencer mode di antara dikalangan yang lebih muda ini, Anda mungkin tidak perlu lagi hanya mengandalkan photo yang dibidik dengan sempurna. Sebaliknya, pose kasual dan pengeditan terbatas sekarang menjadi lebih diterima di feed instagram.

Pergeseran ini selama lima tahun terakhir telah menunjukkan bagaimana satu-satunya konstanta dalam dunia influencer marketing adalah perubahan.

Kelola Kampanye Influencer Dengan Sprout Social

Sprout adalah salah satu media sosial yang cukup populer di luar negeri. Dari melaporkan kampanye dan kemitraan hingga mengelola pesan masuk, Sprout dapat membantu Anda mengelola kampanye influencer sosial dari awal hingga akhir.

Gunakan fitur Sprout untuk mengidentifikasi influencer di niche Anda, mengelola penjangkauan, dan melacak dampak upaya Anda.

Nilai Influencer Marketing

Sementara influencer marketing melalui Instagram adalah strategi yang populer dan terkenal, ada banyak jaringan lain yang berkembang untuk influencer. Menurut Adweek, industri ini ditetapkan untuk mencapai angka $ 10 miliar pada tahun 2020. Jaringan lain seperti Snapchat, YouTube, dan TikTok memiliki sekumpulan influencer mereka sendiri dengan demografi yang berbeda - beda.

Agen pemasaran influencer Mediakix telah melakukan survei kepada para pemasar pada akhir tahun 2018 yang lalu untuk melihat apa perasaan mereka pada influencer.

Dari mereka yang disurvei, sebanyak 89% mengatakan ROI dari influencer marketing sebanding dengan atau lebih baik daripada jaringan lain. Survei yang sama mencatat bahwa sebanyak 65% pemasar berencana meningkatkan anggaran mereka untuk tahun berikutnya.

Cara Membuat Strategi Influencer Marketing

Seperti taktik pemasaran lainnya, program influencer mengambil penargetan dan perencanaan yang disengaja. Anda tidak akan menemukan kesuksesan strategis hanya dengan mengirimkan hal-hal gratis kepada semua orang yang bertanya atau kepada teman dan kenalan Anda.

Ada 5 Hal Pokok Dalam Influencer Marketing, yaitu:
  • Cara menemukan influencer dan apa yang harus membayar mereka
  • Tetapkan strategi anggaran dan manajemen
  • Tentukan sasaran dan pesan
  • Penjangkauan influencer: Cara menghubungi influencer
  • Tinjau dan perbaiki strategi Anda
Kita coba breakdown kelima hal di atas.

1. Cara menemukan influencer dan apa yang harus membayar mereka

Sama seperti strategi apapun, melakukan penelitian adalah langkah pertama yang harus di ambil dan dilakukan. Pilih jaringan yang ingin Anda fokuskan terlebih dahulu. Anda selalu dapat memperluas ke jaringan lain nanti, tetapi jika Anda baru memulai, maka akan lebih baik jika tetap bertahan dengan satu niche. 

Idealnya, merek Anda harus sudah memiliki kehadiran di jaringan ini atau ingin memperluas ke dalamnya. Demografi sangat bervariasi di setiap jaringan yang ada. Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, maka Anda bisa surfing di internet tentang demografi media sosial ini.

Industri tempat Anda juga penting ketika Anda berencana untuk menerapkan strategi influencer marketing. Merek kecantikan dan fashion tampil bersinar di Instagram dan YouTube. Industri video game mendominasi di Twitch, dan sebagainya.

Selama fase penelitian Anda, lihat jenis influencer yang Anda minati. Apakah Anda akan memilih selebriti dengan pengikut yang sangat banyak sebagai influencer? Atau microinfluencers dengan kurang dari 2000 pengikut? Mungkin sesuatu di antaranya dalam rentang pengikut 5.000 - 10.000 pengikut merupakan preferensi yang bagus untuk Anda. Apa pun yang Anda putuskan untuk difokuskan akan menentukan anggaran Anda nantinya.

Kompensasi juga sangat bervariasi, jadi pastikan untuk melihat tarif umum untuk jenis influencer tersebut. Microinfluencers cenderung berfokus pada beberapa topik dan menerima produk. Beberapa microinfluencers bekerja secara independen sementara yang lain mungkin diwakili oleh agensi atau jaringan. Sedangkan, akun dan selebriti yang lebih besar akan membutuhkan kompensasi dan bahkan mungkin melalui agen yang mereka tunjuk.

Anda perlu memikirkan ROI yang diharapkan dari kampanye influencer marketing sosial Anda. Bagaimana Anda akan mengukur kontribusi posting influencer untuk tujuan pemasaran Anda secara keseluruhan? Salah satu pendekatannya mungkin adalah dengan membandingkan harapan Anda untuk influencer dengan perusahaan lain.

Lihat bagaimana Anda dapat mengukur anggaran untuk pekerjaan perusahaan produksi video dalam membuat iklan untuk Anda versus influencer yang membuat video. Awalnya mungkin tampak seperti nilai influencer tidak dapat diprediksi, tetapi jenis pendekatan ini akan memberi Anda titik perbandingan dan kontras yang akrab.

2. Tetapkan strategi anggaran dan manajemen

Sekarang Anda memiliki beberapa gagasan tentang apa yang harus dibayarkan kepada influencer, dan Anda perlu membuat anggaran Anda dengan matang. Pastikan juga memperhitungkan waktu untuk merencanakan, mengeksekusi, dan meninjau program influencer Anda. Menjalankan kampanye influencer marketing yang sukses bukanlah jenis strategi set-it-and-go. Ini akan melibatkan pemantauan dan tindak lanjut secara cermat.

Tidak seperti strategi iklan yang lebih otomatis, influencer adalah manusia dan sering menyeimbangkan beberapa kemitraan, sehingga beberapa mungkin tertinggal dalam komitmen mereka untuk memposting tepat waktu atau membuat kesalahan dalam tag yang diminta atau ajakan bertindak. 

Anda harus memiliki waktu untuk menjadi lebih langsung dan akrab dengan hubungan seperti ini untuk menumbuhkannya, dan memperbaiki pendekatan Anda melalui pengalaman tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak ada di niche Anda.

Jika Anda memiliki waktu dan uang, pertimbangkan untuk menyiapkan program duta formal. Sebagai contoh, Fuji film telah menggunakan duta besarnya (brand ambassador) dalam peluncuran produk baru untuk melengkapi konten mereka. Dengan berbagai fotografer dan videografer yang mereka inginkan, perusahaan dapat mendiversifikasi umpan mereka untuk menunjukkan apa yang dapat dilakukan peralatan mereka.

Untuk merek yang membutuhkan kumpulan influencer yang lebih luas, mempekerjakan agen influencer marketing yang akan melakukan penelitian dan koordinasi untuk Anda adalah pilihan yang sangat baik.

3. Tentukan sasaran dan pesan

Apa Itu Influencer Marketing?
image via freepik

Dua alasan paling umum untuk menggunakan influencer marketing adalah untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan penjualan. Namun, alih-alih menetapkan target luas ini sebagai dua tujuan Anda, akan lebih efektif untuk memulai strategi Anda dengan mengasah apa yang dibutuhkan merek Anda. 

Mungkin Anda ingin meningkatkan basis pelanggan Anda dalam demografis yang lebih muda. Atau Anda ingin memperluas ke grup pengguna baru dengan produk baru yang Anda miliki. Atau Anda ingin melewatkan tren dan memanfaatkan influencer untuk berbicara tentang nilai-nilai merek Anda.

Influencer memiliki kemampuan untuk menjangkau audiens yang sangat spesifik. Alih-alih Anda mengandalkan ribuan pengikut, influencer akan membantu Anda memastikan audiens yang sangat ditargetkan yang cenderung tertarik dengan produk Anda, untuk membacanya dan kemudian terlibat dengan konten Anda.

Pesan Anda sama pentingnya dengan tujuan Anda. Meskipun Anda tidak ingin menahan kreativitas dan keunikan influencer, Anda juga tidak ingin mereka memposting tentang sesuatu yang tidak terkait dengan kampanye Anda. Tentukan bagaimana Anda ingin menyusun kampanye dan pesan pemasaran influencer Anda sehingga Anda dapat tetap berpegang padanya.

4. Penjangkauan influencer: Cara menghubungi influencer

Kembali ke langkah pertama, yakni penelitian. Dengan rencana yang ditetapkan di sekitar jaringan Anda, ,tujuan dan jenis influencer apa yang ingin Anda targetkan, maka Anda harus kembali ke penelitian awal untuk benar-benar menemukan influencer yang tepat dan bekerja sama dengannya.

Selama penelitian ini, perlu diingat di bawah ini:

Apakah influencer sudah memposting tentang hal-hal serupa dengan layanan Anda? Misalnya, jika Anda seorang pengusaha restoran dan ingin mempromosikan menu baru di restoran Anda,  maka Anda harus mencari influencer yang secara teratur memposting tentang makan di luar dan makanan yang mereka makan.

Apakah mereka legit? Ini berarti menggulir umpan mereka dan mengklik posting. Rasio keterlibatan yang buruk terhadap jumlah pengikut dan komentar seperti spam adalah tanda-tanda akun penipuan.
Apakah mereka pernah bekerja dengan merek serupa sebelumnya? Tergantung pada jenis influencer apa yang Anda cari, sangat penting untuk mengetahui portofolio pekerjaan mereka. Semakin banyak Anda berinvestasi dalam influencer, semakin Anda ingin memeriksanya.

Anda juga dapat menggunakan alat analitik Twitter untuk mengidentifikasi calon influencer yang sesuai dengan kampanye Anda.

Selanjutnya, tentukan bagaimana Anda akan menjangkau mereka. Untuk microinfluencers, Anda dapat menjangkau mereka langsung dalam pesan pribadi pada platform yang sama. Untuk yang lebih mapan, klik di sekitar profil mereka dan mereka dapat mencantumkan informasi kontak untuk pertanyaan bisnis di biodata mereka. Mereka juga dapat menautkan situs web yang menunjukkan kemitraan merek.

5. Tinjau dan perbaiki strategi Anda

Bahkan jika kampanye pemasaran influencer Anda sedang berlangsung, Anda masih harus memiliki tanggal dan waktu yang telah ditentukan sebelumnya di mana Anda akan mengukur kemajuannya. Bagian berikutnya dari panduan ini akan masuk ke cara melacak hasil Anda. Tidak semua kampanye berhasil dan sukses tetapi mudah-mudahan hal ini bekerja dengan baik, dimana Anda akan belajar dengan masing-masing kampanye yang Anda buat.

Cara melacak kampanye pemasaran influencer

Ada beberapa cara untuk mengukur keberhasilan kampanye Anda. Anda dapat membuat hashtag tertentu, seperti #SproutPartner, untuk melacak apa yang dilakukan oleh influencer Anda. Sprout Smart Inbox memudahkan Anda untuk melihat apa yang sedang dibicarakan dengan tagar tertentu, atau untuk menonton penyebutan kata kunci Twitter tertentu.

Pelaporan Sprout memudahkan untuk menandai postingan terkait kampanye bisnis Anda. Gunakan fitur ini untuk membandingkan kinerja postingan ini.

Kesimpulan

Influencer marketing telah terlihat dan beroperasi serta telah mengubah banyak hal dalam waktu singkat, dan dalam lima tahun mungkin berbeda secara drastis daripada hari ini. Panduan ini akan membantu Anda memulai untuk mengembangkan strategi bisnis Anda, tetapi seperti strategi sosial apa pun, penting untuk selalu siap pada setiap perubahan yang terjadi.

Namun, meskipun ada beberapa pertimbangan unik untuk bekerja dengan influencer marketing, maka car menyiapkan kampanye merek Anda meliputi hal - hal berikut ini: 
  • Penelitian
  • Menetapkan anggaran
  • Menentukan tujuan
  • Menemukan influencer Anda
  • Meninjau dan merevisinya

Anda mungkin menemukan diri Anda, dan merasa perlu untuk membuat jenis kampanye pemasaran influencer tambahan. Kesuksesan terjadi secara bervariasi di antara merek bisnis Anda, jadi jangan menyerah jika yang pertama Anda gagal. Anda mungkin menemukan bahwa memasukkan influencer ke dalam strategi pemasaran Anda sangat bermanfaat bagi semua orang.

Referensi:
https://sproutsocial.com/insights/influencer-marketing/

Post a Comment for "Apa Itu Influencer Marketing? Cara Mengembangkan Strategi Bisnis Anda"