Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Tips Untuk Meraih Kepuasan Pelanggan

9 Tips Untuk Meraih Kepuasan Pelanggan
image via freepik

9 tips untuk mencapai kepuasan pelanggan - Sebuah bisnis atau bidang usaha lainnya akan terus berjalan selama memiliki pelanggan. Peluang bisnis menjadi sukses akan semakin besar ketika mereka berhasil mendapatkan pelanggan berulang yang kembali membeli produk mereka untuk kedua, ketiga, keempat, kelima dan seterusnya.

Perusahaan akan berusaha keras untuk meningkatkan pendapatan mereka dengan mengelola aset pelanggan ini sehingga mereka mengenali nilai jangka panjang dari pelanggan potensial dan pelanggan yang sudah ada saat ini.

Setelah pelanggan diperoleh, terlepas dari produk atau layanan yang dijual perusahaan kepada mereka, pelanggan tidak akan tetap setia kepada Anda kecuali mereka diperlakukan dengan baik sebelum, selama, dan setelah penjualan produk. Seperti yang dapat dilihat, bisnis harus secara permanen bertujuan untuk mendapatkan dan menjaga kepuasan pelanggan yang optimal untuk memastikan hubungan dalam jangka panjang. 

Statistik menunjukkan bahwa bisnis yang menawarkan layanan pelanggan berkualitas kepada klien mereka lebih baik dari yang mereka harapkan, memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk mengamankan posisi yang stabil di industri tempat mereka beroperasi. Bahkan, mereka bisa menjadi pemimpin di sektor industri tersebut.

Lihatlah sekeliling Anda, dan merek teratas apapun yang Anda lihat, akan selalu memiliki proses layanan pelanggan yang luar biasa.

Karena setiap pelanggan itu unik, terkadang sangat sulit untuk memuaskan mereka semua. Namun, ada beberapa aktivitas yang dapat dilakukan oleh perusahaan yang sebagian besar berfungsi untuk setiap grup pelanggan.

Berikut Ini Adalah 9 Tips Untuk Meraih Kepuasan Pelanggan, antara lain: 

1. Berkomunikasi Dengan Pelanggan

Interaksi rutin dengan pelanggan Anda adalah suatu keharusan dalam dunia bisnis saat ini. Jika mereka merasa Anda berkomunikasi dengan mereka secara terbuka, maka mereka juga akan percaya bahwa hubungan mereka dengan perusahaan Anda adalah berdasarkan sikap saling percaya satu sama lain.

Berkomunikasi dengan mereka secara efektif dengan rasa percaya diri, dan berusaha mencari tahu lebih banyak tentang kebutuhan mereka. Pada saat yang sama, jujurlah tentang apa sebenarnya yang dapat Anda tawarkan kepada mereka dan diskusikan kesulitan - kesulitan yang ada secara jujur ​​dengan mereka. Anda harus menghadapi pelanggan Anda dengan cara yang terus terang dan memusnahkan situasi negatif bahkan sebelum hal itu terjadi.

2. Permudah Pekerjaan

Sikap ''Bisa-melakukan'' akan selalu membuat pelanggan merasa senang, dan itulah mengapa Anda harus memastikan bahwa karyawan Anda terlatih dan kompeten untuk pekerjaan yang dibutuhkan sehingga mereka dapat dengan mudah menyelesaikan masalah yang tidak terduga yang mungkin muncul. 

Berdayakan mereka untuk membuat keputusan yang tepat ketika mereka melakukan aktivitas dan menggunakan kreativitas mereka. Pelanggan seharusnya tidak pernah merasa perlu berbicara dengan atasan mereka, jika karyawan Anda dapat memberikan solusi yang tepat terhadap permasalahan dan kebutuhan pelanggan Anda.

3. Pelayanan Yang Cepat

Kita hidup di zaman modern yang semuanya serba cepat, dan hampir tidak ada yang punya waktu hari ini. Pelanggan mengharapkan layanan yang cepat, oleh karena itu ketika mereka meminta bantuan layanan, maka mereka seharusnya tidak perlu melakukan panggilan untuk kedua kalinya. 

Tekankan kualitas dan tetapkan tenggat waktu internal untuk menyelesaikan tugas secara tepat waktu dan efisien sebagai layanan standar. Pastikan bahwa standar ini dipahami dengan baik oleh karyawan dan dipromosikan ke semua pelanggan Anda.

4. '' Hanya Ada Satu Bos, Dan Itu Adalah Pelanggan Anda ''

Perlu diketahui bahwa dibutuhkan lebih banyak konsentrasi untuk bisa mendapatkan pelanggan baru daripada yang diperlukan untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Pelanggan yang tidak puas pada umumnya akan menceritakan pengalamannya kepada 10 orang di sekitar mereka, sementara pelanggan yang puas tidak akan memberi tahu siapapun. 

Ingatlah bahwa sekitar 7 dari 10 pelanggan yang memiliki keluhan akan kembali kepada Anda jika keluhan mereka dapat diselesaikan saat itu juga. Faktanya, orang yang sangat puas dengan produknya, akan menjadi pendukung promosi dari mulut ke mulut yang positif. Jadi bersiaplah untuk menanggapi keluhan pelanggan Anda secara positif dan menghadapi ketidakpastian dari hari ke hari.

5. Kelompokkan Dan Perlakukan Pelanggan Anda Dengan Baik

9 Tips Untuk Meraih Kepuasan Pelanggan
image via freepik

Ketika diterapkan pada bidang bisnis, prinsip Pareto (80/20) mengatakan bahwa seringkali sebagian kecil dari basis pelanggan Anda yang diwakili oleh 20% populasi akan menghasilkan 80% dari penjualan Anda dan keuntungan. 

Mengetahui di kelompok mana setiap pelanggan tersebut berada, memungkinkan Anda untuk membuat perbedaan yang jelas antara siapa yang membutuhkan apa. Pastikan Anda fokus pada 80% pelanggan lainnya dan mengejutkan mereka dengan menawarkan manfaat dan layanan tambahan. Pada akhirnya, ini bukan tentang ''Memuaskan" pelanggan, tetapi ''Luar biasa'' padanya.

6. Pastikan Pelanggan Anda Mendapat Informasi Lengkap Tentang Proposisi Nilai Anda

Ketika pelanggan Anda telah melakukan pembelian, beri tahu dia tentang seluruh paket layanan yang menyertai penjualan. Beri tahu dia tentang apa yang bisa Anda tawarkan setelah pembelian selanjutnya, alih-alih membiarkannya kembali dan meminta dukungan.

7. Miliki Solusi Daripada Jalan Buntu

Pastikan bahwa Anda menawarkan solusi positif kepada pelanggan daripada masalah. Mereka tidak suka mendengar apa yang tidak dapat Anda lakukan atau apa alasan tidak dapat memenuhi kebutuhan mereka. 

Jadi, jika layar mereka rusak dan tidak tercakup dalam garansi Anda, bersiaplah dengan departemen yang tepat yang dapat segera menyelesaikan keluhan mereka. Faktanya, bahkan di lantai penjualan, jika pelanggan meminta produk yang tidak ada di katalog Anda, maka Anda harus memiliki pengetahuan untuk mengarahkan pelanggan ke perusahaan atau departemen lain yang tepat.

8. Mendorong Pengaduan

Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 95% pelanggan yang tidak puas tidak akan mengeluh, tetapi ini juga berarti bahwa mereka tidak akan pernah berbisnis dengan Anda lagi. Email biasa atau formulir umpan balik, meminta umpan balik pelanggan akan memberi mereka kesempatan untuk mengajukan keluhan, dalam hal ini Anda juga dapat mengirim email kembali kepada mereka dengan resolusi keluhan. 

Banyak restoran menerima umpan balik, tetapi saya tidak melihat satu pun dari mereka mengirimkan pesan kepada pelanggan bahwa umpan balik mereka telah diterima dan bahwa restoran Anda akan menindaklanjutinya segera.

9. Lakukan Survei Kepuasan Pelanggan Secara Teratur

Salah satu cara untuk mengetahui apa yang disukai atau tidak disukai oleh pelanggan Anda adalah melalui survei. Survei kepuasan pelanggan akan membantu Anda untuk memastikan apakah Anda melakukan pekerjaan dengan benar. 

Ini juga dapat membantu Anda untuk menemukan kekurangan dalam proses Anda. Ini adalah salah satu cara tercepat untuk meningkatkan produk atau layanan Anda sesuai harapan pelanggan Anda. Namun, berhati-hatilah untuk tidak membebani mereka dengan survei, dan pertahankan pertanyaannya singkat dan langsung ke intinya.

Demikianlah uraian artikel mengenai 9 Tips Untuk Meraih Kepuasan Pelanggan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan Anda.

Post a Comment for "9 Tips Untuk Meraih Kepuasan Pelanggan"