Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pahami 5 Tingkat Kepuasan Pelanggan

 

Pahami 5 Tingkat Kepuasan Pelanggan
image via freepik

Pahami 5 Tingkat Kepuasan Pelanggan - Jika dalam internal perusahaan Sales Marketing adalah raja, maka dalam dunia bisnis Pelanggan adalah raja sesungguhnya. Idiom ini telah diulang berkali-kali oleh setiap perusahaan. Di dunia bisnis yang berkembang dengan sangat pesat saat ini maka idiom atau ungkapan tersebut adalah benar.

Sebuah bisnis tidak dapat berjalan tanpa adanya pelanggan. Dan sebuah bisnis tidak akan bisa terus berjalan tanpa adanya pelanggan yang setia. Sebagus apapun produk yang di hasilkan oleh bisnis Anda, tidak akan ada artinya tanpa kehadiran pelanggan dalam bisnis Anda tersebut.

Perusahaan yang memiliki kepuasan pelanggan yang maksimal juga akan memiliki peluang terbaik untuk berkembang dan sukses. Ini karena jika Anda mengukur kepuasan pelanggan Anda sendiri, hal tersebut dapat membantu Anda secara optimal untuk mengubah strategi pemasaran dan operasi bisnis Anda.

Kepuasan pelanggan dengan pembelian adalah kunci retensi pelanggan. Dengan menerapkan langkah-langkah tepat yang dapat membuat pelanggan Anda merasa puas, maka Anda dapat memastikan bahwa pelanggan akan tetap berpegang pada merek Anda. Dia tidak mudah berpindah ke kompetitor. 

Dengan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi, pelanggan cenderung untuk :

  • Membeli kembali produk Anda
  • Meningkatkan pembelian secara teratur
  • Menyebarkan berita tentang produk Anda
  • Dalam beberapa kasus, dia juga dapat memberikan umpan balik positif serta ide-ide yang menguntungkan bagi perusahaan.

Sebagai tambahan referensi untuk Anda, pada artikel kali ini saya akan membagikan kepada Anda terkait dengan 5 tingkat kepuasan pelanggan yang perlu Anda cermati dan Anda pahami.

Kepuasan pelanggan dari perusahaan tertentu dapat diplotkan pada level 1 sampai 5. Level 1 berarti kepuasan pelanggan paling sedikit dan level terakhir (Level 5) adalah kepuasan pelanggan yang menunjukkan kepuasan pelanggan maksimum.

5 Tingkat Kepuasan Pelanggan, antara lain:

Kepuasan Pelanggan Level 1

Pelanggan level 1 adalah pelanggan yang tidak puas dengan layanan yang diberikan oleh perusahaan. Dalam hal ini kepuasan pelanggan sangat minimal. Pelanggan cenderung akan meninggalkan perusahaan dan tidak akan pernah kembali. 

Mereka juga bisa menjelek-jelekkan perusahaan di luar sana. Ada beberapa alasan di mana pelanggan dapat diubah menjadi pelanggan tingkat satu sebagai akibat dari pengiriman barang tidak terjadi tepat waktu, layanan tidak tepat, atau komitmen berlebihan yang diberikan oleh tenaga penjualan.

Kurangnya fitur dalam produk umumnya tidak menghasilkan kepuasan pelanggan tingkat satu. Hal ini dikarenakan jika fiturnya kurang maka konsumen sama sekali tidak akan membeli produk tersebut. Jadi, ketika ada banyak pelanggan level satu dalam bisnis Anda, maka Anda dapat memahami bahwa masalahnya adalah dari dalam perusahaan dan bukan dari luar.

Kepuasan Pelanggan Level 2 -4

Sebagian besar pelanggan perusahaan termasuk dalam level ini. Hal ini dikarenakan rata-rata tingkat kepuasan pelanggan. Dalam hal ini pelanggan mungkin senang dengan merek tersebut tetapi tidak ada jaminan bahwa ia akan tetap menggunakan merek tersebut dalam jangka panjang. 

Pelanggan tidak menjelek-jelekkan perusahaan tetapi pada saat yang sama dia juga tidak menyebarkan berita positif tentang produk. Pelanggan tidak akan menjadi merek setia tetapi dia akan siap untuk berganti merek setiap kali ada penawaran baru yang menarik dan lebih baik di pasar. 

Jadi, ini bukan pelanggan yang dapat Anda andalkan untuk bisnis dalam jangka panjang. Jelas setiap perusahaan akan memiliki setidaknya 60% pelanggan yang termasuk dalam tingkat kepuasan pelanggan ini.

Kepuasan Pelanggan Level 5

Level 5 dari tingkat kepuasan pelanggan mewakili sekelompok pelanggan yang merupakan pelanggan yang merasa sangat puas dengan layanan perusahaan. Mereka tidak mungkin mengubah merek atau produk dan mereka memiliki ikatan emosional yang tinggi dengan merek tersebut. 

Ambil sebuah contoh, misalnya sepatu seperti Adidas, Nike atau Reebok. Mereka adalah perusahaan yang mencoba meningkatkan jumlah pelanggan yang sangat puas sebanyak mungkin. Ini karena pelanggan yang sangat puas kemungkinan besar akan menyebarkan informasi positif dari mulut ke mulut.

Customer Delight

Salah satu varian dari kepuasan pelanggan yang tinggi adalah "Customer Delight". Ini terjadi ketika layanan perusahaan dalam kasus tertentu melebihi harapan pelanggan. Jadi, hal terbaik yang dapat dilakukan perusahaan adalah menyediakan layanan yang membuat pelanggan merasa senang dan ini akan memastikan bahwa Anda mencapai tingkat kepuasan pelanggan level 5.

Yang penting di sini adalah alasan kepuasan pelanggan mungkin sangat rasional. Anda harus mengetahui faktor-faktor yang bertanggung jawab atas kepuasan pelanggan pada produk Anda. Katakanlah, misalnya Anda memiliki produk manufaktur. Secara alamiah logistik, kualitas layanan yang baik dan keistimewaan pada produk tersebut akan menghasilkan kepuasan pelanggan. Jika layanan Anda dilakukan dalam 24 jam pertama, itu akan menghasilkan "Customer Delight" yang merupakan ukuran kepuasan pelanggan tertinggi.

Inilah sebabnya mengapa perusahaan - perusahaan manufaktur yang lebih besar mampu menunjukkan pertumbuhan mereka selama periode waktu yang konsisten. Ini karena mereka memberikan layanan yang menghasilkan kesenangan pelanggan. 

Di sisi lain jika Anda memiliki produk jasa maka Anda perlu memahami kebutuhan pelanggan Anda secara akurat. Pengiriman layanan yang tepat waktu merupakan faktor lain yang sangat penting untuk kepuasan pelanggan Anda.

Jadi apa pun produk Anda, mencapai tingkat kepuasan pelanggan yang tepat harus menjadi tujuan dari organisasi atau perusahaan Anda.

Itulah artikel tentang Pahami 5 Tingkat Kepuasan Pelanggan. Semoga bermanfaat, dan terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel di blog saya. Jika Anda ada komentar, silahkan berkomentar dengan bijak di kolom yang tersedia.

Post a Comment for " Pahami 5 Tingkat Kepuasan Pelanggan"