Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Loyalitas Pelanggan Untuk Perusahaan

 

Loyalitas Pelanggan
image via freepik

Loyalitas Pelanggan - Kunci Kesuksesan Bisnis

Pengertian loyalitas pelanggan adalah ukuran kemungkinan pelanggan untuk melakukan bisnis secara berulang dengan perusahaan atau merek. Ini adalah hasil dari kepuasan pelanggan, pengalaman pelanggan yang positif, dan nilai dari keseluruhan barang atau jasa yang diterima oleh pelanggan dari sebuah bisnis.

Berbicara dengan banyak pelaku bisnis tentang bagaimana mereka dalam pendekatan layanan pelanggan dan ternyata sebagian besar dari mereka akan mengatakan bahwa mereka bertujuan untuk memiliki pelanggan yang puas. Tidak! bukan itu jawabannya. Apa yang harus kita semua cari sebagai pelaku bisnis adalah bagaimana  memiliki pelanggan yang setia.

Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa 65% pelanggan mengatakan mereka setia. Anda mungkin senang dengan fakta ini tetapi Anda tidak harus! Pelanggan yang puas tidak memiliki apa-apa. Mereka merasa tidak puas atau bahagia, dan hal itu berada di antara mereka. 

Mereka akan mentolerir Anda saat Anda berguna bagi mereka tetapi jika kesepakatan yang lebih baik untuk mereka datang, maka kemungkinan besar mereka akan pergi meninggalkan Anda.

Di sisi lain, pelanggan yang setia adalah teman Anda. Mereka akan bersama dengan Anda baik dalam masa senang atau sulit. 

Mereka akan menjadi yang pertama untuk mencoba produk baru Anda, Mereka bersedia memberi Anda umpan balik secara jujur, Mereka akan secara teratur merujuk bisnis kepada Anda. Ini adalah apa yang Anda inginkan! 

Tetapi bagaimana Anda bisa mengubah pelanggan yang puas menjadi pelanggan yang setia? Simak ulasan berikut ini:

1. Saat Mereka Memutuskan Cara Berbisnis Dengan Anda

Saat ini pelanggan atau customer jauh lebih canggih dalam cara bagaimana mereka ingin melakukan bisnis dengan Anda. Jika produk atau layanan Anda menawarkan sejumlah cara yang berbeda, maka berikan pelanggan Anda pilihan yang sesuai dengan keinginan mereka.

Dapatkah Anda memberikan waktu Anda untuk bertatap muka secara langsung dengan mereka? Bagaimana dengan layanan telepon? Bisakah Anda menggunakan teks SMS untuk catatan cepat dan pengingat? 

Apakah Anda memiliki situs web di mana pelanggan dapat menghubungi Anda atau bahkan membuat pesanan barang sevara online? Jika Anda menyediakan berbagai saluran pengiriman yang tersedia sesuai dengan kebutuhan pelanggan maka mereka lebih cenderung tetap setia bersama Anda. 

2. Membangun Hubungan

Loyalitas hanya dapat dicapai jika Anda memiliki hubungan yang benar dengan pelanggan Anda. Pahami siapa yang berurusan dengan Anda dan pahami apa yang mereka cari. Tetap berhubungan secara teratur dengan mereka. 

Dalam hal ini Anda tidak harus menjual sesuatu kepada mereka. Selalu gunakan nama mereka, terutama nama depan mereka jika Anda bisa.

Semua ini akan membantu dalam membangun hubungan jangka panjang. Setelah Anda memiliki ini, maka kemungkinan mereka akan pergi meninggalkan Anda menjadi lebih kecil.

3. Staf Yang Setia

Bagaimana Anda dapat menumbuhkan pelanggan yang setia jika staf Anda tidak setia pada bisnis Anda? Anda harus memiliki staf yang peduli dengan pekerjaan itu dan akan melakukan apa saja untuk melindungi dan mendorong bisnis Anda ke depan. 

Pelanggan akan lebih setia jika melihat wajah-wajah yang terlihat ramah dan akrab. Bisnis dengan pergantian staf yang tinggi (turnover) akan sulit untuk membangun hubungan dengan pelanggan mereka.

Perlakukan staf Anda dengan baik. Berikan apresiasi atas keberhasilan mereka dan kenali prestasi mereka. Adakan sesi latihan rutin (Training) sehingga mereka merasa bisa terus belajar dan berkembang. Program pelatihan yang mapan juga akan memastikan bahwa pengetahuan produk mereka sudah diperbarui.

4. Biarkan Pelanggan Menyampaikan Keluhan

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi rata-rata pelanggan harus didorong untuk mengeluh! Banyak yang akan diam tentang layanan yang buruk tetapi jika mereka dapat menemukan orang lain untuk melakukan bisnis dengan mereka, maka mereka akan pergi meninggalkan Anda. 

Siapkan prosedur keluhan yang jelas sehingga pelanggan dapat menyampaikan keluhannya. Berikan staf alat untuk menangani masalah pelanggan secara efektif. Tindak lanjuti semua keluhan untuk memastikan bahwa mereka telah diselesaikan. 

5. Adakan Survei Pelanggan

Tunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda tertarik dengan pandangan atau ide mereka. Jalankan survei reguler untuk mengetahui apa yang mereka pikirkan tentang layanan Anda, untuk mengetahui apa yang dapat Anda lakukan secara berbeda sebagai improvement. 

Anda dapat melakukan survei melalui telepon, atau mengirimkan questioner (pertanyaan dan jawaban) kepada semua pelanggan Anda.

Mengambil masalah untuk menghubungi pelanggan Anda akan memperkuat pesan yang Anda inginkan sebagai kebiasaan mereka. Tapi jangan lupa, ambil tindakan pada apa yang Anda temukan tersebut!   

6. Selalu Mengutamakan Pelanggan

Pelanggan Anda tidak akan menyukai apa pun yang lebih baik daripada sebuah bisnis yang bisa memberikan dan memnuhi permintaan mereka yang paling sulit sekalipun. Cara seperti ini  akan selalu berdampak positif dalam usaha untuk mendapatkan pelanggan setia. 

Latih staf Anda untuk tidak pernah menggunakan kata-kata seperti, "Maaf tapi ...", "Ini bukan salahku", "Kebijakan perusahaannya", dan sebagainya.

"Jadilah bisnis di mana solusi selalu diutamakan dan masalah dipandang sebagai sebuah tantangan."

Angka 80/20 kemungkinan akan berlaku untuk bisnis Anda. Artinya sebanyak 80% dari penjualan atau keuntungan Anda kemungkinan berasal dari hanya 20% pelanggan setia Anda. Mencari tahu siapa yang 20% teratas pada bisnis Anda dan menjaga hubungan baik dengan mereka.

Mengapa tidak berkonsentrasi untuk mengubah 80% sisanya menjadi pelanggan setia? Nah, persentase  20% telah menunjukkan bahwa mereka percaya dan menghormati Anda. 

Sedikit lebih banyak usaha dengan pelanggan ini akan menuai lebih banyak bisnis daripada berkonsentrasi pada mereka yang masih dalam kata "mungkin". Dengan segala cara, jalankan program untuk mengkonversi pelanggan "mungkin" dengan berusaha lebih keras lagi supaya mereka masuk ke dalam konversi.

Jadi, di sana Anda akan memilikinya. Beberapa ide dan tips tentang cara membangun dan menjaga pelanggan setia. Lihatlah bisnis Anda secara kritis dan tempatkan program membangun loyalitas pelanggan, yang akan meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis Anda.

Itulah uraian artikel mengenai Pentingnya Loyalitas Pelanggan Untuk Perusahaan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Silahkan berkunjung ke blog saya www.bizznet.my.id untuk membaca artikel - artikel menarik lainnya tentang bisnis marketing dan investasi.

Post a Comment for "Pentingnya Loyalitas Pelanggan Untuk Perusahaan"