Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Tips Layanan Pelanggan Untuk Anda Ketahui

Tips Layanan Pelanggan
image via freepik

Memastikan kepuasan pelanggan yang bisa membuat Anda tetap berada dalam bisnis adalah hal yang sangat penting (krusial). Dengan kepuasan pelanggan maka peluang bisnis Anda untuk tampil menonjol.

Berikut adalah beberapa tips sederhana tentang cara memaksimalkan layanan pelanggan Anda, antara lain: 

1. Kualitas Layanan Pelanggan

Perlu diingat bahwa kualitas layanan pelanggan tidak pernah bisa melampaui kualitas orang-orang yang menyediakan itu semua. Menjaga mereka yang bekerja untuk Anda untuk merasa bahagia akan meningkatkan kualitas layanan terhadap pelanggan Anda. 

2. Pahami Keinginan Pelanggan

Lakukan untuk pelanggan Anda seperti yang ingin Anda lakukan untuk diri Anda. Ini adalah prinsip yang benar-benar mudah, mengetahui bahwa karyawan Anda mengambil isyarat mereka dari manajemen. Jika perusahaan Anda tidak menetapkan layanan yang diharapkan oleh pelanggan Anda, maka Anda perlu segera menemukan karyawan yang dapat melakukan seperti yang Anda inginkan. Jangan hanya memberitahu mereka bagaimana, tunjukkan pada mereka melalui contoh secara langsung. 

3. Ingat Pelanggan Tetap Anda

Ingatlah untuk mengakui mereka yang melakukan kunjungan secara rutin. Mereka menghargainya ketika Anda memiliki pemahaman tentang siapa mereka. Kehadiran mereka secara reguler akan membayar usaha Anda. 

Perlakukan mereka dengan rasa hormat yang layak mereka dapatkan, dan ini artinya Anda akan membuat mereka merasa bahagia dan kembali lagi ke bisnis Anda. 

4. Buat Kesan Yang Baik

Ketika pelanggan tetap Anda masuk, Mereka akan mencari bisnis Anda lagi dan itu berkat kebaikan serta usaha Anda. Membuat mereka ingin kembali untuk mendapatkan layanan Anda adalah sebuah hal yang cukup sulit dan menantang, akan tetapi itu adalah hal yang sangat mungkin untuk di lakukan. 

Ada rasa kepercayaan dan penting bagi mereka untuk mengetahui bahwa Anda telah menjadi perwakilan yang baik dari perusahaan untuk Mereka. Senyum dan kata-kata baik Anda akan meninggalkan kesan positif, dan kesan itu yang akan memastikan mereka akan kembali lagi di masa depan. 

5. Bekerjalah

Berikan pelayanan kepada pelanggan seperti VIP (Khusus/Utama). Pastikan bahwa Anda selalu berterima kasih kepada pelanggan atas bisnis mereka dan sebuah senyum bisa memiliki seribu makna.

6. Responsive Kepada Pelanggan

Apakah pelanggan Anda disambut dengan baik ketika mereka berjalan di pintu atau setidaknya dalam 30-40 detik saat mereka masuk? Menyapa pelanggan Anda dengan sambutan dan kata "Hallo", disertai dengan senyum yang ramah akan berdampak besar pada sisa layanan Anda. Jika pelanggan merasa diabaikan mereka akan pergi dan memberikan bisnis mereka kepada perusahaan yang lain. 

7. Berikan Manfaat Kepada Pelanggan 

Kekecewaan pelanggan adalah sebuah sikap yang akan berdampak negatif pada bisnis Anda. Bahkan ketika Anda percaya mereka salah, memberikan waktu khusus kepada mereka dan dengan sopan mendengarkan semua keluhan mereka. Kemudian lakukan apa yang Anda bisa untuk menyelesaikan kekhawatiran mereka itu.

8. Berusaha Untuk Memuaskan Pelanggan

Jika pelanggan Anda mencari sesuatu yang spesifik, maka Anda perlu berusaha  keras untuk memastikan bahwa Anda dapat memberikan permintaan mereka. Misalnya, pelanggan Anda benar-benar ingin membeli pakaian yang Anda miliki di toko, tetapi ukuran yang sesuai dengan tubuhnya sudah terjual habis. 

Melakukan upaya untuk mendatangkan item itu akan benar-benar mengesankan pelanggan Anda. Ini pada gilirannya akan membawa penjualan berulang karena pelanggan Anda merasa puas dengan layanan Anda. 

9. Pelatihan Staf

Staf pelatihan tentang prosedur penanganan pelanggan yang tepat, sehingga semua berada di halaman yang sama dana akan menambahkan kesan baik keseluruhan dari layanan pelanggan Anda ada dalam bisnis Anda.  

10. Bangun Komunikasi Aktif Dengan Pelanggan

Bicaralah dengan pelanggan Anda, jika Anda tahu beberapa hal tentang mereka, Anda mungkin dapat menyarankan item yang mereka dapat gunakan selain produk utama yang mereka inginkan. Jangan memaksa, hanya sugestif untuk menjaga pelanggan setia Anda.
 
Demikianlah uraian artikel mengenai 10 Tips Layanan Pelanggan Untuk Anda Ketahui. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk Anda. Kunjungi blog saya di www.bizznet.my.id untuk membaca artikel - artikel menarik lainnya.

Post a Comment for "10 Tips Layanan Pelanggan Untuk Anda Ketahui"